Logo BeritaSatu

Tingkatkan Daya Tarik Zakat, Jokowi Dorong Baznas Lakukan Terobosan

Senin, 17 Januari 2022 | 17:24 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / YUD

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melakukan terobosan dan cara baru untuk menarik minat masyarakat dalam berzakat. Karena Jokowi meyakini masih banyak potensi zakat yang belum tergali.

“Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, saya yakin potensi zakat kita yang belum tergali masih sangat besar. Ditengah disrupsi teknologi yang sangat cepat, baznas harus melakukan lebih banyak terobosan-terobosan, mengembangkan cara-cara baru untuk menarik minat masyarakat dalam berzakat,” kata Jokowi dalam sambutannya di acara Baznas Award 2022, Senin (17/1/2022).

Selain itu, Jokowi juga mendorong Baznas menciptakan berbagai inovasi dan pelayanan dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dan mempercepat digitalisasi sehingga layanan zakat semakin cepat dan semakin mudah.

Kemudian, Baznas juga harus membangun tata kelola yang semakin terbuka, semakin transparan, profesional, serta akuntabel. Dengan budaya kerja yang melayani dan didukung oleh SDM yang profesional dan kredibel.

“Saya yakin dengan adaptasi teknologi yang cepat dan juga pembangunan budaya kerja yang profesional, Baznas akan tumbuh semakin maju dan modern menjadi institusi yang terpercaya dalam pengumpulan zakat, dan menjadi motor utama dalam ikhtiar bersama untuk menyejahterakan umat,” ujar Jokowi.

Kendati demikian, Jokowi mengingatkan penyaluran zakat juga harus dilakukan dengan tepat sasaran agar memberikan dampak signifikan bagi peningkatan kesejahteraan umat, juga dapat meningkatkan aktivitas perekonomian, dan mengatasi berbagai masalah-masalah sosial, termasuk membantu mengentaskan masalah kemiskinan.

Apalagi dalam 7 tahun terakhir ini, lanjut Jokowi, pemerintah fokus dalam upaya mengurangi pengangguran dengan membuka lapangan kerja baru yang sebanyak-banyaknya.

Hal ini akan berdampak signifikan untuk menekan angka ketimpangan sosial, serta menurunkan angka kemiskinan terutama angka kemiskinan ekstrem yang saat ini berada di kisaran 4% atau 10,4 juta jiwa. Pemerintah menargetkan angka kemiskinan ekstrem dapat diturunkan menjadi 0% di 2024.

“Karena itu saya berharap Baznas mampu menciptakan program-program zakat yang relevan dan kebutuhan penguatan ekonomi umat,” terang Jokowi.

Ia juga mengharapkan Baznas ikut berperan untuk mendorong pengembangan UMKM, memberikan pendampingan dan layanan untuk mendorong tumbuhnya usaha-usaha produktif sehingga UMKM bisa naik kelas. “Yang mikro dan kecil bisa berkembang menjadi menengah, yang menengah bisa tumbuh menjadi besar,” tutur Jokowi.

Di masa pandemi ini, Jokowi menegaskan Baznas harus menjadi bagian dari ikhtiar bersama untuk membantu umat dalam mengatasi situasi yang sulit, memperkuat solidaritas antarsesama, menolong yang sedang dalam kesulitan, dan mengajak umat untuk bangkit menjadi kekuatan ekonomi baru makin produktif dan berdaya saing.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini memberikan apresiasi kepada Baznas yang terus mengajak dan memfasilitasi masyarakat untuk terus berzakat, membangkitkan kesadaran masyarakat untuk berbagi rezeki dan kebahagiaan kepada masyarakat yang membutuhkan. Serta telah meningkatkan kepedulian sosial dan solidaritas masyarakat dengan saling berbagi dan peduli serta memperkuat ekonomi umat.

“Saya menyampaikan selamat ulang tahun ke-21 kepada Badan Amil Zakat Nasional, Baznas. Semoga usia yang terus bertambah, Baznas akan tumbuh semakin kuat, terpercaya dan modern,” tutur Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penembakan di Sekolah Dasar Texas, 21 Orang Tewas

Penembakan di sekolah dasar Texas, Amerika Serikat (AS) mengakibatkan 21 orang tewas. Pelaku seorang pemuda bersenjata berusia 18 tahun.

NEWS | 25 Mei 2022

Ke Bali, Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan GPDRR 2022

Presiden Jokowi akan menghadiri upacara pembukaan The 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Bali.

NEWS | 25 Mei 2022

200 Mayat Ditemukan di Reruntuhan Bangunan Mariupol

Sejumlah 200 mayat ditemukan di ruang bawah tanah satu gedung apartemen yang hancur di Mariupol, Ukraina.

NEWS | 25 Mei 2022

580 Ekor Bulus Karapas Lunak Dilepasliarkan di Sungai Mekong

Sekitar 580 tukik bulus karapas lunak raksasa Cantor yang terancam punah dibebaskan ke alam liar di sepanjang Sungai Mekong di provinsi Kratie, Kamboja

NEWS | 25 Mei 2022

Waspada, Cacar Monyet Bisa Menular Lewat Cairan Tubuh

Masa inkubasi cacar monyet biasanya 6 sampai 16 hari tetapi dapat mencapai 5 sampai 21 hari. 

NEWS | 25 Mei 2022

Penanganan PMK di Lombok Timur Berbasis Kearifan Lokal

Strategi komunikasi penanganan PMK di Lombok Timur melibatkan pemuka agama dan menggunakan pengeras suara masjid yang ada di desa-desa.

NEWS | 25 Mei 2022

Jerman Desak Hungaria Sepakati Embargo Minyak Rusia

Jerman mendesak Hungaria menyepakati embargo minyak Rusia. keputusasaan Jerman atas penolakan beberapa negara Eropa terhadap embargo minyak Rusia terungkap

NEWS | 25 Mei 2022

Tak Perlu Panik, Pakar IPB Tegaskan PMK Bisa Dikendalikan

Pakar IPB Denny W Lukman mengatakan bahwa penyakit mulut dan kuku (PMK) bisa dikendalikan secara terukur.

NEWS | 25 Mei 2022

Epidemiolog: Kebijakan Pemerintah Tangani PMK Sudah Tepat

Upaya pencegahan PMK oleh pemerintah dinilai tepat mengingat penularan PMK bisa melalui kontak langsung bahkan melalui udara.

NEWS | 25 Mei 2022

Mendagri: Pembangunan Perbatasan Perkuat Pertahanan Indonesia

Mendagri Tito Karnavian menegaskan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan merupakan langkah Pemerintah dalam percepatan pembangunan kawasan perbatasan.

NEWS | 25 Mei 2022


TAG POPULER

# BRI Majalengka


# Perumahan Pantai Mutiara


# UU PPP


# UAS


# Harga CPO


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penembakan di Sekolah Dasar Texas, 21 Orang Tewas

Penembakan di Sekolah Dasar Texas, 21 Orang Tewas

NEWS | 16 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings