Logo BeritaSatu
Breaking News
LIVESTREAM
Breaking News R

Presiden Jokowi Kagum Impor Jagung Menurun Tajam

Sering Asam Lambung, Pakar Kuliner Ini Jalankan Diet Gluten Free

Minggu, 14 Agustus 2022 | 14:19 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Pakar kuliner Chef Marinka mengaku menjalani diet gluten free untuk menghindari asam lambung yang sebelumnya kerap dia alami.

Saat ini masyarakat memang tidak dapat menghindari gaya hidup modern yang mengakibatkan padatnya jadwal sehari-hari sehingga jadwal makan tidak menentu dan tingkat stres yang tinggi.

Ditambah lagi jika dengan konsumsi makanan yang dapat mengiritasi lambung, tentunya hal-hal tersebut dapat meningkatkan risiko seseorang terkena asam lambung.

Dalam istilah medis asam lambung ini disebut dengan GERD atau gastroesophageal reflux disease, sebuah kondisi ketika asam lambung naik dari perut menuju kerongkongan (refluks asam).

Prevalensi penyakit ini di negara-negara Asia termasuk Indonesia memang cenderung lebih rendah jika dibandingkan negara di Eropa dan Amerika. Namun demikian selama beberapa tahun terakhir prevalensi penyakit ini di Asia terus meningkat. Dengan begitu, asam lambung merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap diderita banyak orang.

Siapa sangka Chef Marinka juga mengaku bahwa dirinya sering mengalami asalah asam lambung. Chef cantik yang sempat menjadi juri kompetisi memasak ini akhirnya menjadi cukup picky untuk memilih bahan dasar makanannya sehari-hari.

"Memilih bahan makanan yang lebih ringan untuk dicerna dan tidak membuat lambung mudah teriritasi adalah kunci," ujar Marinka, Minggu (14/8/2022).

Chef yang memiliki nama lengkap Maria Irene Susanto ini mengatakan, untuk memilih bahan makanan alami sebagai konsumsi harian, ia mengganti tepung biasa menjadi tepung bebas gluten.

Gluten sendiri merupakan protein yang terkandung di dalam gandum atau terigu. Apabila dikonsumsi terlalu berlebihan, gluten dapat mengiritasi lambung. Dengan begitu Chef Marinka saat ini berusaha untuk menghindari konsumsi gluten.

"Sekarang sebenernya ini cukup gampang buat menemukan tepung ataupun bahan makanan yang bebas gluten. Misalnya untuk tepung, itu aku ganti sama tepung Mocaf yang dibuat dari singkong,” jelas Marinka.

Chef Marinka juga mengatakan bahwa ia gemar menggunakan tepung Mocaf bebas gluten, salah satunya merupakan produk lokal dari Ladang Lima.

Pilihannya tersebut semakin mantap karena tepung Mocaf dari Ladang Lima tak hanya bebas gluten, tapi juga kaya serat, low glikemiks index, mengandung zat besi dan kalsium, serta tanpa proses pemutihan, sehingga aman dikonsumsi tubuh.

Tepung Mocaf Ladang Lima juga rendah GI sehingga sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes yang ingin membuat atau merasakan makanan lezat tanpa perlu khawatir.

Karena kandungan yang sangat menyehatkan bagi tubuh, Chef Marinka ingin terus merekomendasikan tepung Mocaf Ladang Lima kepada para kerabatnya.

Bahkan ia ingin memperkenalkan ke masyarakat luas, salah satunya dengan memberikan tantangan kepada peserta Master Chef Junior di babak 3 besar untuk mencoba membuat Gluten Free Hummingbird Cake dari tepung Mocaf.

"Tepung ini merupakan tepung gluten free, terbuat dari singkong yang difermentasi jadi sangat cocok untuk membuat kue,” ungkapnya

Selain tepung mocaf, Ladang Lima juga memiliki berbagai jenis produk seperti pasta, cookies, mi, premix dan berbagai jenis makanan yang bebas gluten yang aman dikonsumsi bagi penderita GERD.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

30 Tahun di Indonesia, AQUA Japan Hadirkan AC Sekaligus Air Purifier

AQUA Japan meluncurkan AC terbaru WXW Series AQA – KRV10WXW, bukan hanya sebagai penyejuk udara namun sebagai air purifier.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Transisi Endemi, Bisnis Kecantikan dan Skincare Melesat

Bisnis kecantikan dan perawatan kulit atau skincare diyakini akan terus meningkat di masa transisi endemi Covid-19.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Karya Desain Interior Arkadia Works Mendunia Melalui Batik

The Tales of Batik merupakan konsep desain dari Arkadia Works yang diterapkan untuk kantor Concentrix.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Buka Cabang di Serang, Kasoem Vision Care Berikan Pemeriksaan Penglihatan

Kasoem Vision Care memberikan layanan pemeriksaan pengelihatan saat menggelar grand opening store di Mall of Serang, Serang, Banten, Minggu (2/10/2022)

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Asus ExpertBook B7 Flip, Laptop dengan Slot SIM Card 5G

Asus memiliki varian laptop bisnis ExperBook B7 Flip yang dibekali dengan slot sim card untuk menghadirkan konektivitas 5G.

LIFESTYLE | 30 September 2022

Konten Prank Baim Wong soal KDRT Rendahkan Institusi Polisi

Artis Baim Wong dan Paula Verhouven tengah menjadi sorotan dan membuat geram warganet usai keduanya membuat konten prank KDRT.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

14 Tahun di Indonesia, Happycall Terus Kembangkan Teknologi Mutakhir

Happycall memasuki pasar Indonesia pada 2008 dan tahun ini menandai hari jadi happycall Indonesia yang ke-14 yang jatuh pada 30 September 2022.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Buat Konten Prank KDRT, Baim Wong dan Paula Dihujat Warganet

Akun sosmed pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven menjadi bahan hujatan warganet karena membuat konten prank melaporkan KDRT ke kepolisian.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Hari Batik Nasional 2022, PPI DKI Jakarta Gelar Parade 100 Perempuan Berkebaya

Memperingati Hari Batik Nasional 2022, PPI DKI Jakarta menggelar Parade 100 Perempuan Berkebaya di Mall Kasablanka.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan Jadi Trending Topics di Twitter

Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) di Kanjuruhan jadi perhatian warganet.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Inflasi September 1,17%, Ini Komoditas Penyumbangnya

Inflasi September 1,17%, Ini Komoditas Penyumbangnya

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings