Logo BeritaSatu

BRI: Digitalisasi Perbankan Harus Perkuat Ekonomi Riil

Kamis, 30 Juni 2022 | 17:35 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) tengah fokus menjalankan transformasi digital sebagai upaya efisiensi bisnis sekaligus menciptakan pertumbuhan berkelanjutan.

Di samping itu, digitalisasi di BRI diyakini dapat mendongkrak kondisi ekonomi riil di Indonesia, khususnya segmen UMKM.

Advertisement

Hal tersebut disampaikan SEVP Treasury dan Global Services BRI Achmad Royadi pada acara “Financial Deepening for Stronger Growth & Sustainable Recovery” yang diselenggarakan Indonesia Economic Prospects (IEP).

“Adanya ekspansi dari keuangan digital berperan dalam melakukan akselerasi. Syaratnya, lembaga keuangan mesti merampungkan digitalisasi di aspek produk inti, loan officer, serta membangun ekosistem digital," ungkapnya, sebagaimana dikutip dari siaran pers BRI yang diterima, Kamis (30/6/2022).

Dengan begitu, digitalisasi di perbankan dapat mendatangkan multiplier effect yang kuat bagi ekonomi riil Indonesia. Dirinya menjelaskan, peran BRI dalam hal ini cukup esensial, mengingat perseroan fokus di segmen UMKM yang juga merupakan penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) tertinggi dalam negeri. Hal tersebut dikarenakan BRI punya proporsi nilai yang unik, yakni dengan mengusung konsep hybrid bank. Konsep tersebut mengkombinasikan jejaring fisik yang kuat dan luas yang tersebar hingga pelosok negeri dengan layanan digital khas BRI.

“Sehingga kita juga bisa mempenetrasi pasar yang belum tersentuh. Kemudian juga kita akan terus melakukan ekspansi, untuk agen bank cabang. Dan kita juga berkolaborasi dengan customer sehingga mereka akan bisa bertransaksi di titik-titik hub dari BRI. Jadi customer mereka tidak perlu jalan atau pergi jauh-jauh untuk bisa melaksanakan transaksi perbankan. Ini tentunya akan berpengaruh besar terhadap ekonomi riil hingga pelaku grassroots economy,” ujar Achmad menegaskan.

Seperti diketahui, BRI memiliki sejumlah layanan digital komprehensif. Di aspek layanan, BRI telah mengimplementasikan BRISPOT hingga BRIAPI sehingga proses pelayanan berjalan efisien.

Di sisi lain, BRI mengandalkan digital banking BRImo dengan lebih dari 100 fitur terlengkap untuk memenuhi kebutuhan 17,71 juta users-nya. Layanan BRI juga didukung oleh 8.993 branch offices dan 221.531 E-channel di 34 provinsi di Indonesia. Di samping itu, emiten bersandi saham BBRI ini juga memiliki 552.709 AgenBRILink untuk memastikan seluruh masyarakat di berbagai penjuru Indonesia dapat mengakses layanan perbankan.

Achmad pun menjelaskan bahwa BRI memiliki alasan kuat bahwa digitalisasi harus memperkuat ekonomi riil khususnya pelaku UMKM.

Sebabnya, mengutip data Kementerian Koperasi dan UKM, tercatat pelaku UMKM di Tanah Air mencapai 65,46
juta unit atau sekitar 99,99% dari total usaha nasional.

Jumlah tersebut mampu menyerap sekitar 119,5 juta tenaga kerja atau setara 96,92% dari total tenaga kerja di Indonesia dengan sumbangsih terhadap PDB lebih dari 60%. Di sisi lain, lanjut dia, 45 juta unit UMKM di antaranya masih
membutuhkan pendanaan khususnya dari lembaga keuangan formal.

“Sekali lagi, kami melihat bahwa ini merupakan peluang besar untuk upaya inklusi keuangan serta pendalaman sektor keuangan. Jadi itulah mengapa di BRI kami punya strategi hybrid. Ekspansi kami juga justru fokus pada melahirkan lebih
banyak agen-agen untuk layanan perbankan dan literasi digital,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Airlangga Ungkap Kunci Keberhasilan Pengembangan UMKM

UMKM menjadi salah satu indikator vital dalam mempertahankan momentum pemulihan ekonomi nasional melalui kontribusinya terhadap sektor esensial.

EKONOMI | 7 Agustus 2022

Politikus Golkar: Ekonomi Indonesia Tumbuh Positif

Politikus Golkar menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto membuktikan perekonomian Indonesia tumbuh positif.

EKONOMI | 7 Agustus 2022

Kantor Pusat Kebakaran, Pegadaian Pastikan Layanan Berjalan Normal

PT Pegadaian memastikan layanan dan operasional perusahaan berjalan dengan baik, seiring insiden kebakaran di Kantor Pusat, pada Minggu, 7 Agustus 2022.

EKONOMI | 7 Agustus 2022

Airlangga Hartarto Dorong Pondok Buntet Pesantren Dirikan Usaha

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong Pondok Buntet Pesantren di Cirebon, Jawa Barat, mendirikan usaha, seperti pabrik sandal.

EKONOMI | 7 Agustus 2022

Beraset Jumbo, IFGSambut Baik POJK 13/2022

POJK ini berdampak sangat baik bagi IFG sebagai lembaga keuangan non bank yang memiliki total aset mencapai Rp 140 triliun (unaudited).

EKONOMI | 7 Agustus 2022

Gili Tramena Mulai Ramai, PLN Jamin Listrik Menyala Terus

PT PLN (Persero) Nusa Tenggara Barat terus berupaya menjaga pasokan energi ramah lingkungan di destinasi Gili Trawangan, Meno dan Air (Tramena).

EKONOMI | 7 Agustus 2022

APJII dan Matrix Nap Info Kerja Sama Perkuat Layanan Internet

PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) melakukan kerja sama strategis

EKONOMI | 7 Agustus 2022

Bisnis Pakaian Laris, Laba Mega Perintis Melesat 184,16%

PT Mega Perintis Tbk (ZONE) mencatatkan pertumbuhan laba bersih Rp 52,03 miliar pada semester I 2022, atau bertumbuh 184,16% dari periode yang sama tahun lalu.

EKONOMI | 7 Agustus 2022

Berdikari Sinergikan BUMN Pangan Lewat Kegiatan Sosial Ini

PT Berdikari (Persero) sebagai BUMN peternakan yang tergabung dalam BUMN Holding Pangan ID FOOD menjalankan perannya melalui TJSL.

EKONOMI | 7 Agustus 2022

Laba Multifinance Tumbuh 26,71% di Semester I 2022

Industri multifinance membukukan laba bersih sebesar Rp 8,44 triliun, tumbuh 26,71% secara year on year (yoy) sampai dengan semester I 2022.

EKONOMI | 7 Agustus 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Bharada E


# Polisi Tembak Polisi


# Liga Inggris


# Man City


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Badai Pasir Landa Madinah, Jemaah Haji Indonesia Dipastikan Aman

Badai Pasir Landa Madinah, Jemaah Haji Indonesia Dipastikan Aman

NEWS | 1 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings