Logo BeritaSatu

Pengambilalihan Eijkman, BRIN Jadi Trending Topic di Twitter

Minggu, 2 Januari 2022 | 17:21 WIB
Oleh : Dwi Argo Santosa / DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menjadi salah satu trending topic di Twitter setelah munculnya kabar ketidakpastian status kepegawaian para peneliti Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman.

Sejatinya pengambilalihan LBM Eijkman oleh BRIN sudah sejak 1 September 2021. Namun warganet ramai memperbincangkan setelah Tim Waspada Covid-19 Pusat Riset Biologi Molekuler Eijkman (Wascove) mengunggah kata perpisahan di akun Twitter Eijkman pada 31 Desember 2021.

Sejumlah netizen mencuitkan adanya seratus lebih karyawan, sebagian adalah para peniliti, yang bakal diberhentikan tanpa pesangon.

Hal ini terjadi karena aturan birokrasi di mana kedudukan LBM Eijkman selama ini bukan lembaga resmi pemerintah.

LBM Eijkman selama ini adalah lembaga penelitian pemerintah yang bergerak di bidang biologi molekuler dan bioteknologi kedokteran. Statusnya adalah sebuah unit proyek dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Hanya sebagian kecil karyawannya yang menyandang status pegawai negeri alias ASN. Selebihnya inilah yang oleh sejumlah netizen disebut bakal kena pemutusan hubungan kerja. Padahal di antara mereka ini bertahun-tahun bekerja di Eijkman.

Seperti cuitan @aik_arif, "Saya kenal dan pernah ke lapangan bareng dg beberapa. Mereka org2 hebat, banyak di antaranya lulusan kampus terbaik, dalam dan luar negeri di bidang yg dibutuhkan: biologi molekuler dan kedokteran."

Sedangkan akun @msaid_didu menyebut bahwa ada ribuan karyawan yang di-PHK -dengan tanda kutip- di lembaga yang dikoordinasikan oleh BRIN.

Keberadaan Lembaga Eijkman sendiri kini berada di bawah BRIN. Diawali dengan munculnya Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Perpres tersebut menyatakan bahwa seluruh lembaga penelitian harus diintegrasikan ke dalam BRIN.

Lantas BRIN pun membuat Peraturan Kepala BRIN Nomor 1 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja BRIN.

Menurut Kepala BRIN Laksana Tri Handoko, berdasarkan aturan tersebut maka empat lembaga pemerintah non kementerian berintegrasi dengan Kemristek/BRIN terhitung sejak 1 September 2021.

Keempat lembaga tersebut adalah Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

LBM Eijkman yang semula ada di bawah Kemenristekdikti otomatis diambil alih BRIN.

Status LBM Eijkman kemudian dilembagakan menjadi unit kerja resmi. “Menjadi Pusat Riset Biologi Molekuler Eijkman di bawah Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Hayati,” kata Laksana Tri Handoko, Sabtu (1/1/2022).

Pada 28 Desember 2021 lalu, Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman periode 2014-2021 Amin Soebandrio menyerahkan pengelolaan lembaga LBM Eijkman kepada Pelaksana Tugas Kepala Pusat Riset Biologi Molekuler Eijkman Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Wien Kusharyoto.

"Mulai hari ini saya menyerahkan hak, tanggung jawab dan kewajiban pengelolaan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman kepada Pelaksana tugas Kepala Pusat Riset Biologi Molekuler Eijkman Wien Kusharyoto," kata Amin di Jakarta, Selasa (28/12/2021) seperti dikutip Antara.

Pengambilalihan Eijkman, BRIN Jadi <em>Trending Topic</em> di Twitter
Penyerahan pengelolaan LBM Eijkman ke BRIN, Selasa (28/12/2021). (Antara)

Amin waktu itu tidak menyebut mengenai PHK. Ia hanya mengemukakan bahwa beberapa penyesuaian akan dilakukan setelah penggabungan Lembaga Eijkman ke BRIN.

"Kita berharap dengan perubahan ini tidak akan menyurutkan semangat kita untuk terus berkarya dan bekerja," katanya.

Amin berpesan kepada para periset di Lembaga Eijkman agar tidak berhenti berkarya karena peneliti bisa melakukan penelitian dan berkarya di mana saja. "Karena yang penting bukan tempat, fasilitasnya, tapi manusianya yang akan menentukan keberhasilan dari suatu usaha," tutur Amin.

Pengambilalihan Eijkman, BRIN Jadi <em>Trending Topic</em> di Twitter
Amin Soebandrio. (Antara)

Pelaksana Tugas Kepala Kepala Pusat Riset Biologi Molekuler Eijkman BRIN Wien Kusharyoto waktu itu menjelaskan bahwa setelah integrasi Eijkman ke BRIN maka secara otomatis semua periset yang sebelumnya bekerja di Lembaga Eijkman harus menjalankan aktivitas riset sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang baru. "Kita perlu melangkah maju," kata Wien.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Satgas Covid-19: Kebijakan PPKM Dicabut Akhir Tahun Ini

Satgas Covid-19 memperkirakan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dicabut pada akhir tahun ini.

NEWS | 27 Mei 2022

Kementan Tingkatkan Kualitas Petani dan Penyuluh di Kalbar

Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan peningkatan kapasitas dan kompetensi penyuluh pertanian di berbagai daerah, termasuk di Melawi, Kalimantan Barat.

NEWS | 27 Mei 2022

Singapura dan Jepang Kerja Sama Transformasi Digital

Singapura dan Jepang telah menandatangani dua perjanjian bilateral termasuk peningkatan transformasi digital pada Kamis (26/5/2022).

NEWS | 27 Mei 2022

Lumpuhkan Perampok yang Bawa Bom, Ini Aksi Heroik para Satpam BRI

Satpam BRI di Majalengka, Jawa Barat baru-baru ini berhasil menggagalkan upaya perampokan dengan ancaman bom rakitan.

NEWS | 27 Mei 2022

Bulgaria Gunakan Anjing dan Kekerasan untuk Usir Pengungsi

Bulgaria menggunakan anjing polisi dan kekerasan lainnya untuk mendorong pengungsi ilegal kembali ke Turki.

NEWS | 27 Mei 2022

Kapolri Komitmen Bangun Ruang Demokrasi yang Positif

Kapolri menegaskan, Polri terus berkomitmen dan berbenah memperbaiki diri dalam memberikan wadah atau membangun ruang demokrasi bagi masyarakat.

NEWS | 27 Mei 2022

Kabar Duka untuk Bangsa, Buya Ahmad Syafii Maarif Meninggal Dunia

Tokoh bangsa dan Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Buya Ahmad Syafii Maarif meninggal dunia.

NEWS | 27 Mei 2022

Kemenlu Pastikan Pencarian Anak Ridwan Kamil Terus Dilanjutkan

Kemenlu memastikan pencarian anak Ridwan Kamil yakni Emmiril Khan Mumtadz yang hilang saat berenang di Sungai Aare akan terus dilanjutkan.

NEWS | 27 Mei 2022

2 Tahun Ditiadakan, Pemkot Bekasi Kembali Gelar Car Free Day

Seperti biasa, pelaksanaan kegiatan car free day dilakukan di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan hingga Bundaran Summarecon Bekasi, Bekasi Utara.

NEWS | 27 Mei 2022

Al Shabab Masih Jadi Ancaman Pemerintah Baru Somalia

Kelompok milisi Al Shabab masih menjadi ancaman bagi pemerintah baru Somalia. Ancaman berkisar di tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh para pejabat.

NEWS | 27 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Satgas Covid-19: Kebijakan PPKM Dicabut Akhir Tahun Ini

Satgas Covid-19: Kebijakan PPKM Dicabut Akhir Tahun Ini

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings