Logo BeritaSatu

Lapas Semarang Pindahkan 41 Narapidana Narkoba ke Nusakambangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 22:29 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Sebanyak 41 narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang dipindahkan ke Lapas Khusus Kelas IIA Karanganyar, Nusakambangan, Minggu (16/1/2022) tengah malam. Pelaksanaan redistribusi narapidana ini dilakukan menyusul tingkat hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Semarang telah melebihi kapasitas dan pertimbangan Lapas Khusus Karanganyar memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Pemindahan dilakukan secara tiba-tiba dengan mengklasifikasikan narapidana kasus narkoba kategori bandar dan pengedar narkoba. Para narapidana dibawa ke Lapas Khusus Karanganyar sekitar pukul 00.30 WIB dengan menggunakan bus besar dan dikawal ketat oleh petugas dan aparat kepolisian sesuai standar operasional prosedur.

Kepala Lapas Semarang, Supriyanto, mengatakan redistribusi 41 narapidana ini untuk menindaklanjuti surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah dalam rangka pembinaan, keamanan, dan pengurangan over capacity di lapas, termasuk Lapas Semarang.

"Kapasitas hunian sebenarnya 663 orang, tapi per hari ini penghuni mencapai 1.706 orang yang terdiri dari narapidana dan tahanan. Hampir setiap hari kami menerima pengiriman tahanan dari aparat penegak hukum," jelas Supriyanto dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Minggu (16/1/2022).

Jumlah penghuni yang melebihi kapasitas ini dinilai tidak bagus untuk pengamanan di Lapas Semarang. Apalagi, kekuatan regu jaga hanya sebanya 17 orang. Dengan kata lain, seorang petugas jaga Lapas Semarang harus mengawal sekitar 100 orang dan petugas harus menjaga 1.706 orang lebih.

"Pemindahan ini juga bertujuan memutus mata rantai jaringan narkoba yang dilakukan narapidana di lapas," kata Supriyanto.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kursi Sekutu Hizbullah Tergerus di Pemilu Lebanon

Sekutu Hizbullah diproyeksikan kehilangan kursi dalam pemilihan umum Lebanon. Beberapa kandidat anti-kemapanan merebut kursi dalam pemilihan pertama

NEWS | 17 Mei 2022

Singapura dan Uni Afrika Saling Akui Sertifikat Vaksinasi Covid

Singapura dan Uni Afrika (AU) akan mulai saling mengakui sertifikat vaksinasi Covid-19 digital mulai Senin (23/5/2022)

NEWS | 17 Mei 2022

Menkominfo Harap Paket Bali Jadi Tonggak Pemulihan Ekonomi

Menkominfo Johnny G Plate berharap pembahasan Rancangan Deklarasi Menteri Digital atau Paket Bali, menjadi tonggak pemulihan pasca pandemi Covid-19.

NEWS | 17 Mei 2022





Rekam Jejak Lin Che Wei Tersangka Baru Kasus Minyak Goreng

Lin Che Wei telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi terkait izin ekspor crude palm oil dan turunannya oleh Kejagung.

NEWS | 17 Mei 2022




TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kursi Sekutu Hizbullah Tergerus di Pemilu Lebanon

Kursi Sekutu Hizbullah Tergerus di Pemilu Lebanon

NEWS | 14 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings