Logo BeritaSatu

Singkirkan Barcelona, Real Madrid ke Final Piala Super

Kamis, 13 Januari 2022 | 06:46 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Riyadh, Beritasatu.com - Real Madrid berhasil mengemas kemenangan 3-2 atas Barcelona dalam semifinal Piala Super Spanyol yang digelar di King Fahd International Stadium, Riyadh, Arab Saudi pada Kamis (13/1/2022) dini hari WIB.
Ini juga menjadi kemenangan ke-100 Real Madrid atas Barcelona di pertandingan resmi.

Tiga gol Real Madrid masing-masing dicetak oleh Vinicius, Karim Benzema dan Federico Valverde. Sedangkan dua gol Barcelona dicetak Luuk de Jong dan Ansu Fati.

Kemenangan ini mengantarkan Real Madrid ke final dan akan berhadapan dengan pemenang antara Atletico Madrid dan Athletic Bilbao.

Kemenangan layakdiraih pasukan Carlo Ancelotti. Mereka langsung menekan pertahanan Barcelona sejak menit awal. Peluang pertama didapat Benzema di menit 4 meski sayang tendangannya di area penalti masih terlalu tinggi dari gawang. Madrid kembali mengancam pada menit ke-7 lewat tendangan Vinicius masih tipis dari gawang Barcelona tendangan setelah menerima umpan dari Asensio.

Barcelona sebenarnya unggul dalam penguasaan bola tetapi kesulitan membongkar pertahanan Madrid. Ancaman Madrid lainnya datang ketika Luka Modric memberikan umpan matang ke Vinicius ke kotak penalti. Sayangnya tendangan Vinicius masih bisa diamankan Ter Stegen.

Kebuntuan Madrid pecah dimenit 25 melalui gol Vinicius meneruskan umpan Benzema yang sebelumnya mampu merebut bola dari kaki Sergio Busquet. Skor menjadi 1-0.

Barcelona langsung merespons gol tersebut dengan dua peluang emas melalui sundulan Luuk de Jong dari jarak dekat pada menit ke-30 dan 32. Namun, keduanya masih bisa ditangkap oleh penjaga gawang Madrid Thibaut Courtois.

Singkirkan Barcelona, Real Madrid ke Final Piala Super

Pada menit ke-38, Marco Asensio menciptakan peluang bagi Madrid melalui tendangan dari luar kotak penalti. Namun, bola masih terlalu mudah ditangkap Ter Stegen.

Barcelona akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-41 lewat gol Frenkie De Jong meneruskan umpan silang Dani Alves. Skor imbang 1-1 bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Pelatih Xavi melakukan sejumlah pergantian. Pedri masuk menggantikan Frankie de Jong dan EZ Abde masuk menggantikan debutan baru Barcelona Ferran Torres. Permainan Barcelona jauh lebih baik dibanding babak pertama.

Pada menit ke-54, Ousmane Dembele mengancam lewat tendangan dari luar kotak penalti. Namun, laju bola masih belum menemui sasaran. Pergantian kembali dilakukan Xavi dengan memainkan Ansu Fati menggantikan Luuk de Jong.

Madrid mendapatkan peluang emas ketika tendangan Benzema dari jarak dekat tidak mengenai tiang gawang. Gol kedua Madrid akhirnya tiba pada menit ke-71 lewat gol sambaran Benzema menjadi gol. Madrid unggul 2-1. Namun Barca mampu membalas dengan mencetak gol penyeimbang yang dicetak Ansu Fati lewat sundulan meneruskan assist Jordi Alba.

Babak kedua berakhir dengan skor imbang 2-2 dan pertandingan masuk ke perpanjangan waktu.

Madrid kembali unggul untuk ketiga kalinya pada menit ke-98 setelah Federico Valverde menyelesaikan sebuah skema serangan balik dan membuat skor menjadi 3-2. Barcelona hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-108. Beruntung kiper Thibaut Courtois mampu menepis tendangan Ez Abde.

Hingga peluit panjang berbunyi skor tetap 3-2 untuk keunggulan Madrid.

Susunan Pemain:

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Dani Alves (Nico Gonzalez 78'), Ronald Araujo, Gerard Pique, Jordi Alba; Pablo Gavira (Memphis Depay 78'), Sergio Busquets, Frenkie de Jong (Pedri 46'); Ferran Torres (Abdessamad Ezzalzouli 46'), Luuk de Jong (Ansu Fati 66'), Ousmane Dembele.

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Ferland Mendy, Nacho Fernandez, Eder Militao, Daniel Carvajal (Lucas Vazquez 91'); Toni Kroos, Casemiro, Luka Modric (Federico Valverde 83'); Vinicius Junior, Karim Benzema, Marco Asensio (Rodrygo Goes 68').



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Shin Tetap Siap Timnas Indonesia Tanpa Pemain Naturalisasi

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menegaskan dirinya siap jika squad asuhannya tampil di Kualifikasi Piala Asia tanpa pemain naturalisasi.

BOLA | 27 Mei 2022

Ini Prediksi Susunan Pemain Final Liga Champions 2022

Liverpool dan Real Madrid akan bertemu di final Liga Champions di Stade de France pada Sabtu (28/5/2022) atau Minggu dini hari WIB.

BOLA | 27 Mei 2022

22 Pemain Timnas U-19 Disiapkan untuk Turnamen Toulon Cup

Sebanyak 22 pemain Timnas U-19 telah disiapkan oleh duet pelatih Dzenan Radoncic dan Bima Sakti untuk Toulon Cup.

BOLA | 27 Mei 2022

Jordi Amat Yakin Pengalamannya di Eropa Bisa Bantu Timnas

Jordi Amat, yang dalam proses naturalisasi menjadi WNI, optimistis pengalamannya mengarungi ketatnya liga sepak bola Eropa dapat membantu Timnas Indonesia.

BOLA | 27 Mei 2022

Shin Ajak Jordi dan Sandy Berlatih Bersama Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengajak Jordi Amat dan Sandy Walsh berlatih bersama squad-nya sambil menunggu pewarganegaraan mereka.

BOLA | 27 Mei 2022

Jordi Amat Yakin Proses Naturalisasinya Segara Tuntas

Pesepakbola asal Spanyol Jordi Amat yakin proses naturalisasinya menjadi warga negara Indonesia akan tuntas dalam waktu dekat.

BOLA | 27 Mei 2022

Pulih dari Cedera Kepala, Elkan Baggott Siap Perkuat Timnas

Bek tengah Elkan Baggott siap membela tim nasional Indonesia setelah pulih dari cedera kepala yang membuatnya tak bisa tampil di SEA Games.

BOLA | 27 Mei 2022

Jordi Amat Bantah Akan Bergabung dengan Johor Darul Ta'zim

Jordi Amat membantah kabar yang mengatakan bahwa dia akan bergabung ke klub Liga Super Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT). 

BOLA | 27 Mei 2022

Tammy Abraham: AS Roma Layak Juarai Liga Conference

Tammy Abraham mengatakan, timnya layak menjuarai Liga Conference setelah mengalahkan Feyenoord 1-0 pada partai final.

BOLA | 26 Mei 2022

Pelatih Sebut Feyenoord Kurang Beruntung di Final Liga Conference

Pelatih Feyenoord Arne Slot mengatakan, timnya kurang beruntung ketika dikalahkan AS Roma 0-1 pada partai final Liga Conference.

BOLA | 26 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Keren, G-Land Banyuwangi Jadi Lokasi World Surf League 2022

Keren, G-Land Banyuwangi Jadi Lokasi World Surf League 2022

LIFESTYLE | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings