Logo BeritaSatu
Peresmian 6 Rumah Ibadah di Universitas Pancasila

Wapres: Toleransi Kunci Rawat Keberagaman

Rabu, 5 Januari 2022 | 16:28 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / JEM

Jakarta, Beritasatu.comWakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin mengatakan, pluralitas agama di Indonesia merupakan suatu keniscayaan yang harus disyukuri dan pelihara. Keberagaman ini harus dirawat dengan pengetahuan dan toleransi sehingga menjadi kekayaan luar biasa yang jarang dimiliki bangsa lain di dunia.

“Toleransi adalah kuncinya. Toleransi membimbing kita pada moderasi beragama sehingga terhindar dari fanatisme yang dapat mengarah pada fundamentalisme, radikalisme maupun ekstremisme,” kata Wapres KH Ma’ruf Amin saat meresmikan enam rumah ibadah Universitas Pancasila, di Universitas Pancasila (UP), Jakarta, Rabu (5/1/2022).

Hadir dalam acara peresmian tersebut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila Siswono Yudo Husodo, Rektor Universitas Pancasila Prof Edie Toet Hendratno serta civitas academica Universitas Pancasila lainnya.

Wapres menyampaikan, toleransi di Indonesia bukan merupakan gagasan baru, karena toleransi telah diperkenalkan para pendiri bangsa sejak dulu, di mana salah satunya tercantum dalam Pancasila.

“Toleransi bukanlah gagasan baru. Toleransi telah menjadi warisan budaya adiluhung bangsa Indonesia yang telah hidup dan membersamai kita sejak ratusan tahun silam,” ujarnya.

Pancasila, lanjutnya, adalah titik temu antarberbagai latar belakang kemajemukan yang ada di Tanah Air.

“Pancasila lahir dari semangat untuk mempersatukan berbagai bentuk kemajemukan di tanah air, mulai dari budaya, bahasa, suku, etnis, hingga keberagaman agama,” kata Wapres.

Di sisi lain, lanjut Wapres, pembangunan rumah ibadah agama-agama yang berdekatan pada satu area merupakan salah satu bentuk pengamalan nilai luhur Pancasila dalam mengokohkan toleransi antarumat.

Ia berharap agar hal ini tidak hanya dijadikan sebagai simbol toleransi semata namun juga sebagai bentuk memperkuat sinergi lintas agama.

“Saya harapkan tidak hanya menjadi simbol toleransi dan cerminan sikap saling menghargai. Namun lebih dari itu, juga memudahkan koordinasi dan kerja sama lintas agama serta menjadi perekat persatuan bangsa,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Wapres secara khusus berpesan kepada seluruh civitas academica Universitas Pancasila untuk memanfaatkan rumah ibadah ini sebagai salah satu sarana dalam mewujudkan generasi unggul.

“Saya berharap seluruh civitas academica Universitas Pancasila dapat memanfaatkan rumah-rumah ibadah ini sebaik-baiknya dalam mendukung upaya untuk mencetak generasi muda Indonesia yang memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), iman dan takwa, serta akhlak mulia,” kata Wapres.

Universitas Pancasila membangun enam tempat peribadatan, yaitu Masjid At Taqwa , Klenteng (Konghucu), Graha Layanan Kristen (Protestan), Gereja Kristen Katolik, Pura (Hindu), dan Vihara (Budha) yang letak bangunannya saling berdampingan di lingkungan kampus tersebut.

Pembangunan rumah ibadah itu diinisiasi oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila Siswono Yudo Husodo. Rumah ibadah yang ada di UP letaknya saling berdekatan antara satu dengan yang lainnya, yang diharapkan dapat semakin menumbuhkan rasa kepedulian dan saling pengertian antara seluruh Sivitas Akademika UP yang memiliki kepercayaan beragam, sehingga dapat menumbuhkan rasa toleransi antarumat beragama.

Rektor Universitas Pancasila Prof Edie Toet Hendratno mengatakan UP menyandang nama besar Pancasila yang juga merupakan ideologi negara, tentunya menjadi tanggung jawab tersendiri bagi UP untuk mengimplementasikan tiap butir dari lima sila yang ada, salah satunya yaitu rumah ibadah yang menjadi simbol kerukunan dan toleransi beragama yang ada di Indonesia sejak dahulu.

Dari sekitar 4.000 perguruan tinggi yang ada di Indonesia, kata dia, UP menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta yang memiliki enam rumah ibadah.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

DPR Minta KPU-Bawaslu Lakukan Simulasi Masa Kampanye 75 Hari

DPR meminta KPU dan Bawaslu untuk melakukan simulasi masa kampanye 75 hari pada Pemilu 2024.

NEWS | 17 Mei 2022

Terjerat Kasus Minyak Goreng, Ini Prestasi Lin Che Wei

Penasihat kebijakan atau analis Independent Research & Advisory Indonesia Lin Che Wei menambah daftar orang yang terjerat perkara minyak goreng.

NEWS | 17 Mei 2022

KPK Cecar Boyamin Saiman soal Kepengurusan PT Bumi Rejo

Boyamin Saiman telah selesai menjalani pemeriksaan di gedung Merah Putih KPK, Jakarta terkait kasus dugaan TPPU Buhdi Sarwono.

NEWS | 17 Mei 2022

Pra-KTT Y20 III di Balikpapan Bahas Planet Bekelanjutan

Provinsi Kalimantan Timur menjadi tuan rumah dalam Presidensi G-20 Indonesia. Lewat group resminya, Youth-20 (Y20) akan membahas planet berkelanjutan.

NEWS | 17 Mei 2022

Kejagung Periksa 5 Auditor Ditjen Bea Cukai Kemenkeu

Penyidik Jampidsus Kejaksaan Agung (Kejagung) memeriksa lima auditor dari Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan.

NEWS | 17 Mei 2022

Kursi Sekutu Hizbullah Tergerus di Pemilu Lebanon

Sekutu Hizbullah diproyeksikan kehilangan kursi dalam pemilihan umum Lebanon. Beberapa kandidat anti-kemapanan merebut kursi dalam pemilihan pertama

NEWS | 17 Mei 2022

Singapura dan Uni Afrika Saling Akui Sertifikat Vaksinasi Covid

Singapura dan Uni Afrika (AU) akan mulai saling mengakui sertifikat vaksinasi Covid-19 digital mulai Senin (23/5/2022)

NEWS | 17 Mei 2022

Menkominfo Harap Paket Bali Jadi Tonggak Pemulihan Ekonomi

Menkominfo Johnny G Plate berharap pembahasan Rancangan Deklarasi Menteri Digital atau Paket Bali, menjadi tonggak pemulihan pasca pandemi Covid-19.

NEWS | 17 Mei 2022




TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DPR Minta KPU-Bawaslu Lakukan Simulasi Masa Kampanye 75 Hari

DPR Minta KPU-Bawaslu Lakukan Simulasi Masa Kampanye 75 Hari

NEWS | 1 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings