Harga Sapi Kurban di Bandung Naik Rp 2 Juta Per Ekor

Ilustrasi sapi kurban. (Antara/Destyan Sujarwoko)

Oleh: / WBP | Minggu, 13 Agustus 2017 | 08:29 WIB

Bandung- Kenaikan harga hewan kurban jenis sapi di Bandung menjelang Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah/2017 Masehi mencapai Rp 1 juta hingga Rp 2 juta per ekor. Sementara untuk kambing naik antara Rp 200.000 hingga Rp 300.000 per ekor.

"Harga hewan kurban mengalami kenaikan tiap tahunnya karena biaya pakan dan perawatan mahal, warga sudah mulai booking hewan kurban karena takut harga semakin mahal menjelang Idul Adha," kata salah seorang pemilik peternakan hewan kurban di Bandung, Yana, Minggu (13/8).

Yana mengatakan, di kota jarang petani yang menyuplai pasokan pakan bagi hewan kurban. "Kisaran harga hewan kurban di Kota Bandung, ya tergantung lingkungan sekitar, kami ikut aja sama peternak lainnya," lanjut dia.

Ia menambahkan, harga tidak terlalu bersaing dengan harga pasar. Jika ada yang memborong, bisa mendapatkan potongan harga, meski tidak terlalu besar. "Untuk tahun sekarang kenaikan harga hewan kurban tidak terlalu tinggi, menurut saya masih normal-normal," kata dia.

Menurut dia, untuk harga sapi dewasa yang memiliki berat empat kuintal tahun lalu di kisaran Rp 22 juta sampai Rp 23 juta dan tahun ini sapi dengan berat yang sama harganya naik menjadi Rp 24 juta. Sementara untuk domba, jika tahun lalu di kisaran harga Rp 2,5 juta, maka  sekarang di kisaran Rp 2,7 juta hingga Rp 3 juta.

Salah seorang warga Yati menuturkan dirinya sengaja memesan hewan kurban jauh-jauh hari karena khawatir harganya naik. "Jadi saya booking hewan kurban sejak beberapa bulan lalu karena khawatir sudah menginjak H-10 Idul Adha, harganya pasti naik," kata Yati yang tercatat sebagai warga daerah Babakan Ciparay, Kota Bandung.




Sumber: ANTARA
ARTIKEL TERKAIT