Logo BeritaSatu

MES Yakin Ekonomi Syariah Bisa Dorong Indonesia Jadi Negara Maju

Sabtu, 24 September 2022 | 16:04 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua VII Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sugeng menyampaikan, untuk mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi negara maju di 2045, sumber pertumbuhan ekonomi tidak bisa lagi hanya mengandalkan yang sudah eksisting.

"Indonesia juga perlu menjadikan ekonomi syariah dan keuangan syariah sebagai gelombang ekonomi baru yang bisa mendongkrak perekonomian Indonesia lebih besar lagi," kata Sugeng dalam acara workshop kewirausahaan secara daring, Sabtu (24/9/2022).

Sugeng menjelaskan, komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia menurutnya juga bisa memberikan optimisme yang besar dalam melihat masa depan ekonomi syariah di Indonesia.

MES Yakin Ekonomi Syariah Bisa Dorong Indonesia Jadi Negara Maju
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mencanangkan Global Halal Hub (GHH) sebagai gerakan nasional untuk mewujudkan Indonesia pusat produsen produk halal dunia pada tahun 2024, di di Great Western Resort, Tangerang, Banten, Kamis, 27 Januari 2022.

“Tentu ini cukup beralasan, mengingat kita mempunya potensi ekonomi dan keuangan syariah yang besar, terutama kita dari sisi jumlah penduduknya yang merupakan penduduk muslim terbesar di dunia,” tegasnya.

Menurut Sugeng, berdasarkan data State of the Global Islamic Economy Indicator tahun 2022, ekonomi dan keuangan syariah Indonesia memang masih menduduki peringkat keempat setelah Malaysia, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab.

Namun, dengan potensi yang dimiliki Indonesia, MES optimistis peringkat Indonesia akan semakin membaik seiring dengan tingginya perhatian dan komitmen pemerintah Indonesia serta masyarakat," kata Sugeng.

Sugeng menambahkan, sudah waktunya Indonesia menjadi negara produsen produk halal, tidak sekedar menjadi negara konsumen produk halal seperti saat ini.

"Estimasinya muslim dunia menghabiskan sekitar US$ 2 triliun di tahun 2021 di sektor industri halal mulai dari makanan, farmasi, hingga pariwisata. Ini tentunya menjadi peluang bagi Indonesia untuk terus memperbaiki kekuatan dan bisa menghasilkan produk halal. Sudah waktunya kita menjadi negara produsen produk halal dari yang sekarang menjadi konsumen,” pungkas Sugeng.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ditopang Telkom Group, Begini Rencana Bisnis Indico

Indico yang merupakan entitas anak usaha PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), siap menjadi enabler ekosistem bisnis digital dan startup di Indonesia.

EKONOMI | 27 November 2022

Perkuat Jaringan, Samanea Group Gandeng 9 Peritel Global

Samanea Group mengembangkan kerja sama strategis dengan 9 perusahaan peritel branded yang memiliki basis e-commerce kuat di Samanea Hybrid Trade Outlet.

EKONOMI | 27 November 2022

Batik Eco Print, Jadi Salah Satu Produk UMKM di Eco Run Fest 2022

Pertamina Eco Run Fest 2022 menghadirkan kegiatan Eco Market menampilkan UMKM yang menawarkan produk batik eco print.

EKONOMI | 27 November 2022

Lokananta Jadi Sentra Kreativitas Musisi, Seniman dan UMKM

PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) yang merupakan anggota Holding Danareksa berkomitmen membangkitkan kembali Lokananta, studio rekaman pertama di Indonesia.

EKONOMI | 27 November 2022

Pertamina Berikan Bantuan TJSL untuk 25 Desa Energi Berdikari

PT Pertamina (Persero) memiliki program desa energi berdikari. Hal ini sejalan dengan tema Pertamina Eco Run Fest 2022.

EKONOMI | 27 November 2022

Begini Rencana Kerja dan Target BEI di Tahun Depan

Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan perusahaan yang melakukan penawaran umum saham perdana atau IPO pada 2023 sebanyak 57 perusahaan.

EKONOMI | 27 November 2022

BKF Sebut Kinerja APBN Menopang Pertumbuhan Ekonomi

Menurut Febri, posisi APBN didorong sebagai peredam guncangan atau shock absorber, sekaligus menjaga momentum pertumbuhan ekonomi.

EKONOMI | 27 November 2022

Direstui OJK, BEI Rilis Papan Ekonomi Baru 5 Desember

BEI akan meluncurkan papan ekonomi baru (new economy) pada 5 Desember 2022 karena sudah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

EKONOMI | 27 November 2022

Ekonom IAEI Sebut Indonesia Mampu Atasi Ancaman Resesi

Ekonom dari Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) Munifah Syanwani menilai Indonesia akan mampu melewati tahun resesi ekonomi.

EKONOMI | 26 November 2022

Terapkan ESG, BRI Raih Peringkat Tertinggi di ASRRAT 2022

BRI berhasil meraih penghargaan platinum rank di ASRRAT 2022. BRI tahun lalu juga meraih peringkat tertinggi di ajang yag sama.

EKONOMI | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Longsor Tutup Jalan Lembang Maribaya

Longsor Tutup Jalan Lembang Maribaya

NEWS | 17 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE