Pendaftaran Domain .id Kini Lebih Mudah

Ilustrasi Domain .id (Dok. Pandi)

Oleh: Abdul Muslim / GOR | Rabu, 2 Agustus 2017 | 09:01 WIB

JAKARTA – Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) menguji coba pendaftaran nama domain .id yang lebih mudah karena tanpa perlu mengunggah (upload) kartu tanda penduduk (KTP), atau dokumen identitas lainnya.

Dengan cara ini, proses pendaftaran nama domain khusus negara Indonesia itu diharapkan dapat menjadi semakin cepat. Pandi mulai Selasa (1/8) kemarin pun, mulai menerima pendaftaran nama domain .id tanpa perlu melakukan unggah dokumen identitas.

Hal itu dihilangkan karena kewajiban mengunggah dokumen seringkali dianggap merepotkan dan membuat masyarakat enggan mendaftarkan nama domain .id
.
Ketua Pandi Andi Budimansyah mengatakan, salah satu alasan utama pemilihan nama domain internet adalah lebih pada faktor kemudahan pendaftaran. “Selama bertahun-tahun, pendaftaran domain .iddikeluhkan ribet dan kadang menjadi lama karena harus melampirkan salinan dokumen,” ujar Andi.

Menurut dia, hasil sur vei terbuka Pandi pada Juni 2017 masih menunjukkan hasil serupa. Kemudahan pendaftaran menduduki peringkat pertama sebagai alasan dalam memilih nama domain internet. Lebih dari 40% responden menyebutkan alasan tersebut.

Untuk menjawab keluhan masyarakat itu, Pandi akan secara bertahap menghapuskan kewajiban mengunggah dokumen untuk pendaftaran nama-nama domain yang hanya mewajibkan unggah dokumen identitas.

“Kami mulai dengan uji coba selama tiga bulan untuk domain .id langsung tanpa tambahan ekstensi di depannya, yang populer dengan sebutan apapun.id.




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT