Rossi Pakai Fairing Baru di Balapan Austria

Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi. (MotoGP.com)

Oleh: Heru Andriyanto / HA | Minggu, 13 Agustus 2017 | 04:18 WIB

Spielberg - Valentino Rossi akan menggunakan penutup bodi atau fairing baru Yamaha pada balapan di Austria hari Minggu (13/8) ini, karena menurutnya bisa membantu mengurangi masalah ban terangkat atau wheelie.

Fairing terbaru ini dirancang untuk menambah downforce atau gaya tekan ke bawah dan sudah dia tes di Brno Senin lalu, kemudian dipakainya pada sesi latihan dan kualifikasi Sabtu kemarin.

“Mungkin di sini bukan trek terbaik (untuk fairing baru itu), namun kemarin saya banyak mengalami masalah ban terangkat, jadi kami putuskan untuk mencobanya karena bisa membantu mengatasi hal seperti ini," kata Rossi.

“Nyatanya memang lebih enak dikendarai dan cukup membantu, jadi saya pikir kami akan memakainya."

Tentang peluangnya di Sirkuit Red Bull Ring, Rossi mengakui cukup berat untuk juara karena dia harus memulai dari baris ketiga.

Dalam babak kualifikasi, Rossi sebenarnya meyakini punya potensi bisa masuk baris terdepan atau paling tidak posisi lima besar. Namun sial baginya, setelah berganti ke ban belakang soft di penghujung kualifikasi, peningkatan waktu yang dia raih tidak signifikan dibandingkan para rivalnya.

"Dengan ban soft untuk kualifikasi saya sebetulnya cukup tangguh, namun sayangnya ban yang kedua tidak berfungsi baik. Daya cengkeram kurang dan banyak selip," kata Rossi.

“Saya berusaha menggeber hingga maksimal, namun tidak mungkin meningkat lagi. Potensi saya jelas seharusnya lima besar, dan mungkin malah baris terdepan."

Dengan posisi start ketujuh, maka Rossi tidak punya pilihan selain menggeber habis motornya dari awal sampai akhir balapan nanti.

“Saya harus memulai dari baris ketiga, itu selalu menyulitkan. Namun akselerasi saya tidak jelek, kami harus berusaha menekan dari awal sampai akhir, dan tunggu hasilnya seperti apa," kata Rossi.




Sumber: Motorsport.com
ARTIKEL TERKAIT