Logo BeritaSatu

Polisi: Korsleting Listrik Jadi Penyebab Kebakaran Lapas Tangerang

Rabu, 29 September 2021 | 16:46 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati / LES

Jakarta, Beritasatu.com- Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Tubagus Ade Hidayat mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan dan keterangan ahli, penyebab kebakaran di Lapas Tangerang, akibat hubungan arus pendek listrik atau korsleting.

"Berdasarkan dari keterangan ahli bahwa penyebab kebakaran itu adalah karena korstleting listrik," ujar Tubagus, di Mapolda Metro Jaya, Rabu (29/9/2021).

Advertisement

Menyoal apa yang menyebabkan terjadinya korsleting, Tubagus menjelaskan, korsleting atau arus pendek listrik itu terjadi akibat adanya arus listrik yang tidak sesuai dengan hambatan.

"Jadi kuatnya arus itu, voltase dibagi dengan hambatan. Hambatannya tidak mencukupi, sehingga arus listrik tidak terkendali. Kemudian kenapa itu bisa terjadi? Itu terjadi karena adanya kapasitas yang tidak sesuai antara arus listrik dengan hambatannya yaitu, berupa kabel, pengantarnya berupa kabel, dan beban yang sangat berat. Beban yang sangat berat dipasang oleh kapasitas kabel yang tidak sesuai, mengakibatkan arus listrik tidak kendali dengan hambatannya. Apa yang terjadi dengan itu, menimbulkan panas dan percikan api. Itulah penyebabnya," ungkapnya.

Tubagus menegaskan, penyebab korsleting di Lapas Tangerang, karena adanya hambatan yang tidak tepat, kabel yang tidak sesuai, pemasangan instalasi yang acak-acakan, dan tidak terkontrol melalui miniatur circuit breaker (MCB).

"Biasanya kalau sudah masuk MCB, ketika terjadi percikan, ketika terjadi korsleting, arus tidak terkendali, maka MCB akan turun. MCB ini fungsinya salah satunya menghentikan arus listrik. Ketika ini dipasang tidak sesuai ketentuan, dipasang secara langsung, maka MCB menjadi tidak berfungsi, menjadi percikan. Itu penyebab titik apinya," katanya.

Lebih lanjut, Tubagus mengungkapkan, terkait pola penjalaran api. "Kita masuk ke segitiga api, ini menurut keterangan ahli, api dapat terjadi dengan catatan ada tiga hal, pertama ada sumber panas, kedua ada oksigen, ketiga ada bahan bakar. Kondisi lapas, ketika terjadi percikan api ada lobang-lobang, ada rongga-rongga yang memungkinkan oksigen masuk, artinya ketersedian oksigen ada, dan ketiganya ada bahan bakar yaitu, tripleks yang ada di atas sambungan-sambungan tadi sehingga itulah menjadi kebakaran," jelasnya.

Tubagus menyampaikan, karena itu penyidik mencari siapa yang memasang instalasi listrik ini, kemudian menetapkannya sebagai tersangka setelah melakukan gelar perkara.

Tersangka pertama adalah warga binaan berinisial JMN yang diduga melakukan kelalaian memasang instalasi listrik sehingga menyebabkan kebakaran.

Selanjutnya, tersangka PBB selaku pegawai lapas yang menyuruh JMN memasang instalasi listrik. Terakhir, tersangka RS sebagai bagian umum di Lapas Klas I Tangerang.

Sebelumnya, si jago merah menghanguskan Blok Chandiri Nengga 2 (C2) Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tangerang, sekitar pukul 01.45 WIB, Rabu (8/9/2021) dini hari. Korban meninggal dalam insiden kebakaran itu berjumlah 49 orang.

Seusai melakukan penyidikan, polisi kemudian menetapkan tiga orang petugas Lapas Tangerang sebagai tersangka kasus kebakaran karena diduga ada unsur kealpaan atau kelalaian dalam menjalankan standar operasional prosedur (SOP) yang diatur dalam Pasal 359 KUHP. Mereka berinisial RU, S dan Y.

Ditambah tiga tersangka baru, total sudah ada enam orang yang ditetapkan sebagai tersangka kasus kebakaran Lapas Klas I Tangerang.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
OneMed Tingkatkan Produksi Alat Kesehatan Anak Bangsa

OneMed Tingkatkan Produksi Alat Kesehatan Anak Bangsa

EKONOMI | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings