Logo BeritaSatu

Pinkan Indonesia Kembali Gelar Lomba Kreativitas Kolintang Virtual

Jumat, 17 Desember 2021 | 21:29 WIB
Oleh : Willy Masaharu / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Ajang lomba kreativitas kolintang virtual kembali digelar untuk kedua kalinya. Lomba kreativitas alat musik kolintang ini memperebutkan piala bergilir Menkominfo Johnny G Plate.

Lomba ini digelar Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan) Indonesia bekerja sama dengan Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyelenggarakan Lomba Kreativitas Kolintang Virtual yang memperebutkan piala bergilir Menkominfo yang kedua tahun 2021. Pada tahun 2020 sudah dilaksanakan Lomba Kreativitas Kolintang Virtual Piala Bergilir Menkominfo yang pertama.

Melalui siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Jumat (17/12/2021), tujuan diselenggarakan kegiatan lomba ini adalah untuk menggiatkan dan menggaungkan kembali musik kolintang di seluruh Indonesia agar lebih dikenal dan dicintai terutama untuk generasi milenial sebagai penerus tongkat estafet pelestari seni dan budaya Indonesia sehingga dapat dikenal sampai ke seluruh dunia.

Sebagaimana diketahui bahwa AMKK Minahasa atau musik Kolintang ini sementara diusulkan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai nominasi dari Indonesia untuk diakui dunia dan dicatat di United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco) atau organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan PBB sebagai salah satu warisan budaya tak benda milik bangsa Indonesia.

Rangkaian kegiatan LKKV Piala Bergilir Menkominfo 2021 dimulai dengan pembuatan/perekaman video oleh peserta dan dikirim ke email panitia untuk dikumpulkan kemudian dinilai oleh Dewan Juri yang terdiri dari tiga orang yaitu Dwiki Dharmawan sebagai Ketua Dewan Juri, Franki Raden sebagai anggota, dan Ricky Pangkerego sebagai anggota. Dari keseluruhan video yang masuk dipanitia kemudian dinilai oleh dewan juri sebanyak 20 peserta terbaik yang kemudian akan masuk ke grand final.

Pada grand final akan dinilai lima grup kolintang yang terbaik untuk mendapatkan piala bergilir, piala tetap dan e-sertifikat serta uang untuk pembinaan dan pengembangan musik kolintang. Para peserta lomba terdiri dari dua kategori yaitu kategori milenial/umum dan kategori ibu-ibu.

"Diharapkan dengan lomba kali ini, ke depan musik kolintang dapat dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia karena kolintang merupakan musik asli milik Indonesia," kata Ketua Umum DPP Pinkan Indonesia Penny Iriana Marsetio.

Ketua Umum DPP PINKAN Indonesia juga memberikan apresiasi kepada para pelatih yang telah melatih grup/peserta lomba dengan semangat yang tinggi untuk memberikan sumbangsihnya dalam melestarikan dan mengembangkan musik kolintang. Juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Menteri Komunikasi dan Informatika Johny G Plate yang telah mendukung dalam Pelestarian dan Pengembangan seni budaya, khususnya kolintang. Serta kepada Ibu Febria Luky Yusgiantoro sebagai pimpinan Purnomo Yusgiantoro Center yang telah memberikan dukungannya untuk suksesnya kegiatan lomba ini.

Turut hadir secara luring pada kegiatan tersebut, Menkominfo Johnny G Plate, Ketua Dewan Pembina Pinkan Indonesia Laksamana TNI (Purn) Marsetio, Ketua Umum DPP Pinkan Penny Iriana Marsetio. Sedangkan hadir secara daring, Pelindung Pinkan Indonesia Purnomo Yusgiantoro. dan Ketua Dewan Penasehat Pinkan Indonesia Lis Purnomo Yusgiantoro.

Sehubungan masih dalam masa pandemi Covid-19, lomba ini tetap mengedepankan protokol kesehatan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DPR Minta KPU-Bawaslu Lakukan Simulasi Masa Kampanye 75 Hari

DPR Minta KPU-Bawaslu Lakukan Simulasi Masa Kampanye 75 Hari

NEWS | 35 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings