Logo BeritaSatu

Ini Dia, 5 Manfaat Behel Gigi untuk Kesehatan Anda

Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:15 WIB
Oleh : Claudia Ramadhani / CLA

Jakarta, Beritasatu.com - Banyak orang tertarik memakai kawat gigi atau behel gigi saat ini, karena behel dinilai tak hanya berguna untuk merapikan gigi, tapi juga menambah daya tarik penampilan seseorang. Tapi, tentu saja manfaat behel gigi lebih dari sekadar membuat penampilan menjadi lebih menarik, ada sederet manfaat lain terutama untuk kesehatan gigi dan mulut seseorang.

Meski kadang kita melihat pemakai behel gigi tampak seperti kurang nyaman, namun, ternyata ada banyak sekali manfaat behel gigi bahkan untuk jangka panjang kesehatan gigi dan mulut. Mengutip dari Bordentown Braces, ada beberapa manfaat behel gigi yang bisa Anda pertimbangkan jika ingin memakainya, yakni:

Mencegah penyakit gusi
Salah satu manfaat behel gigi jangka panjang adalah pencegahan penyakit gusi. Penyakit gusi adalah infeksi pada jaringan lunak yang mengelilingi gigi. Penyakit gusi yang paling umum adalah gingivitis, yakni radang gusi yang ditandai dengan gejala gusi bengkak, kemerahan, dan bahkan berdarah. Gingivitis yang tidak segera ditangani bisa berujung pada periodontitis, yang bisa menyebabkan gejala lebih parah.

Saat gigi tidak rapi, akan mudah bagi plak dan partikel makanan untuk terjebak di sela-sela gigi. Sisa-sisa makanan ini bisa menjadi santapan yang lezat bagi bakteri yang bisa menginfeksi. Pemakaian behel gigi dapat membantu meratakan gigi, sehingga gigi nantinya lebih mudah dibersihkan dengan sikat gigi dan benang gigi. Ini artinya, hanya akan ada lebih sedikit partikel makanan yang terjebak, dan pembersihan gigi yang rutin dan lebih mudah bisa membantu menghindari seseorang dari penyakit gusi.

Mencegah kerusakan gigi
Manfaat behel gigi juga bisa mengurangi risiko seseorang mengalami kerusakan gigi. Ketika struktur atau posisi gigi tumpang tindih atau lebih menonjol dibanding yang lainnya, ini membuat gigi rentan mengalami masalah. Gigi-gigi Anda bahkan tak bisa menggigit dan mengunyah dengan optimal, dan yang lebih parah, gigi bisa sulit dibersihkan.

Saat plak dan partikel makanan tak mampu dibersihkan akibat susunan gigi yang tidak merata, ini bisa menyebabkan lebih banyak bakteri berkembang biak, yang pada akhirnya bisa merusak permukaan email gigi, dan berujung pada pembusukan gigi.

Manfaat memakai behel gigi bisa membantu merapikan gigi, sehingga Anda lebih mudah untuk membersihkan dan merawat gigi. Ini pada akhirnya mencegah terjadinya kerusakan pada gigi.

Mencegah erosi tulang
Setiap gigi memiliki akar panjang yang tertanam di tulang rahang. Jika bakteri berhasil menembus gusi atau gigi, dan memengaruhi tulang, ini bisa menyebabkan tulang mulai terkikis dan aus.

Gigi yang tidak sejajar adalah penyebab umum dari erosi tulang rahang. Ruang akibat gigi yang tumbuh tidak merata bisa menjadi tempat tinggal paling nyaman untuk bakteri, yang bahkan bisa menembus hingga tulang rahang.

Manfaat behel gigi dapat membantu mencegah erosi, dengan memastikan setiap bagian tulang rahan dilatih dengan baik, sehingga tidak ada ruang di mulut untuk plak dan bakteri bersembunyi.

Meningkatkan kesehatan pencernaan
Susunan gigi yang tidak rapi bisa memberikan efek serius pada sistem pencernaan. Ini karena susunan gigi yang tidak rata, bisa menyebabkan seseorang sulit menggigit dan mengunyah makanan yang akan ia telan. Makanan yang tidak dikunyah dengan benar hanya akan membuat kerja sistem pencernaan menjadi lebih sulit.

Saat makanan tidak terkunyah dengan baik, ini bisa mengakibatkan gangguan usus, iritasi usus, dan kesulitan merasa kenyang setelah makan.

Manfaat behel gigi yang utama adalah dapat membantu merapikan gigi. Saat gigi menjadi lebih rapi, makanan akan lebih mudah dikunyah dengan baik. Saat makanan sudah terkunyah dengan baik, maka ini akan memudahkan sistem pencernaan untuk melakukan tugas dan fungsinya, sehingga Anda pun terbebas dari gangguan pencernaan.

Membuat Anda lebih nyaman
Dengan susunan gigi yang tidak sejajar, Anda akan cenderung lebih mudah untuk menggigit pipi bagian dalam, lidah, bibir, secara tidak sengaja karena rahang tidak menyatu dengan benar. Gigi juga jauh lebih mungkin untuk terus mengalami rasa sakit, dan Anda tentu akan tersiksa karenanya.

Manfaat behel gigi bisa membantu mengembalikan posisi gigi ke tempat yang semestinya. Ini tak hanya mengurangi kemungkinan Anda menggigit bagian dalam mulut secara tidak sengaja, namun juga bisa mengurangi ketegangan pada rahang dan kelainan pada sendi rahang.

Akhirnya, rasa sakit karena masalah di area mulut akan berkurang drastis, dan Anda akan lebih nyaman saat makan, berbicara, dan juga tersenyum.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

30 Tahun di Indonesia, AQUA Japan Hadirkan AC Sekaligus Air Purifier

AQUA Japan meluncurkan AC terbaru WXW Series AQA – KRV10WXW, bukan hanya sebagai penyejuk udara namun sebagai air purifier.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Transisi Endemi, Bisnis Kecantikan dan Skincare Melesat

Bisnis kecantikan dan perawatan kulit atau skincare diyakini akan terus meningkat di masa transisi endemi Covid-19.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Karya Desain Interior Arkadia Works Mendunia Melalui Batik

The Tales of Batik merupakan konsep desain dari Arkadia Works yang diterapkan untuk kantor Concentrix.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Buka Cabang di Serang, Kasoem Vision Care Berikan Pemeriksaan Penglihatan

Kasoem Vision Care memberikan layanan pemeriksaan pengelihatan saat menggelar grand opening store di Mall of Serang, Serang, Banten, Minggu (2/10/2022)

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Asus ExpertBook B7 Flip, Laptop dengan Slot SIM Card 5G

Asus memiliki varian laptop bisnis ExperBook B7 Flip yang dibekali dengan slot sim card untuk menghadirkan konektivitas 5G.

LIFESTYLE | 30 September 2022

Konten Prank Baim Wong soal KDRT Rendahkan Institusi Polisi

Artis Baim Wong dan Paula Verhouven tengah menjadi sorotan dan membuat geram warganet usai keduanya membuat konten prank KDRT.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

14 Tahun di Indonesia, Happycall Terus Kembangkan Teknologi Mutakhir

Happycall memasuki pasar Indonesia pada 2008 dan tahun ini menandai hari jadi happycall Indonesia yang ke-14 yang jatuh pada 30 September 2022.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Buat Konten Prank KDRT, Baim Wong dan Paula Dihujat Warganet

Akun sosmed pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven menjadi bahan hujatan warganet karena membuat konten prank melaporkan KDRT ke kepolisian.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Hari Batik Nasional 2022, PPI DKI Jakarta Gelar Parade 100 Perempuan Berkebaya

Memperingati Hari Batik Nasional 2022, PPI DKI Jakarta menggelar Parade 100 Perempuan Berkebaya di Mall Kasablanka.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan Jadi Trending Topics di Twitter

Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) di Kanjuruhan jadi perhatian warganet.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Gelar Rapat untuk Matangkan Persiapan KTT G-20

Jokowi Gelar Rapat untuk Matangkan Persiapan KTT G-20

NEWS | 17 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings