Logo BeritaSatu

Injury Time, Peserta PPS Diyakini Meningkat Signifikan

Kamis, 30 Juni 2022 | 14:31 WIB
Oleh : Triyan Pangastuti / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Eksekutif Pratama-Kreston Tax Research Institute (TRI), Prianto Budi Saptono memperkirakan wajib pajak (WP) yang akan memanfaatkan program pengungkapan sukarela (PPS) atau Tax Amnesty jilid II hari ini sekaligus batas akhir, akan meningkat signifikan. Keyakinan ini dilatarbelakangi masih banyaknya wajib pajak orang pribadi yang mengungkapkan keinginannya untuk mengikuti PPS dengan skema II.

"Saya yakin peserta PPS akan meningkat (hari ini) karena orang Indonesia terbiasa dengan injury time, hari ini akan ada kenaikan signifikan," ucapnya kepada Investor Daily, Kamis (30/6).

Advertisement

Dengan tingginya minat wajib pajak mengikuti PPS, ia memproyeksi pemerintah akan meraup PPh Final mendekati Rp 100 triliun. Alhasil kinerja program PPS yang dilaksanakan selama 6 bulan cukup berhasil diminati wajib pajak. Bahkan berdasarkan informasi dari internal Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), saat ini banyak Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang sudah mencapai target penerimaan PPS.

Lebih lanjut terkait perlukah pemerintah memperpanjang waktu PPS, Prianto tegas mengatakan tidak akan ada perpanjangan karena pemerintah telah memberikan kesempatan kepada wajib pajak untuk memanfaatkan PPS selama 6 bulan untuk melaporkan kewajiban perpajakannya yang belum dipenuhi secara sukarela.

"Jika dilihat dari UU HPP (Harmonisasi Peraturan Perpajakan), tidak akan ada perpanjangan PPS. Perpanjangan dapat dilakukan dengan perppu yang mengamendemen UU HPP, khususnya terkait pasal-pasal mengenai PPS. Namun pemerintah tidak akan mengeluarkan perppu tersebut," tegasnya.

Adapun berdasarkan data DJP, peserta program pengungkapan sukarela hingga Kamis, (30/6/2022) pukul 08.00 WIB telah mencapai 212.240 wajib pajak atau naik 16,77% dari posisi hari sebelumnya yang mencapai 181.755 wajib pajak dengan surat keterangan mencapai 264.242.

Kemudian nilai harta bersih yang berhasil diungkapkan mencapai Rp 532,43 triliun dengan jumlah pajak penghasilan (PPh) yang berhasil diraup pemerintah mencapai Rp 54,23 triliun. Secara terinci, harta yang sudah dideklarasikan dalam negeri dan direpatriasikan mencapai Rp 458,11 triliun dan deklarasi luar negeri Rp 54,06 triliun.Kemudian jumlah harta yang akan diinvestasikan ke instrumen surat berharga negara (SBN) mencapai Rp 20,24 triliun.

Ditjen Pajak membuka perpanjangan layanan chat pada hari terakhir PPS hingga pukul 21.00 WIB. Dengan tujuan untuk membantu para WP yang hendak melaporkan hartanya di hari akhir PPS. "Untuk melayani kebutuhan informasi mengenai Program Pengungkapan Sukarela (PPS), layanan live chat pajak.go.id hadir hingga pukul 21.00 WIB pada 30 Juni 2022," tulis @kring_pajak melalui akun twitternya.

Sebagaimana diketahui, DJP tidak akan memberikan perpanjangan waktu pelaksanaan PPS. Sebab usai program berakhir, seluruh ketentuan untuk menindak WP yang tidak lapor harta termasuk sanksi 200% akan diberlakukan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Airlangga Ungkap Kunci Keberhasilan Pengembangan UMKM

UMKM menjadi salah satu indikator vital dalam mempertahankan momentum pemulihan ekonomi nasional melalui kontribusinya terhadap sektor esensial.

EKONOMI | 7 Agustus 2022

Politikus Golkar: Ekonomi Indonesia Tumbuh Positif

Politikus Golkar menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto membuktikan perekonomian Indonesia tumbuh positif.

EKONOMI | 7 Agustus 2022

Kantor Pusat Kebakaran, Pegadaian Pastikan Layanan Berjalan Normal

PT Pegadaian memastikan layanan dan operasional perusahaan berjalan dengan baik, seiring insiden kebakaran di Kantor Pusat, pada Minggu, 7 Agustus 2022.

EKONOMI | 7 Agustus 2022

Airlangga Hartarto Dorong Pondok Buntet Pesantren Dirikan Usaha

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong Pondok Buntet Pesantren di Cirebon, Jawa Barat, mendirikan usaha, seperti pabrik sandal.

EKONOMI | 7 Agustus 2022

Beraset Jumbo, IFGSambut Baik POJK 13/2022

POJK ini berdampak sangat baik bagi IFG sebagai lembaga keuangan non bank yang memiliki total aset mencapai Rp 140 triliun (unaudited).

EKONOMI | 7 Agustus 2022

Gili Tramena Mulai Ramai, PLN Jamin Listrik Menyala Terus

PT PLN (Persero) Nusa Tenggara Barat terus berupaya menjaga pasokan energi ramah lingkungan di destinasi Gili Trawangan, Meno dan Air (Tramena).

EKONOMI | 7 Agustus 2022

APJII dan Matrix Nap Info Kerja Sama Perkuat Layanan Internet

PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) melakukan kerja sama strategis

EKONOMI | 7 Agustus 2022

Bisnis Pakaian Laris, Laba Mega Perintis Melesat 184,16%

PT Mega Perintis Tbk (ZONE) mencatatkan pertumbuhan laba bersih Rp 52,03 miliar pada semester I 2022, atau bertumbuh 184,16% dari periode yang sama tahun lalu.

EKONOMI | 7 Agustus 2022

Berdikari Sinergikan BUMN Pangan Lewat Kegiatan Sosial Ini

PT Berdikari (Persero) sebagai BUMN peternakan yang tergabung dalam BUMN Holding Pangan ID FOOD menjalankan perannya melalui TJSL.

EKONOMI | 7 Agustus 2022

Laba Multifinance Tumbuh 26,71% di Semester I 2022

Industri multifinance membukukan laba bersih sebesar Rp 8,44 triliun, tumbuh 26,71% secara year on year (yoy) sampai dengan semester I 2022.

EKONOMI | 7 Agustus 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Bharada E


# Polisi Tembak Polisi


# Liga Inggris


# Man City


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Badai Pasir Landa Madinah, Jemaah Haji Indonesia Dipastikan Aman

Badai Pasir Landa Madinah, Jemaah Haji Indonesia Dipastikan Aman

NEWS | 54 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings