Logo BeritaSatu

Argon Group Bidik Besarnya Pasar Industri Farmasi dan Alkes

Kamis, 30 Juni 2022 | 15:57 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Argon Group perusahaan distributor produk farmasi di Indonesia membidik pasar industri alat kesehatan (alkes) di Tanah Air yang terus bertumbuh sejak pandemi Covid-19.

"Dengan pengalaman 40 tahun, Argon Group didukung satu national distribution center, 33 gudang cabang, serta tiga kantor perwakilan yang menjangkau 34 provinsi di Indonesia," kata Presiden Direktur Argon Group, Krestijanto Pandji, dalam keterangan tertulisnya Kamis (30/6/2022).

Advertisement

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, selama kuartal I 2022, total output sub-sektor industri kimia, farmasi, dan obat tradisional mencapai Rp 59,88 triliun, meningkat 6,47% dari periode yang sama tahun 2021. Sementara data Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan mencatat, industri alat kesehatan melonjak 3,6 kali lipat menjadi 698 unit, dalam 5 tahun terakhir. Selain itu, jumlah rumah sakit juga terus berkembang pesat. Selama 10 tahun terakhir (2011 – 2021), BPS menunjukkan, jumlah rumah sakit melonjak hampir dua kali lipat, dari 1.721 unit menjadi 3.112 unit.

"Dengan perubahan perilaku konsumen yang semakin memprioritaskan kesehatan dan kebijakan pemerintah yang mengutamakan produk dalam negeri, masa depan industri farmasi dan alat kesehatan akan menjanjikan," kata Krestijanto Pandji.

Krestijanto Pandji mengatakan end-to-end competency yang dimiliki Argon Group memperkuat transformasi sistem ketahanan kesehatan, terutama sektor farmasi dan alat kesehatan. “Argon Group diperkuat 800 tenaga penjual dan 2.388 tenaga profesional. Mereka mengelola 6.000 SKU (stock keeping unit) untuk melayani 70.100 pelanggan, yang terdiri dari rumah sakit, klinik dan outlet farmasi,” kata dia.

Argon Group dikenal sebagai grup usaha yang mengedepankan teknologi digital terintegrasi dan pengambilan keputusan berdasarkan data (data driven initiative), termasuk saat memasuki pasar regional di Kamboja. “Argon Group memetik peluang pertumbuhan industri kesehatan di Asia dengan melakukan ekspansi ke Kamboja, sebagai bagian dari ekspansi kami ke pasar regional,” kata Krestijanto.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menempatkan industri farmasi dan alat kesehatan sebagai sektor yang masuk dalam tujuh prioritas pada roadmap Making Indonesia 4.0. “Kami berharap dunia usaha memanfaatkan peluang ini untuk mengisi pasar alat kesehatan di dalam negeri dan meningkatkan kualitas untuk merebut pasar ekspor,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Airlangga Ungkap Kunci Keberhasilan Pengembangan UMKM

UMKM menjadi salah satu indikator vital dalam mempertahankan momentum pemulihan ekonomi nasional melalui kontribusinya terhadap sektor esensial.

EKONOMI | 7 Agustus 2022

Politikus Golkar: Ekonomi Indonesia Tumbuh Positif

Politikus Golkar menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto membuktikan perekonomian Indonesia tumbuh positif.

EKONOMI | 7 Agustus 2022

Kantor Pusat Kebakaran, Pegadaian Pastikan Layanan Berjalan Normal

PT Pegadaian memastikan layanan dan operasional perusahaan berjalan dengan baik, seiring insiden kebakaran di Kantor Pusat, pada Minggu, 7 Agustus 2022.

EKONOMI | 7 Agustus 2022

Airlangga Hartarto Dorong Pondok Buntet Pesantren Dirikan Usaha

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong Pondok Buntet Pesantren di Cirebon, Jawa Barat, mendirikan usaha, seperti pabrik sandal.

EKONOMI | 7 Agustus 2022

Beraset Jumbo, IFGSambut Baik POJK 13/2022

POJK ini berdampak sangat baik bagi IFG sebagai lembaga keuangan non bank yang memiliki total aset mencapai Rp 140 triliun (unaudited).

EKONOMI | 7 Agustus 2022

Gili Tramena Mulai Ramai, PLN Jamin Listrik Menyala Terus

PT PLN (Persero) Nusa Tenggara Barat terus berupaya menjaga pasokan energi ramah lingkungan di destinasi Gili Trawangan, Meno dan Air (Tramena).

EKONOMI | 7 Agustus 2022

APJII dan Matrix Nap Info Kerja Sama Perkuat Layanan Internet

PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) melakukan kerja sama strategis

EKONOMI | 7 Agustus 2022

Bisnis Pakaian Laris, Laba Mega Perintis Melesat 184,16%

PT Mega Perintis Tbk (ZONE) mencatatkan pertumbuhan laba bersih Rp 52,03 miliar pada semester I 2022, atau bertumbuh 184,16% dari periode yang sama tahun lalu.

EKONOMI | 7 Agustus 2022

Berdikari Sinergikan BUMN Pangan Lewat Kegiatan Sosial Ini

PT Berdikari (Persero) sebagai BUMN peternakan yang tergabung dalam BUMN Holding Pangan ID FOOD menjalankan perannya melalui TJSL.

EKONOMI | 7 Agustus 2022

Laba Multifinance Tumbuh 26,71% di Semester I 2022

Industri multifinance membukukan laba bersih sebesar Rp 8,44 triliun, tumbuh 26,71% secara year on year (yoy) sampai dengan semester I 2022.

EKONOMI | 7 Agustus 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Bharada E


# Polisi Tembak Polisi


# Liga Inggris


# Man City


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Badai Pasir Landa Madinah, Jemaah Haji Indonesia Dipastikan Aman

Badai Pasir Landa Madinah, Jemaah Haji Indonesia Dipastikan Aman

NEWS | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings