Logo BeritaSatu

Bank Dunia: Akibat Invasi Rusia, Ekonomi Ukraina Susut 45 Persen

Selasa, 12 April 2022 | 14:12 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

London, Beritasatu.com- Bank Dunia menyatakan ekonomi Ukraina akan menyusut 45,1% tahun ini karena invasi Rusia. Seperti dilaporkan AP, Senin (11/4/2022), invasi Rusia telah menutup setengah dari bisnis Ukraina, menghentikan impor dan ekspor, dan merusak sejumlah besar infrastruktur penting.

“Sanksi keuangan dan ekspor yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dikenakan oleh sekutu Barat sebagai tanggapan atas perang, sementara itu, menjerumuskan Rusia ke dalam resesi yang dalam, memotong lebih dari sepersepuluh dari pertumbuhan ekonominya,” kata Bank Dunia lewat laporan Minggu.

Advertisement

“Perang akan menimbulkan dua kali lipat jumlah kerusakan ekonomi di seluruh Eropa dan Asia Tengah yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19,” kata pemberi pinjaman yang berbasis di Washington dalam laporan ekonomi “Perang di Kawasan”. Selain Ukraina, fokus laporan ini juga di Eropa Tengah dan Timur, bekas republik Soviet, negara-negara Balkan, dan Turki.

“Besarnya krisis kemanusiaan yang ditimbulkan oleh perang sangat mengejutkan. Invasi Rusia memberikan pukulan besar bagi ekonomi Ukraina dan telah menimbulkan kerusakan besar pada infrastruktur,” kata Anna Bjerde, wakil presiden Bank Dunia untuk kawasan Eropa dan Asia Tengah.

Laporan itu mengatakan kegiatan ekonomi tidak mungkin dilakukan di "wilayah luas" di Ukraina karena infrastruktur seperti jalan, jembatan, pelabuhan, dan rel kereta api telah hancur.

Menurut laporan Bank Dunia, Ukraina memainkan peran utama sebagai pemasok global ekspor pertanian seperti gandum tetapi itu dipertanyakan sekarang karena penanaman dan panen telah terganggu oleh perang, kata laporan itu. Perang telah memutus akses ke Laut Hitam, rute utama untuk ekspor, termasuk 90% dari pengiriman gandum Ukraina.

“Perang memiliki dampak yang menghancurkan pada kehidupan manusia dan menyebabkan kehancuran ekonomi di kedua negara, dan akan menyebabkan kerugian ekonomi yang signifikan di kawasan Eropa dan Asia Tengah dan seluruh dunia,” kata laporan itu.

Belarus, Kirgistan, Moldova, dan Tajikistan juga diperkirakan akan meluncur ke dalam resesi tahun ini, sementara proyeksi pertumbuhan ekonomi telah dipotong untuk ekonomi lain di kawasan itu karena efek riak perang.

Bank Dunia menyatakan bencana kemanusiaan adalah gelombang kejut awal terbesar dari perang dan kemungkinan akan menjadi warisan yang paling abadi, karena gelombang pengungsi yang melarikan diri dari Ukraina diantisipasi untuk mengerdilkan krisis sebelumnya.

Lebih dari 4 juta orang telah meninggalkan Ukraina, dengan lebih dari setengahnya pergi ke Polandia dan lainnya menuju ke negara-negara seperti Moldova, Rumania, dan Hongaria. Tambahan 6,5 juta telah mengungsi secara internal. Angka-angka itu diperkirakan akan membengkak saat perang berlanjut, kata Bank Dunia.

Laporan itu mengeluarkan peringatan keras bahwa perang akan meningkatkan kemiskinan di kawasan itu karena resesi dan inflasi harga pangan. Di luar krisis kemanusiaan, Bank Dunia menyatakan perang juga memberikan pukulan yang cukup besar bagi ekonomi global melalui berbagai saluran.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KAI Purwokerto Terapkan Aturan Baru Penumpang KA Jarak Jauh

PT KAI Daop Purwokerto mulai 15 Agustus mewajibkan penumpang KA Jarak jauh yang belum vaksinasi Covid-19 dosis ketiga menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR.

NEWS | 15 Agustus 2022

East Ventures Jadi Donatur Inisiatif Bioteknologi Kemenkes

East Ventures turut mendukung peluncuran Biomedical & Genome Science Initiative (BGSi) yang merupakan inisiatif dari Kemenkes.

NEWS | 15 Agustus 2022

Hari Ini Polisi Limpahkan Berkas Roy Suryo ke Kejaksaan

Polda Metro Jaya melimpahkan berkas perkara Roy Suryo selaku tersangka kasus meme stupa Candi Borobudur ke Kejaksaan hari ini, Senin (15/8/2022).

NEWS | 15 Agustus 2022

Kali Ciliwung Meluap, Permukiman di Kebon Pala Terendam

Banjir luapan Kali Ciliwung merendam permukiman warga di RW 04 & 05 Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (15/8/2022)

NEWS | 15 Agustus 2022

24 Parpol Lolos Pendaftaran Calon Peserta Pemilu 2024, Ada 9 Parpol Baru

KPU telah menutup pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2024. Ada 40 parpol yang mendaftar dengan perincian 24 parpol yang dokumennya dinyatakan lengkap.

NEWS | 15 Agustus 2022

Rabu, DKI Gelar Upacara Peringatan HUT RI di Monas

Pemprov DKI Jakarta akan mengadakan upacara HUT RI ke-77 di lapangan Monas, Rabu (17/8/2022).

NEWS | 15 Agustus 2022

PKB Komitmen Jadi Rumah Besar Kebangsaan Rakyat Indonesia

PKB menegaskan berkomitmen merawat semangat kebangsaan serta menjadi pelopor dan garda terdepan untuk menjaga kemajemukan bangsa Indonesia.

NEWS | 15 Agustus 2022

Kibarkan Bendera Merah Putih di Ujung Perbatasan

Jelang HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77, Satgas Yonif 126 menggelar pengibaran bendera Merah Putih di Kampung Somografi, Kabupaten Keerom, Papua.

NEWS | 15 Agustus 2022

Usut Pemicu Penembakan Brigadir J, Timsus ke Magelang

Timsus berangkat ke agelang guna mengusut pemicu peristiwa penembakan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J

NEWS | 15 Agustus 2022

5 Tewas Akibat Ledakan di Ekuador, Diduga Aksi Geng Narkoba

Lima orang tewas dan 16 luka-luka di kota pelabuhan Guayaquil, Ekuador, dalam serangan yang dituduh pemerintah dilakukan geng narkoba.

NEWS | 15 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
East Ventures Jadi Donatur Inisiatif Bioteknologi Kemenkes

East Ventures Jadi Donatur Inisiatif Bioteknologi Kemenkes

NEWS | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings