Logo BeritaSatu

Kebakaran Lapas Tangerang, Polisi: Diduga Kuat Korsleting Listrik

Senin, 20 September 2021 | 20:11 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya belum memastikan penyebab kebakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang yang menewaskan 49 warga binaan. Namun, diduga kuat api berasal dari korsleting atau hubungan arus pendek listrik.

"Dari keterangan ahli tentang penyebab kebakaran ini sudah ada, namun masih ada perlu pendalaman. Sementara ini diduga kuat dengan keterangan ahli bahwa diduga karena akibat korsleting listrik," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Tubagus Ade Hidayat, Senin (20/9/2021).

Advertisement

Menyoal bagaimana bisa korsleting, Tubagus belum menjelaskan, karena bagaimana peristiwa kebakaran itu terjadi akan diuraikan dalam pengusutan perkara terkait Pasal 187 KUHP dan Pasal 188 KUHP yang saat ini masih dilakukan pendalaman.

"Pertanyaannya kenapa korsleting listrik itu bisa terjadi, terus kemudian bagaimana pola penjalarannya sehingga membakar, kapan waktu kejadian kebakaran sampai api, sampai proses evakuasi dilakukan dan sebagainya. Peristiwa bagaimana penyebab kebakaraan, bagaimana peristiwa kebakaran itu terjadi, ini nanti akan diuraiakan di dalam rumusan Pasal 187 dan Pasal 188 yang saat ini masih perlu adanya pendalaman dari keterangan ahli," ungkapnya.

Diketahui, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, telah menetapkan tiga orang petugas Lapas Tangerang, sebagai tersangka kasus kebakaran karena diduga ada unsur kealpaan atau kelalaian dalam menjalankan standar operasional prosedur (SOP) yang diatur dalam Pasal 359 KUHP. Mereka berinisial RU, S dan Y.

Sejak awal penyelidikan dan penyidikan kasus kebakaran lapas, polisi mengusut adanya dugaan unsur Pasal 187 KUHP, Pasal 188 KUHP dan Pasal 359 KUHP.

"Pasal 359, objeknya materilnya akibat yang ditingggalkan adalah meninggalnya seseorang. Sedangkan Pasal 187, Pasal 188, objeknya penyebab kebakaran. Pasal 187 dan Pasal 188 KUHP, penyidik masih membutuhkan pemenuhan alat bukti lain. Sehingga tersangka yang diumumkan hari ini adalah tersangka yang memenuhi unsur Pasal 359 KUHP berdasarkan alat bukti," kata Tubagus.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Usut Pemicu Penembakan Brigadir J, Timsus ke Magelang

Usut Pemicu Penembakan Brigadir J, Timsus ke Magelang

NEWS | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings