Logo BeritaSatu

OJK Luncurkan Peta Jalan BPR dan BPRS 2021-2025

Selasa, 30 November 2021 | 13:43 WIB
Oleh : Herman / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan peta jalan atau roadmap pengembangan perbankan Indonesia bagi industri Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) 2021-2025.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap Anggota Dewan Komisioner OJK Heru Kristiyana menyampaikan, roadmap ini diluncurkan untuk mendorong perbankan Indonesia khususnya industri BPR dan BPRS agar tumbuh sehat, berkesinambungan, serta memberikan kontribusi lebih nyata bagi perekonomian dan masyarakat di daerahnya dan menjawab tantangan ke depan.

"Roadmap ini merupakan pedoman dan arah jalan bagi industri BPR dan BPRS dalam 5 tahun ke depan. Roadmap ini juga merupakan turunan dari roadmap Pengembangan Perbankan Indonesia 2020 - 2025, dan roadmap Pengembangan Perbankan Syariah Indonesia 2020 — 2025 yang telah diluncurkan OJK pada awal tahun ini," kata Heru di peluncuran roadmap BPR/BPRS secara daring, Selasa (30/11/2021).

Heru menyampaikan, pertumbuhan aset, DPK dan kredit atau pembiayaan melandai sejak awal pandemi Covid-19. Industri BPR dan BPRS juga semakin selektif dalam penyaluran kredit atau pembiayaan di tengah persepsi tingginya risiko kredit seiring dampak pandemi. Per September 2021, total aset BPR dan BPRS tumbuh 8,90% YoY, penyaluran kredit tumbuh 4,33% YoY, dan DPK tumbuh 11,27% YoY.

Heru menambahkan, kebijakan BPR dan BPRS yang diterbitkan di 2021 dan ke depan akan berfokus pada penguatan aspek struktural, menciptakan stabilitas di masa pandemi serta penguatan daya saing BPR dan BPRS di masa pandemi.

"Di samping relaksasi, kita juga membuat aturan agar BPR dan BPRS kita lebih kuat di dalam menghadapi berbagai risiko. Kita juga akan mengeluarkan panduan strategi anti fraud, serta bagaimana nanti kontribusinya dalam memperkuat kebijakan di sektor keuangan," kata Heru.

Dalam menyusun roadmap pengembangan BPR dan BPRS, Heru mengatakan alur pikirnya dimulai dari melihat berbagai isu dan tantangan, kemudian juga dasar kebijakan, serta mengacu pada visi menjadikan BPR dan BPRS lebih agile, adaptif, kontributif dan resilience dalam memberikan akses keuangan kepada pelaku UMKM dan masyarakat di daerah atau wilayahnya.

Arah pengembangan BPR dan BPRS dalam roadmap ini antara lain penguatan struktur dan keunggulan kompetitif, akselerasi transformasi digital, penguatan peran BPR/BPRS terhadap daerah atau wilayah, serta penguatan peraturan, perizinan, dan pengawasan.

"Dalam membuat roadmap ini, kita juga akan terus melakukan perbaikan-perbaikan mengikuti perkembangan, sehingga roadmap ini bukan berhenti di sini. Kita akan terus melakukan perbaikan dengan melihat tantangan dan peluang," kata Heru.

-



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

IFG: Kapabilitas Reasuransi Nasional Kurang Proporsional

IFG Progress dalam risetnya berjudul "Reasuransi 101" membeberkan bahwa peran reasuransi cukup besar dalam mem-backup risiko di industri asuransi.

EKONOMI | 25 September 2022

AXA Financial dan BAV Kerja Sama Proteksi Asuransi bagi UMKM

AXA Financial Indonesia bersama Bina Artha Ventura (BAV) menjalin kerja sama menyasar pelaku UMKM mendapat perlindungan asuransi.

EKONOMI | 25 September 2022

Hindari Penyalahgunaan Data BSU, BP Jamsostek Imbau Pekerja Gunakan Kanal Resmi

Menurut data BP Jamsostek, sampai saat ini sudah sebanyak 7,5 juta data calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang diserahkan kepada Kemnaker.

EKONOMI | 25 September 2022

Sandiaga: Upskilling dan Kolaborasi Majukan Pariwisata

Sandiaga Uno menyoroti perlunya reskilling dan upskilling untuk masa depan industri perhotelan dan pariwisata yang lebih cerah.

EKONOMI | 25 September 2022

Bank BJB Kini Tangani Nasabah Dana Pensiun Kimia Farma

Bank BJB bersama Dana Pensiun (Dapen) Kimia Farma kini menangani pembayaran manfaat pensiun bagi pensiunan Kimia Farma.

EKONOMI | 25 September 2022

Hingga Agustus, Produksi Migas PHE Capai 963.000 BOEPD

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) hingga Agustus 2022 mencatat realisasi produksi minyak dan gas (migas) mencapai 963.000 barel setara minyak per hari.

EKONOMI | 25 September 2022

Bank BJB Bangun Sinergitas Dukung Ketahanan Pangan Nasional

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) atau bank bjb mendukung program ketahanan pangan nasional.

EKONOMI | 25 September 2022

Dituduh Rasis, McDonald's Dituntut Rp 150 Triliun

Raksasa makanan cepat saji McDonald's menghadapi tuntutan US$ 10 miliar (Rp 150 triliun) karena dituduh bersikap rasis dalam beriklan.

EKONOMI | 25 September 2022

Harga Tiket Pesawat Diprediksi Akan Naik Lebih Tinggi

Harga tiket pesawat diperkirakan akan naik lebih tinggi. Industri transportasi udara menghadapi kenaikan biaya bahan bakar jet dan masalah keuangan

EKONOMI | 25 September 2022

Supersibuk, Elon Musk Punya 27 Tangan Kanan di Tesla

CEO Tesla Elon Musk disebut memiliki 27 orang deputi di Tesla yang melapor langsung ke dirinya. Ini belum termasuk eksekutif di SpaceX dan Boring Co.

EKONOMI | 25 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DPR: Penolakan Banding Sambo Bukti Keseriusan Polri

DPR: Penolakan Banding Sambo Bukti Keseriusan Polri

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings