Logo BeritaSatu

Pariwisata Holistik Manggarai Kedepankan Budaya dan Religi

Jumat, 7 Januari 2022 | 15:49 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Ruteng, Beritasatu.com - 2022 dinobatkan sebagai tahun pastoral pariwisata holistik bertema “Berpartisipasi, Berbudaya, dan Berkelanjutan” oleh Keuskupan Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tema ini diangkat karena pariwisata holistik meliputi berbagai aspek yang mendukung kesejahteraan manusia dan terintegrasi dengan keutuhan ciptaan (manusia dan alam).

Uskup Ruteng, Silvianus Hormat mengatakan pariwisata holistik mengedepankan budaya dan religi di samping kesejahteraan. "Kesejahteraan yang diangkat tidak hanya menyasar pada satu aspek, tetapi holistik untuk masyarakat," kata Silvianus Hormat dalam Sidang Pastoral Post Natal Keuskupan Ruteng yang diselenggarakan di Ruteng, Manggarai Kamis (6/1/2022).

Dalam keterangan yang diterima Jumat (7/1/2022) Silvianus Hormat menambahkan bahwa kesejahteraan, persaudaraan, dan perdamaian adalah nilai dalam gereja yang juga menjadi fokus pemerintah, dalam pengembangan pariwisata.

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina mengapresiasi diangkatnya tema kepariwisataan sebagai tema pastoral tahun 2022. "Kami merasa terhormat 2022 dijadikan tahun pariwisata holistik oleh Keuskupan Ruteng. Ini adalah langkah yang baik bagi Manggarai Raya dalam mengambil peluang saat momentum pengembangan pariwisata Labuan Bajo Flores" kata Shana.

Shana mengatakan pembangunan pariwisata tidak hanya fokus ke destinasi, tetapi juga masyarakatnya. "Warga lokal juga menerima manfaat dari pengembangan pariwisata ini," kata dia.

Menurutnya, salah satu cara agar masyarakat aktif berpartisipasi dalam pengembangan pariwisata dengan menjadikan pariwisata sebagai jiwa dari Manggarai Raya. "Mari bersama-sama membangun mindset baru bahwa berwisata dan jalan-jalan itu penting sehingga sejak dini seseorang itu sudah menjadikan pariwisata sebagai bagian dari kehidupan mereka" pungkasnya.

Sementara Bupati Manggarai, Hery Nabit mengatakan pariwisata, budaya, dan religi bisa berjalan beriringan. Pariwisata adalah kendaraan dalam menjaga semangat dalam budaya dan religi. "Brand wisata Manggarai adalah wisata religi dan budaya, maka ini adalah momentum untuk mempertahankan semangat dengan cara baru yaitu melalui pariwisata," jelas Hery.

Senada, Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi mengatakan agar pariwisata bisa menjadi kendaraan, perlu ada penguatan konektivitas baik dari segi infrastruktur maupun promosi.

Dukungan pengembangan pariwisata ini juga disampaikan Sekda Manggarai Timur, Bonifasius Hasundungan. Dia mengatakan Pemda Manggarai Timur selalu mendukung perkembangan pariwisata di Labuan Bajo dan berharap kolaborasi lintas kabupaten terus dilakukan sehingga sebagai menjadi satu kesatuan yaitu Manggarai Raya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Diambil Davina Dee, Kembali Bumbak Hadir dengan Inovasi

Meski sempat tutup selama hampir dua tahun akibat pandemi Covid-19, Kembali Bumbak Restaurant akhirnya beroperasi kembali setelah diambil alih Davina Dee.

LIFESTYLE | 17 Mei 2022

Soal Instastory, Iqlima Kim Dianggap Lakukan Kebohongan

Iqlima Kim dipandang telah melakukan kebohongan publik lewat unggahan di media sosial Instagram.

LIFESTYLE | 17 Mei 2022

Rindu Kuliner Seusai Lebaran, Ini 5 Rekomendasi Resto di DKI

Rindu kuliner seusai Lebaran, ada 5 Rekomendasi Resto di DKI dan sekitarnya yang bisa Anda kunjungi.

LIFESTYLE | 17 Mei 2022

Sediakan Tiket Perdana, Pelita Air Bermitra dengan tiket.com

Pada aplikasi tiket.com maskapai Pelita Air memiliki penerbangan untuk rute CGK-DPS VV dengan frekuensi saat ini sebanyak 4x dalam 1 minggu.

LIFESTYLE | 17 Mei 2022

Juliana Moechtar Resmi Bertunangan dengan Dandim Lebak

Janda gitaris grup band Seventeen Herman Seventeen, Juliana Moechtar segera akan dinikahi oleh Dandim Lebak Banten, Letkol (Inf) Nur Wahyudi.

LIFESTYLE | 16 Mei 2022

Nikita Mirzani Ungkap Punya Kedekatan dengan John Hopkins

Artis Nikita Mirzani mengungkapkan dirinya saat ini tengah menjalin hubungan dengan mantan pembalap MotoGP, John Hopkins.

LIFESTYLE | 16 Mei 2022

Dinar Candy Yakin Kalahkan Nikita Mirzani dalam 2 Ronde

Dinar Candy meyakini bisa mengalahkan artis Nikita Mirzani dalam dua ronde saat keduanya adu jotos di atas ring tinju Holywings Sport Show.

LIFESTYLE | 16 Mei 2022

BTS Raih Tiga Penghargaan di Ajang Music Awards 2022

Grup vokal pria asal Korea Selatan, BTS, berhasil meraih 3 penghargaan musik bergengsi dunia bertajuk Billboard Music Awards 2022.

LIFESTYLE | 16 Mei 2022

Kunjungi Bob Tutupoly, Yuni Shara: Semangat Sehat Oom Bob

Yuni Shara menyempatkan diri mengunjungi penyanyi legendaris Bob Tutupoly, Minggu (16/5/2022) malam.

LIFESTYLE | 16 Mei 2022

Keluarga Tak Tahu Medina Zein Lakukan Aksi Penipuan

Kabar soal aksi penipuan yang dilakukan artis Medina Zein kepada beberapa orang termasuk rekan sesama selebriti ternyata tak diketahui pihak keluarganya.

LIFESTYLE | 16 Mei 2022


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DPR Minta KPU-Bawaslu Lakukan Simulasi Masa Kampanye 75 Hari

DPR Minta KPU-Bawaslu Lakukan Simulasi Masa Kampanye 75 Hari

NEWS | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings