Logo BeritaSatu

Jokowi Minta Perguruan Tinggi Fasilitasi Mahasiswa Kuasai Ekonomi Digital

Senin, 17 Januari 2022 | 17:06 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini mahasiswa sebagai sumber daya manusia (SDM) yang unggul akan membawa Indonesia mampu bersaing dalam hal ekonomi digital.

Untuk itu, Presiden Jokowi meminta perguruan tinggi memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar dari program pendidikan yang ditetapkan oleh universitas.

"Berikan mahasiswa kesempatan untuk belajar kepada siapa saja, di mana saja. Belajar kepada dunia industri silakan, belajar kepada dunia perbankan silakan,” kata Presiden Jokowi pada acara Dies Natalis ke-67 Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) di Bandung, Jawa Barat, Senin (17/1/2022).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebutkan, Indonesia memiliki potensi besar di sektor ekonomi digital. Pasar digital Indonesia bahkan tumbuh pesat jika dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya. Kepala negara memprediksi, pada tahun 2025, pasar digital Indonesia dapat meningkat sampai di angka US$ 146 miliar.

"Kita prediksi di 2025, pasar digital kita akan meningkat sampai di angka US$ 146 miliar. Ini artinya potensinya Rp 2.100 triliun. Ini bagian yang muda-muda untuk ngerjain ini, jangan diambil oleh negara-negara lain,” terang Jokowi.

"Indonesia memberikan kontribusi signifikan bagi ekonomi digital di Asia Tenggara. Kita berkontribusi 40% ekonomi digital kita di Asia Tenggara," tambahnya.

Pemerintah, kata Presiden Jokowi, terus melakukan pembangunan infrastruktur guna mendukung transformasi digital di tanah air. Pada tahun 2021, pemerintah telah memulai proses konstruksi satelit multifungsi, Satelit Republik Indonesia (Satria-I). Selain itu, pembangunan stasiun pemancar juga telah mulai dilakukan di ribuan desa dan kelurahan guna mendukung akses jaringan 4G.

"Farming dan refarming spektrum frekuensi radio yang telah dilakukan untuk optimalisasi kualitas layanan jaringan 4G dan pengembangan jaringan 5G dan untuk menjalankan program analog switch off,” jelas Jokowi.

Selain transformasi ekonomi digital, Presiden mengatakan Indonesia memiliki modal besar untuk bertransformasi menuju ekonomi hijau dengan hasil produk hijau yang memiliki nilai tambah tinggi.

"Potensi energi baru terbarukan kita 418 gigawatt berarti 418.000 megawatt, gede sekali. Kita memiliki sungai, ada 4.400 sungai yang kita miliki, ini bisa jadi hydropower. Kita memiliki arus bawah laut, dua pertiga kita adalah laut. Kita memiliki geothermal 29.000 megawatt kita miliki, baru dipakai 2.000, artinya masih ada 27.000 megawatt. Kita memiliki angin yang sudah kita coba di Jeneponto, di Sidrap, di Sulawesi, di Sukabumi,” paparnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menjelaskan, pembangunan kawasan industri hijau di Provinsi Kalimantan Utara juga masih terus berlangsung. Kepala negara meyakini, keberhasilan pembangunan kawasan ini nantinya akan menjadi gerbang baru bagi Indonesia menjadi negara industri besar yang patut diperhitungkan dunia.

"Akan menjadi pintu gerbangnya di situ, kawasan industri hijau di Kalimantan Utara. Semoga ini dalam waktu 4, 5 tahun itu sudah bisa diselesaikan untuk yang tahapan pertama,” tandas Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Harga Minyak Menguat Tipis di Tengah Ketatnya Pasokan

Harga minyak mentah Brent naik 14 sen menjadi US$ 113,56 per barel dan WTI AS turun 52 sen menjadi US$ 109,77 per barel.

EKONOMI | 25 Mei 2022

Luhut Sebut Baru 46 Pemda yang Tayangkan E-Katalog Lokal

Luhut Binsar Pandjaitan mendorong pemanfaatan e-katalog lokal dan pemanfaatan produk dalam negeri oleh pemda. 

EKONOMI | 25 Mei 2022

S&P 500 Jatuh, Nasdaq Kehilangan 2% Terseret Saham Teknologi

Nasdaq Composite jatuh karena suramnya proyeksi dari perusahaan media sosial, Snap sehingga menyebar ke saham teknologi lainnya.

EKONOMI | 25 Mei 2022

Bursa Eropa Ditutup Melemah Dibayangi Kekhawatiran Resesi

Stoxx 600 pan di bursa Eropa ditutup turun 1,1%, dengan sektor ritel dan perjalanan masing-masing ambles 3% memimpin pelemahan.

EKONOMI | 25 Mei 2022

BI Proyeksi the Fed Naikkan Suku Bunga 250 Bps pada 2022

Pengetatan kebijakan the Fed yang lebih agresif untuk menormalkan lonjakan inflasi di AS yang saat ini sudah mencapai 8,3%.

EKONOMI | 25 Mei 2022

Jokowi: Belanja Produk Dalam Negeri Masih di Bawah 10%

Jokowi menegur pemerintah daerah (pemda), BUMN dan kementerian/lembaga, karena realisasi belanja produk dalam negeri masih di bawah 10 persen.

EKONOMI | 24 Mei 2022

Ika Faperta IPB Dorong Kebangkitan Kopi Rempah Nusantara

Ika Faperta IPB berkomitmen melakukan penguatan dan mendorong kebangkitan para petani Kopi Rempah Nusantara.

EKONOMI | 24 Mei 2022

BSI Fokus Garap Potensi Besar Ekosistem Industri Halal

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memiliki potensi besar untuk menangkap peluang di ekosistem industri halal Indonesia.

EKONOMI | 24 Mei 2022

IHRS 2022 Sarana Bertukar Ilmu dan Inovasi Profesional SDM

IHRS ditujukan bagi para profesional SDM dari berbagai industri baik di Indonesia maupun regional ASEAN.

EKONOMI | 24 Mei 2022

BPJS Kesehatan: 240 Juta Penduduk Indonesia Terdaftar JKN

BPJS Kesehatan mencatat 240 juta penduduk Indonesia telah terdaftar sebagai peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) per Mei 2022.

EKONOMI | 24 Mei 2022


TAG POPULER

# Aturan Baru KTP


# Cekcok di Tol


# SEA Games


# HUT Jakarta


# Polisi Selingkuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Waspada, Cacar Monyet Bisa Menular Lewat Cairan Tubuh

Waspada, Cacar Monyet Bisa Menular Lewat Cairan Tubuh

NEWS | 15 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings