Logo BeritaSatu

Baru Dibuka, Mal Pelayanan Publik Bekasi Diserbu Warga

Senin, 12 Februari 2018 | 12:26 WIB
Oleh : Mikael Niman / BW

Bekasi- Hari pertama ‎pembukaan Mal Pelayanan Publik (MPP) Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi yang berada di Mal Bekasi Junction, Jalan Juanda, Kecamatan Bekasi Timur atau di Pasar Proyek Margahayu, Senin (12/2), diserbu pengunjung.

Masyarakat Kota Bekasi antusias mengurus administrasi, baik kependudukan maupun perizinan. Bahkan, Polrestro Bekasi Kota juga membuka gerai pelayanan untuk kepengurusan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM), pembuatan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), surat tanda lapor ‎kehilangan (STLK), dan sebagainya.

Advertisement

"‎Pelayanan di sini pastinya lebih nyaman, ber-AC. Bisa sambil belanja-belanja," ujar Hanny, warga Rawa Semut, Kecamatan Bekasi Timur, saat membuat SKCK.

Namun, kata dia, ruangan agak panas, pendingin udara kurang diperbanyak. "Para petugas informasi di bagian resepsionis menjawab semua pertanyaan kok dengan ramah," imbuhnya.

Pelayanan ini merupakan pelayanan publik di pusat perbelanjaan‎ yang pertama se-Jawa Barat dan merupakan yang kelima di tingkat nasional.

Pemkot Bekasi bersama dengan Polrestro Bekasi Kota dan instansi terkait lainnya melakukan terobosan baru di bidang pelayanan masyarakat.

Kini, warga datang ke pusat perbelanjaan, tidak semata-mata hanya untuk belanja, ngopi atau kongkow bareng, tetapi juga bisa sambil mengurus pembuaatan kartu keluarga (KK), akte kelahiran, kartu tanda penduduk (KTP) elektronik, akte kematian, pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB), perpanjangan pajak STNK, perpanjangan SIM, SKCK, surat tilang kendaraan, izin keramaian, IMB, SIUP, TDUP, PDAM, izin prinsip penanaman modal (IPTM) dan sebagainya.

Pelayanan ini dibuka hari Senin hingga Jumat pukul 08.00-16.00 WIB, dan Sabtu pukul 08.00-13.00 WIB.

Peresmian dilakukan oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan Kapolrestro Bekasi Kota Kombes Pol Indarto, bersama dengan jajaran terkait yang dilakukan sekitar pukul 10.20 WIB.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bekasi‎, Amit Riyadi, mengungkapkan, tujuan dibukanya pelayanan publik di pusat perbelanjaan adalah untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. "Untuk memberikan kemudahan, kecepatan pelayanan, dan kenyamanan serta memudahkan daya jangkau kepada masyarakat," ujar Amit Riyadi.

Pelayanan yang diberikan di mal ini antara lain dari Samsat Kota Bekasi, pelayanan Disdukcapil Kota Bekasi, pelayanan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bekasi, Bank BJB untuk pembayaran pajak dan retribusi masyarakat, serta Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Patriot Kota Bekasi. "Kami mengerahkan sebanyak 65 orang‎ petugas di lokasi ini mulai Senin hingga Sabtu," imbuhnya.

Kombes Pol Indarto menegaskan, dengan pelayanan di mal ini, maka akan semakin mempercepat pembuatan SKCK, kurang dari dua jam. "Saya dengar keluhan masyarakat, pembuatan SKCK lebih dari dua jam, dengan pelayanan di sini diharapkan kurang dari dua jam sudah selesai," ujarnya.

Pelayanan publik ini direaliasasikan oleh Pemkot Bekasi, Polrestro Bekasi Kota, kurang dari satu bulan. "Awalnya, saya pesimistis, tetapi alhamdulillah bisa terwujud di masa akhir Pak Wali Kota (2013-2018)," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kali Ciliwung Meluap, Permukiman di Kebon Pala Terendam

Kali Ciliwung Meluap, Permukiman di Kebon Pala Terendam

NEWS | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings