Logo BeritaSatu

Menko PMK: Upaya Pengentasan Kemiskinan Ekstrem Semakin Sulit

Sabtu, 19 Maret 2022 | 22:37 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan saat ini kemiskinan ekstrem di Indonesia semakin sulit. Padahal, angka kemiskinan ekstrem di Indonesia tersisa 9%.

“Makin dikit yang miskin bukan semakin mudah, justru semakin sulit untuk dihilangkan. Ibarat nasi liwet, ini adalah keraknya yang harus didatangi satu-satu,” ujar Muhadjir saat mengunjungi salah satu wilayah yang merupakan kantong kemiskinan ekstrem yakni di Desa Wajak, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (19/3/2022).

Advertisement

Berdasar keterangan pers tertulis diterima Beritasatu.com, dalam kunjungannya, Muhadjir menemukan beberapa masalah kemiskinan ekstrem yang terjadi di daerah tersebut seperti banyaknya kondisi rumah yang tidak layak huni dan masih ada warga yang belum mendapat bantuan sosial (bansos).

“Tadi kita sudah lihat contoh konkret dengan berbagai permasalahan. Ada yang satu rumah tidak sampai 3x3 meter diisi oleh tujuh orang, ada juga yang belum daftar BPJS padahal pemerintah sudah menyediakan gratis untuk warga miskin,” ungkapnya.

Untuk itu, Muhadjir menginstruksikan kepala desa dan camat lebih rajin mendatangi warganya yang miskin ekstrem untuk didata.

“Hal ini bertujuan agar warga bisa mendapatkan bansos dan layanan kesehatan dari pemerintah,” katanya.

Muhadjir memastikan akan berkoordinasi dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melaksanakan program Kotaku atau kota tanpa kumuh di Desa Wajak. Hal ini lantaran, lingkungan di sekitar Desa Wajak dirasa kumuh. Padahal, Desa Wajak merupakan ibu kota kecamatan.

“Wajak ini ibu kota kecamatan tapi kumuh sekali. Saya akan minta bantuan Kementerian PUPR dalam anggaran untuk dibantu program Kotaku,” kata Muhadjir menambahkan.

Berdasarkan laporan data dari Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kementerian Koordinator PMK, dari total penduduk 16.123 jiwa, sebanyak 1.071 keluarga penerima manfaat (KPM) program sembako yang sudah terdata. Sementara untuk bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) sebanyak 143 KPM dan program keluarga harapan (PKH) sebanyak 331 KPM.

Pada saat mengunjungi desa Wajak, Muhadjir juga turut membagikan paket bansos dari PMK Peduli sebanyak 40 paket sembako, dari Baznas Kabupaten Malang sebanyak 40 paket, dan Rumah Zakat Kota Malang sebanyak 100 kaleng kornet sebagai wujud kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menekankan pengentasan kemiskinan ekstrem bukan hanya tugas Kemenko PMK, melainkan tugas bersama.

“Tahun 2024, presiden menargetkan nol persen untuk miskin ekstrem. Maka dari itu kita harus kerja habis-habisan untuk turun ke lapangan langsung, jangan gengsi, jangan jaga image, dan jangan cari pencitraan. Kita harus kerja tulus,” tegasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kibarkan Bendera Merah Putih di Ujung Perbatasan

Jelang HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77, Satgas Yonif 126 menggelar pengibaran bendera Merah Putih di Kampung Somografi, Kabupaten Keerom, Papua.

NEWS | 15 Agustus 2022

Usut Pemicu Penembakan Brigadir J, Timsus ke Magelang

Timsus berangkat ke agelang guna mengusut pemicu peristiwa penembakan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J

NEWS | 15 Agustus 2022

5 Tewas Akibat Ledakan di Ekuador, Diduga Aksi Geng Narkoba

Lima orang tewas dan 16 luka-luka di kota pelabuhan Guayaquil, Ekuador, dalam serangan yang dituduh pemerintah dilakukan geng narkoba.

NEWS | 15 Agustus 2022

Putin: Rusia Bakal Perluas Hubungan Bilateral dengan Korea Utara

Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bahwa kedua negara akan memperluas hubungan bilateral yang komprehensif.

NEWS | 15 Agustus 2022

Warga Subang hingga Karawang Deklarasi Dukung Erick Thohir

Sobat Erick di Kabupaten Subang dan Kabupaten Karawan menggandeng sejumlah masyarakat dan komunitas untuk mendukung Erick Thohir

NEWS | 15 Agustus 2022

Menko PMK Serahkan Bendera IOI 2023 kepada Hungaria

Menko PMK, Muhadjir Effendy menyerahkan bendera secara estafet penyelenggaraan IOI ke-35 kepada Hungaria.

NEWS | 15 Agustus 2022

Keren, Indonesia Raih 8 Medali di Olimpiade Informatika 2022

Indonesia berhasil meraih delapan medali dalam ajang International Olympiad on Informatics (IOI) atau Olimpiade Informatika ke-34.

NEWS | 15 Agustus 2022

Komnas HAM Undur Waktu Tinjau TKP Tewasnya Brigadir J

Komnas HAM mengubah jadwal kedatangan ke tempat kejadian perkara (TKP) tewasnya Brigadir J dari pagi ini menjadi sore hari.

NEWS | 15 Agustus 2022

Prakiraan Cuaca, Sebagian Jakarta Bakal Diguyur Hujan

Menurut prakiraan cuaca BMKG, sebagian wilayah Jakarta bakal diguyur hujan ringan hingga sedang pada Senin (15/8/2022).

NEWS | 15 Agustus 2022

Pendaftaran Ditutup, KPU Tegaskan Parpol Tak Bisa Lengkapi Dokumen Lagi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menutup rangkaian pendaftaran partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024, Minggu (14/8/2022) pukul 23.59 WIB.

NEWS | 15 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kibarkan Bendera Merah Putih di Ujung Perbatasan

Kibarkan Bendera Merah Putih di Ujung Perbatasan

NEWS | 14 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings