Logo BeritaSatu

Ditjen Dukcapil Koordinasikan Penyiapan Data Awal Kemiskinan Ekstrem di 7 Provinsi

Kamis, 28 Oktober 2021 | 21:52 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Direktorat Jenderal (ditjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan koordinasi penyiapan data awal kemiskinan ekstrem di tujuh provinsi. Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti perintah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian terhadap arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketujuh provinsi yang dimaksud, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT, Maluku, Papua Barat dan Papua. Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan pihaknya segera mengumpulkan jajarannya dan menggelar Rapat Koordinasi (rakor) Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem bersama bersama kepala dinas dukcapil provinsi dan kabupaten/kota di tujuh provinsi yang digarisbawahi Mendagri.

Advertisement

“Rakor ini untuk menghitung data awal kelompok masyarakat miskin ekstrem dengan menggunakan data penerima manfaat bantuan langsung tunai tahun 2020 di tingkat desa. Datanya ada di Kementerian Desa dan menggunakan DTKS kategori desil 1. Kemudian data ini dipadankan dengan database nasional,” kata Zudan, Kamis (28/10/2021).

Zudan meminta segera dibuat grup WhatsApp Data Kemiskinan Ekstrem yang berisi anggota grup terdiri Kadis Dukcapil, Dinsos, PMD di tujuh provinsi dan 35 kabupaten dalam koordinasi dan merapikan data sampai bantuan bisa disalurkan.

“Tugas kita adalah menyiapkan data awal agar bantuan ini bisa segera ditransfer. Karena kemiskinan ekstrem tahun ini tidak akan mungkin bisa turun tingkat tanpa memberikan tambahan penghasilan,” ujar Zudan.

Zudan menambahkan terkait tiga pilar percepatan penanggulangan kemiskinan ekstrem yaitu, ditambah pendapatannya, dikurangi pos-pos pengeluarannya, dan dikurangi kantong-kantong kemiskinannya harus segera diterapkan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menargetkan tingkat kemiskinan ekstrem bisa mencapai nol persen pada 2024. Saat ini pemerintah berupaya keras mengatasi kemiskinan ekstrem dengan beragam skema.

Kemudian, Mendagri memberikan atensi khusus dalam penanganan kemiskinan ekstrem di daerah. Mendagri juga meminta Ditjen Pembangunan Daerah untuk bekerja sama dengan Ditjen Dukcapil turun melakukan pendataan ke daerah lokasi kemiskinan ekstrem.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bank Indonesia: Utang Luar Negeri Indonesia Menyusut

Bank Indonesia: Utang Luar Negeri Indonesia Menyusut

EKONOMI | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings