Logo BeritaSatu

Cetak Rekor, Dana Kelolaan Ashmore Indonesia Sentuh Rp 39,6 T

Senin, 17 Januari 2022 | 13:28 WIB
Oleh : Muhammad Ghafur Fadillah / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk (AMOR) berhasil cetak rekor baru total dana kelolaan yakni sebesar Rp 39,6 triliun pada akhir Desember 2021. Jumlah ini juga tumbuh 2,7% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Presiden Direktur Ashmore Asset Management Indonesia Ronaldus Gandahusada menjelaskan, pertumbuhan dana kelolaan ditopang oleh arus dana masuk sebesar Rp 8,2 triliun dan juga positifnya kinerja investasi yang berkontribusi sebanyak Rp 0,5 triliun.

“Adapun tema investasi saham secara khusus menjadi produk yang paling banyak menerima aliran dana masuk, sementara pertumbuhan di produk lainnya seperti reksa dana pasar uang mendapatkan manfaat dari kerja sama strategis dengan Bukalapak,” jelasnya dalam keterangan resmi, Senin (17/1/2022).

Ronaldus menambahkan, pasar saham dan obligasi di Indonesia mampu membukukan kinerja yang positif meski ditengah penyebaran virus Covid-19 varian baru yakni Omicron karena dampaknya tidak seburuk varian sebelumnya. Selain itu, efektivitas dari vaksinasi mampu menopang perekonomian dan juga pasar modal.

“Angka inflasi yang bertahan di level tinggi mendorong bank sentral global untuk mulai memperketat kebijakan atau memberi sinyal tingkat yang lebih tinggi pada tahun 2022, dan akibatnya pasar saham mengungguli kelas aset pendapatan tetap,” ujarnya.

Tercermin, dengan aliran dana ke tema Investasi saham yang menggembirakan untuk kelas aset dengan pengembalian yang lebih tinggi ini. Total dana kelolaan tersebut, menjadi tonggak baru dalam sejarah Ashmore AM. Dengan capaian menggembirakan ini Ashmore Indonesia dapat terus mencari peluang investasi yang menarik untuk memberikan kinerja yang lebih baik bagi klien.

Adapun sebelumnya, Ashmore AM Indonesia berkolaborasi dengan PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) menciptakan aplikasi investasi yang bernama BMoney yang didirikan dibawah usaha Bukalapak, yakni PT Buka Investasi Bersama (BIB). Tahun ini, perseroan menargetkan jumlah pengguna sebanyak 1 juta pada 2022

“Tahun depan, kami berharap jumlah pengguna BMoney akan bertambah menjadi 1 juta. Tahun ini, target pengguna sebanyak 500.000 sudah tercapai,” kata Chief Operating Officer PT Buka Investasi Bersama (BIB), pengelola aplikasi Bmoney, Dhinda Arisyiya.

Dhinda mengungkapkan, perseroan memprediksi dana kelolaan perseroan (AUM) tahun depan akan mengalami pertumbuhan double digit. Adapun sampai saat ini jumlah AUM BMoney sudah mendekat Rp 1 triliun. “Kami berharap bisa terus meningkatkan jumlah AUM seiring dengan kepercayaan yang kami harapkan lebih meningkat lagi dari pengguna,” jelas dia.

Produk reksa dana yang paling diminati dalam aplikasi BMoney cukup merata baik konvensional maupun syariah. Namun, secara kelas aset, saat ini produk reksa dana pasar uang dan saham dinilai sehat pertumbuhannya.

Aplikasi BMoney sendiri sudah di download 2,7 kali lebih tinggi selama empat bulan peluncuranya. Total investor yang sudah join dengan BMoney tumbuh 126% sejak tahun 2018.

Kolaborasi ini dilakukan lantaran perseroan percaya bahwa pertumbuhan pada industri aset manajemen dapat dipercepat melalui strategi digital.

Pasalnya, aksesibilitas dan kepercayaan terhadap platform investasi merupakan dua hal penting yang harus dimiliki oleh agen penjual untuk dapat terus bersaing di era digitalisasi yang masih terus berkembang.

“Dengan diluncurkannya BMoney, diharapkan menjadi langkah awal pada inklusivitas keuangan di Indonesia terutama dengan rendahnya nominal investasi yang diperbolehkan, berbagai produk investasi yang populer dan fitur yang mudah digunakan,” pungkas dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

9 Menit Awal Perdagangan, IHSG Turun 12 Poin Jadi 6.903

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan Rabu dibuka turun di tengah bervariasinya bursa saham Amerika Serikat (AS).

EKONOMI | 25 Mei 2022

LPKR Optimitis Pendapatan Pilar Lifestyle Akan Meningkat

PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) optimistis pendapatan pilar bisnis Lifestyle akan meningkat seiring pertumbuhan bisnis pusat perbelanjaan (mal) dan perhotelan

EKONOMI | 25 Mei 2022

IHSG Diprediksi di Zona Hijau, Cermati PTBA, TINS, JSMR

IHSG pada perdagangan hari ini berpotensi menguat dengan saham pilihan PTBA, TINS, JSMR, dan BBKP.

EKONOMI | 25 Mei 2022

Harga Emas Menguat karena Imbal Hasil Obligasi Tertekan

Harga emas di pasar spot naik 0,7% pada US$ 1.866,39 per ons dan harga emas berjangka AS menguat hampir 1% menjadi US$ 1.865,3.

EKONOMI | 25 Mei 2022

Harga Minyak Menguat Tipis di Tengah Ketatnya Pasokan

Harga minyak mentah Brent naik 14 sen menjadi US$ 113,56 per barel dan WTI AS turun 52 sen menjadi US$ 109,77 per barel.

EKONOMI | 25 Mei 2022

Luhut Sebut Baru 46 Pemda yang Tayangkan E-Katalog Lokal

Luhut Binsar Pandjaitan mendorong pemanfaatan e-katalog lokal dan pemanfaatan produk dalam negeri oleh pemda. 

EKONOMI | 25 Mei 2022

S&P 500 Jatuh, Nasdaq Kehilangan 2% Terseret Saham Teknologi

Nasdaq Composite jatuh karena suramnya proyeksi dari perusahaan media sosial, Snap sehingga menyebar ke saham teknologi lainnya.

EKONOMI | 25 Mei 2022

Bursa Eropa Ditutup Melemah Dibayangi Kekhawatiran Resesi

Stoxx 600 pan di bursa Eropa ditutup turun 1,1%, dengan sektor ritel dan perjalanan masing-masing ambles 3% memimpin pelemahan.

EKONOMI | 25 Mei 2022

BI Proyeksi the Fed Naikkan Suku Bunga 250 Bps pada 2022

Pengetatan kebijakan the Fed yang lebih agresif untuk menormalkan lonjakan inflasi di AS yang saat ini sudah mencapai 8,3%.

EKONOMI | 25 Mei 2022

Jokowi: Belanja Produk Dalam Negeri Masih di Bawah 10%

Jokowi menegur pemerintah daerah (pemda), BUMN dan kementerian/lembaga, karena realisasi belanja produk dalam negeri masih di bawah 10 persen.

EKONOMI | 24 Mei 2022


TAG POPULER

# BRI Majalengka


# Perumahan Pantai Mutiara


# UU PPP


# UAS


# Harga CPO


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Generasi Milenial Didorong Jadi Agen Perubahan di Papua

Generasi Milenial Didorong Jadi Agen Perubahan di Papua

NEWS | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings