Uji Coba Skytrain di Bandara Soekarno Hatta Lancar

Uji coba Skytrain hari ini Selasa (15/8) masih menggunakan lintasan 500 meter dari 1,8 kilometer lintasan Terminal 3 ke Terminal 2. Dua gerbong Skytrain dijalankan bolak-balik dengan pengemudi tanpa penumpang. (beritasatu tv)

Oleh: Aichi Halik / AHL | Selasa, 15 Agustus 2017 | 15:20 WIB

Tangerang - Skytrain, kereta tanpa awak yang melayani antar terminal di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, bakal menjadi hadiah untuk Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 pada 17 Agustus mendatang. Saat ini, infrastruktur Skytrain telah rampung sekitar 95 persen.

Dengan infrastruktur itu, uji coba Skytrain hari ini Selasa (15/8) masih menggunakan lintasan 500 meter dari 1,8 kilometer lintasan Terminal 3 ke Terminal 2. Dua gerbong Skytrain dijalankan bolak-balik dengan pengemudi tanpa penumpang.

Trainset dan lintasan Skytrain dinyatakan lancar saat evaluasi uji coba pada hari pertama, Senin (14/8).

Skytrain Bandara Soekarno-Hatta akan beroperasi dengan tiga trainset, yang terdiri atas enam gerbong serta melayani penumpang dari Integrated Building, Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3, dan arah sebaliknya. Masing-masing gerbong berkapasitas 176 penumpang.

Proyek pengadaan skytrain Bandara Soekarno Hatta ini dikerjakan oleh perusahaan konsorsium asal Indonesia dan Korea Selatan. Salah satu perusahaan yang tergabung dalam konsorsium untuk proyek skytrain, yakni Woojin, berasal dari Korea Selatan dan menyokong gerbong kereta untuk unit skytrain.

PT Angkasa Pura II rencananya akan melakukan uji coba dalam sebulan ke depan di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Perkeretaapian. Nantinya pemerintah akan mengevaluasi selama uji coba berlangsung, sampai mengeluarkan setifikasi sebagai tanda moda tersebut aman dan dapat digunakan untuk umum.

Headway skytrain di tiap terminal ditargetkan maksimal lima menit. Sedangkan waktu tempuh skytrain dari Terminal 1 menuju integrated building ke Terminal 2 dan Terminal 3 ditetapkan sekitar tujuh menit.




Sumber: BeritaSatu TV
ARTIKEL TERKAIT