Logo BeritaSatu

G-20 Empower Dorong Kepemimpinan Perempuan Lebih Banyak

Kamis, 19 Mei 2022 | 05:37 WIB
Oleh : Lona Olavia / WBP

Yogyakarta, Beritasatu.com– Group of Twenty (G-20) Empower Presidensi Indonesia 2022 mendorong jumlah kepemimpinan perempuan di sektor swasta dan pemerintah lebih besar. Agenda tersebut dinilai stakeholder bukan hal yang sulit apalagi di masa kini.

Co-Chair of W20 Indonesia 2022 dan advokat G-20 Empower Dian Siswarini mengatakan, pemberdayaan perempuan bukan hanya soal akses atau privilege, tetapi mempunyai dampak bisnis positif yang bisa nampak dari return of investment (ROI) alias nyata.

“Dari berbagai macam penelitian bahwa jika organisasi punya representasi perempuan banyak, biasanya secara return lebih baik. Jadi, kita bukan ingin punya lebih banyak perempuan, tapi supaya kemakmuran perempuan itu meningkat,” ujarnya di sela-sela Plenary Meeting ke-2 G20 Empower dengan tema "Rebuilding Women's Productivity Post Pandemic" di Yogyakarta, Rabu (18/5/2022).

Dian yang menjabat sebagai President Director & CEO PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengatakan, saat ini jumlah perempuan di level manajerial yang terdiri dari supervisor, group head, hingga tingkat direktur perusahaan besutannya itu telah mencapai 30%. Sementara secara porsi, total dari karyawan sudah mencapai 40%. “Kami sendiri punya enam direktur di mana dua dari enam adalah perempuan,” sebutnya.

Perempuan, sambungnya memiliki begitu banyak nilai plus dalam bekerja. Misalnya, saat merekrut karyawan untuk posisi project manager, Dian lebih mengutamakan perempuan. Berdasarkan pengalamannya, perempuan akan lebih detail saat harus menangani proyek yang sarat ketelitian. “Kita cari kandidat berdasarkan profil yang cocok, bukan hanya penuhi kuota. Perempuan lebih detailing. Kita berdasarkan pengalaman, sales untuk B2B, B2C lebih jago perempuan. Software developer perempuan juga bukan hanya kreatif tapi cermat,” ungkap Dian.

Pada acara yang sama, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, menargetkan pemimpin perempuan di BUMN harus tercapai sebesar 25% pada akhir 2023. Ia yakin target tersebut bisa tercapai bahkan mungkin bisa lebih cepat.

"Komitmen kami di BUMN tercermin dari beberapa affirmative action, salah satunya dengan membuat target 15% kepemimpinan perempuan di BUMN pada tahun 2021 lalu. Alhamdulillah target ini sudah tercapai. Kedepannya kami meningkatkan target 25% kepemimpinan perempuan pada tahun 2023," kata Erick.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Woilo, Media Sosial Karya Anak Bangsa Go International

Woilo, yang merupakan media sosial anak bangsa dari Surabaya, Jawa Timur, tersebut sudah go international.

EKONOMI | 2 Juli 2022

Dukung Pertumbuhan UMKM Kuliner, Wahyoo Gelar Sayembarasa

Wahyoo bersama Livin by Mandiri kembali menyelenggarakan Sayembarasa batch 2, dalam mendukung pertumbuhan UMKM kuliner di Indonesia.

EKONOMI | 2 Juli 2022

Jalan Lingkar Timur Urai Kemacetan di Ruas Cirebon-Kuningan

Pembangunan Jalan Lingkar Timur Kuningan untuk mengurangi kemacetan di ruas Cirebon-Kuningan, sehingga lalu lintas bisa lebih lancar.

EKONOMI | 2 Juli 2022

BI: Halal Value Chain Potensial Tingkatkan PDB Indonesia

Halal value chain merupakan strategi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia.

EKONOMI | 2 Juli 2022

Aplikasi MyPertamina Dinilai Tidak Efisien, Ini Alasannya

Pakar keamanan siber menilai, upaya pengendalian pembelian solar dan pertalite dengan cara mendaftar di aplikasi MyPertamina rawan serangan siber.

EKONOMI | 2 Juli 2022

Begini Penjelasan BNI soal Hoaks Kredit Tanpa Jaminan

Mucharom menegaskan, penyaluran kredit BNI dilakukan secara konservatif dengan memperhatikan semua ketentuan dari kementerian dan lembaga berwenang.

EKONOMI | 2 Juli 2022

Zurich dan PJI Dorong Anak Muda Ciptakan Peluang Ekonomi

Zurich Indonesia meluncurkan Zurich Entrepreneurship Program bagi siswa SMA dan SMK agar dapat menciptakan peluang ekonomi di Indonesia.

EKONOMI | 2 Juli 2022

Program Makmur Petrokimia Gresik dan PTPN X Tingkatkan Hasil Petani Tebu Kediri

Program Makmur dari PT Petrokimia Gresik dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X berhasil meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani tebu di Kediri

EKONOMI | 2 Juli 2022

Penjualan Program Warung Rakyat Jawara US$ 160.000

Jawara, sebuah inisiasi program permodalan yang diadakan PT Jaring Pangan Indonesia telah membukukan penjualan hingga US$ 160.00.

EKONOMI | 2 Juli 2022

Pertalite Tetap Bisa Dibeli meski Belum Daftar MyPertamina

PT Pertamina menjamin masyarakat tetap bisa membeli Pertalite meskipun belum mendaftar di sistem MyPertamina.

EKONOMI | 2 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Epidemiolog Tekankan Pentingnya Vaksin Booster untuk Anak

Epidemiolog Tekankan Pentingnya Vaksin Booster untuk Anak

NEWS | 47 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings