Logo BeritaSatu

GoApotik Raih Sertifikat Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi

Senin, 17 Januari 2022 | 09:55 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Aplikasi, GoApotik mendapatkan sertifikasi ISO 27001 terkait Sistem Manajemen Keamanan Informasi dari British Standard Institution. Sertifikasi ini menyusul pemberian sertifikasi Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi (PSEF) yang diberikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Dengan demikian, GoApotik merupakan PSEF pertama yang meraih ISO 27001:2013 di Indonesia.

“GoApotik berperan menghadirkan apotek legal, berlisensi dan terverifikasi, mendorong peran apoteker untuk melakukan pelayanan kefarmasian secara online (telefarmasi), sehingga pelayanan kefarmasian apotek di era digital tetap berjalan baik," kata Head of GoApotik, Neneng Mutmainah, dalam keterangan tertulisnya Senin (17/1/2022).

ISO 27001 merupakan suatu standar internasional dalam menerapkan sistem manajemen keamanan informasi atau lebih dikenal dengan Information Security Management Systems (ISMS). Adapun ISMS adalah seperangkat unsur yang saling terkait dengan organisasi atau perusahaan yang digunakan untuk mengelola dan mengendalikan risiko keamanan informasi, serta untuk melindungi serta menjaga kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity) dan ketersediaan (availability) informasi. "Dengan sertifikasi ISO 27001, pengguna GoApotik semakin percaya melakukan pembelian produk farmasi karena keamanan dan kerahasiaan data terjaga," kata Neneng.

Sebagai platform marketplace pemegang lisensi PSEF, GoApotik juga membantu apotek independen kelas menengah dan kecil berkembang dan bersaing di era digital. "GoApotik mendukung upaya pemerintah memperluas akses ketersediaan obat bagi masyarakat. Untuk bisa survive, pada era digital seluruh pelaku usaha apotek dituntut memberikan pelayanan online. Layanan digital ini salah satunya bisa melalui penyedia sarana elektronik farmasi," kata Ibu Neneng.

GoApotik juga telah mendukung layanan Farmaplus Kementerian Kesehatan dengan menggandeng mitra apotek mendapatkan kebutuhan farmasi di masa pandemi. Farmaplus adalah platform untuk membantu masyarakat memeriksa ketersediaan obat Covid-19 di apotek yang ada di wilayahnya sebelum membeli obat. Hingga kini GoApotik memiliki sekitar 40.000 item produk kesehatan, suplemen, vitamin, kosmetik dan obat dengan jaringan mitra. Jaringan layanannya lebih 2.500 apotek tersebar di seluruh Indonesia

Menurut Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono, adanya PSEF sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 untuk sektor kesehatan yang fokus pada akses kesehatan semesta. Penggunaan telefarmasi memungkinkan pasien mendapatkan akses obat-obatan baik untuk swamedikasi maupun obat resep dokter. “PSEF akan menghubungkan apotek dengan pasien secara daring, di mana pasien diberi kebebasan memilih apotek. Telefarmasi bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat, memudahkan, percepatan dan efisiensi pelayanan,” ungkap Dante dalam acara virtual beberapa waktu lalu.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pembangunan Ekowisata Labuan Bajo Didukung Masyarakat

Masyarakat setempat mendukung pembangunan ekowisata Labuan Bajo di kawasan Bowosie, Manggarai Barat, NTT.

NEWS | 18 Mei 2022

Solo Belum Bebas Masker, Gibran Tunggu Instruksi Ganjar

Wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka menegaskan Kota Solo belum bebas masker. Gibran mengaku memilih menunggu instruksi Ganjar Pranowo.

NEWS | 18 Mei 2022

BUM Desa Diminta Bayar Rp 30 Juta/Tahun, Mendes Minta Keringanan PT KAI

Sebelumnya, BUM Desa Bolali Maju harus membayar Rp 30 juta per tahun karena crossing kabel fiber optic yang melintasi properti PT KAI.

NEWS | 18 Mei 2022

Kabar Kudeta di PKB, Cak Imin: Enggak Pernah Dengar

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau disapa Cak Imin mengaku tidak mengetahui mengenai kabar kudeta.

NEWS | 18 Mei 2022

Djarot Nilai Heru Budi Hartono Cocok Jadi Pj Gubernur DKI

Politikus PDIP Djarot Saiful Hidayat menilai Kasetpres Heru Budi Hartono cocok sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan.

NEWS | 18 Mei 2022

Naik, Dugaan Hepatitis Akut Bertambah Jadi 14 Kasus

Dugaan kasus hepatitis per tanggal 17 Mei 2022 bertambah 14 kasus, terdiri dari 1 kasus probable dan 13 kasus pending classification.

NEWS | 18 Mei 2022

Polusi Penyebab 1 dari 6 Kematian di Dunia pada 2019

Polusi menyebabkan satu dari enam kematian di seluruh dunia pada 2019, sebuah studi baru mengungkapkan.

NEWS | 18 Mei 2022

43 Juta Orang di Indonesia Telah Terima Booster Covid-19

Sebanyak 43.014.780 orang di Indonesia sudah menerima vaksinasi booster Covid-19 per hari ini, Rabu (18/5/2022).

NEWS | 18 Mei 2022

Tolak UAS Masuk, Singapura Diminta Usir Koruptor Indonesia

Wakil Ketua DPD Sultan B Najamudin mengatakan, Singapura yang menolak Ustaz Abdul Shomad (UAS) sebaiknya juga mengusir para koruptor asal Indonesia.

NEWS | 18 Mei 2022

Genflix Kembali Tayangkan Rangkaian Original Series Terbaru

Genflix, siap menayangkan berbagai rangkaian original series terbaik kepada para pelanggannya.

NEWS | 18 Mei 2022


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pembangunan Ekowisata Labuan Bajo Didukung Masyarakat

Pembangunan Ekowisata Labuan Bajo Didukung Masyarakat

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings