Logo BeritaSatu

Ananda Sukarlan, Musisi Klasik Asia Pertama Terdaftar di NFT

Rabu, 12 Januari 2022 | 20:45 WIB
Oleh : Kunradus Aliandu / KUN

Jakarta, Beritasatu.com - Lahir di Jakarta, 10 Juni 1968, Ananda Sukarlan merupakan pianis, komposer sekaligus aktivis pendidikan yang terkenal dalam bidang musik klasik. Putra Indonesia penerima gelar kesatriaan tertinggi "Cavaliere Ordine della Stella d'Italia" dari Presiden Sergio Mattarella ini terkenal dengan karya pianonya Rapsodia Nusantara yang telah dimainkan para pianis seluruh dunia.

Meski tinggal di daratan Eropa, Ananda Sukarlan tak lantas kehilangan cintanya kepada Tanah Air. Banyak karyanya yang memasukan unsur musik tradisional Indonesia ke dalam landscape musik klasik, misalnya serial Rapsodia Nusantara. Selain mengenalkan musik klasik kepada khalayak yang lebih luas, ia juga memiliki concern terhadap isu-isu sosial dan politik yang berkembang di tengah masyarakat Indonesia.

Beberapa waktu belakangan Ananda Sukarlan telah tercatat mengikuti berbagai macam kegiatan sosial yang mendedikasikan beberapa karyanya untuk menggalang donasi. Tapi, kali ini Ananda Sukarlan melakukan langkah yang berbeda, ia telah melelang donasi karyanya yang telah didaftarkan NFT. Ini menjadi sebuah prestasi tersendiri bagi Ananda Sukarlan, karena ia telah menjadi musik klasik pertama di Asia yang telah mendaftarkan karya NFT-nya.

Bagi Ananda Sukarlan, sudah saatnya musisi khususnya klasik harus mencoba metode baru dalam memperkenalkan dan menjual karyanya, termasuk salah satunya adalah melalui NFT. Baginya, NFT ialah masa depan bagi para artworker yang sudah saatnya sekarang harus mulai beralih ke digital. NFT juga memiliki lisensi otentik yang menjamin keamanan karya.

Kegiatan lelang lagu ini diselenggarakan dalam rangka penggalangan dana Charity Auction yang diselenggarakan oleh Yayasan Habitat Indonesia. “Hasil penggalangan dana Charity Auction untuk membantu menambah membangun rumah lebih banyak lagi bagi keluarga penyintas korban badai di NTT yang sedang dibangun sebelumnya dari konser amal “NTT adalah Kita” dan dari penggalangan dana lainnya,”kata Susanto, Direktur Nasional Habitat Indonesia.

Karya pertama yang dilelang ialah, solo piano “Variations on Ibu Sud’s ‘Pergi Belajar’ dan karya keduanya, ialah Rapsodia Nusantara No. 35. Hasil dari pelelangam kedua karya NFT tersebut telah terjual senilai US$ 61 ribu atau mendekati Rp 1 miliar. Karya-karya tersebut telah dibeli oleh Edwin Soeryadjaya dan Hilmi Panigoro dalam agenda yang diselenggarakan oleh Yayasan Habitat Indonesia. Sekaligus pelelangan karya tersebut dilakukan di platform social NFT marketplace, Metaroid.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Diambil Davina Dee, Kembali Bumbak Hadir dengan Inovasi

Meski sempat tutup selama hampir dua tahun akibat pandemi Covid-19, Kembali Bumbak Restaurant akhirnya beroperasi kembali setelah diambil alih Davina Dee.

LIFESTYLE | 17 Mei 2022

Soal Instastory, Iqlima Kim Dianggap Lakukan Kebohongan

Iqlima Kim dipandang telah melakukan kebohongan publik lewat unggahan di media sosial Instagram.

LIFESTYLE | 17 Mei 2022

Rindu Kuliner Seusai Lebaran, Ini 5 Rekomendasi Resto di DKI

Rindu kuliner seusai Lebaran, ada 5 Rekomendasi Resto di DKI dan sekitarnya yang bisa Anda kunjungi.

LIFESTYLE | 17 Mei 2022

Sediakan Tiket Perdana, Pelita Air Bermitra dengan tiket.com

Pada aplikasi tiket.com maskapai Pelita Air memiliki penerbangan untuk rute CGK-DPS VV dengan frekuensi saat ini sebanyak 4x dalam 1 minggu.

LIFESTYLE | 17 Mei 2022

Juliana Moechtar Resmi Bertunangan dengan Dandim Lebak

Janda gitaris grup band Seventeen Herman Seventeen, Juliana Moechtar segera akan dinikahi oleh Dandim Lebak Banten, Letkol (Inf) Nur Wahyudi.

LIFESTYLE | 16 Mei 2022

Nikita Mirzani Ungkap Punya Kedekatan dengan John Hopkins

Artis Nikita Mirzani mengungkapkan dirinya saat ini tengah menjalin hubungan dengan mantan pembalap MotoGP, John Hopkins.

LIFESTYLE | 16 Mei 2022

Dinar Candy Yakin Kalahkan Nikita Mirzani dalam 2 Ronde

Dinar Candy meyakini bisa mengalahkan artis Nikita Mirzani dalam dua ronde saat keduanya adu jotos di atas ring tinju Holywings Sport Show.

LIFESTYLE | 16 Mei 2022

BTS Raih Tiga Penghargaan di Ajang Music Awards 2022

Grup vokal pria asal Korea Selatan, BTS, berhasil meraih 3 penghargaan musik bergengsi dunia bertajuk Billboard Music Awards 2022.

LIFESTYLE | 16 Mei 2022

Kunjungi Bob Tutupoly, Yuni Shara: Semangat Sehat Oom Bob

Yuni Shara menyempatkan diri mengunjungi penyanyi legendaris Bob Tutupoly, Minggu (16/5/2022) malam.

LIFESTYLE | 16 Mei 2022

Keluarga Tak Tahu Medina Zein Lakukan Aksi Penipuan

Kabar soal aksi penipuan yang dilakukan artis Medina Zein kepada beberapa orang termasuk rekan sesama selebriti ternyata tak diketahui pihak keluarganya.

LIFESTYLE | 16 Mei 2022


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DPR Minta KPU-Bawaslu Lakukan Simulasi Masa Kampanye 75 Hari

DPR Minta KPU-Bawaslu Lakukan Simulasi Masa Kampanye 75 Hari

NEWS | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings