Logo BeritaSatu

Dijagokan sebagai Nomine Nobel Sastra, Denny JA Hanya Ingin Berkarya

Senin, 20 Desember 2021 | 12:35 WIB
Oleh : Rully Satriadi / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Komunitas Puisi Esai menyebut Denny JA sebagai calon kuat kandidat untuk Nobel Sastra dari Indonesia. Panitia Nobel sastra the Swedish Academy telah mengundang Komunitas Puisi Esai untuk mencalonkan sastrawan Indonesia.

Denny JA sendiri ketika diminta komentar soal kemungkinan dirinya resmi dicalonkan Nobel Sastra mewakili Indonesia, bahkan Asia Tenggara, tak ingin banyak berkomentar.

Denny hanya menjawab, pencalonan Nobel Sastra bagus untuk diplomasi budaya Indonesia. “Namun saya berkarya karena saya mencintai gagasan, tidak berorientasi penghargaan,” ujar Denny.

Sampai saat ini, hadiah Nobel untuk sastra tetap menjadi puncak hadiah yang paling presitisius di dunia. Sejak pertama kali hadiah Nobel untuk sastra dilakukan di tahun 1901, sudah 120 tahun lebih, belum ada sastrawan Indonesia, bahkan Asia Tenggara yang mendapatkan hadiah sastra itu

Irsyad Mohamad, Koordinator Pelaksana Komunitas Puisi Esai Indonesia dalam keterangannya, Senin (20/12/2021, mengatakan pihaknya segera bersidang memutuskan siapa yang dicalonkan. Sejauh ini Denny JA calon yang paling kuat.

“Jika akhirnya Denny JA yang dicalonkan, maka Denny JA menjadi sastrawan Indonesia kedua yang pernah secara resmi dicalonkan dengan prosedur resmi melalui undangan Panitia Nobel, setelah Pramudya Ananta Toer,” kata Irsyad.

Alasan Irsyad mendukung Denny JA karena karyanya unik dan puisi esai semakin diakui sebagai genre baru puisi. Sangat jarang sekali tercipta genre baru dalam puisi. Puisi esai yang diciptakan Denny JA kini sudah masuk dalam kamus resmi bahasa Indonesia.

Karya puisi esai Denny JA menyuarakan isu hak asasi manusia di kawasan negara dengan penduduk Muslim terbesar dunia, Indonesia. "Puisi esai tak hanya seksi dari sisi genre baru, tapi juga pesan hak asasi manusia," kata Irsyad.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DPR Minta KPU-Bawaslu Lakukan Simulasi Masa Kampanye 75 Hari

DPR Minta KPU-Bawaslu Lakukan Simulasi Masa Kampanye 75 Hari

NEWS | 43 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings