Logo BeritaSatu

Becak Listrik di Sudan Pangkas Biaya dan Dukung Lingkungan

Sabtu, 7 Mei 2022 | 14:35 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Khartoum, Beritasatu.com- Becak listrik di Sudan telah memangkas biaya transportasi dan mendukung lingkungan. Seperti dilaporkan AFP, Rabu (4/5/2022), biaya pengoperasian mesin berbahan bakar minyak di Sudan telah melonjak.

Pengusaha Sudan Mohamed Samir menyaksikan dengan bangga para pekerja merakit becak berwarna mencolok, unik di negara Afrika Utara karena mereka menggunakan listrik dalam upaya untuk mengatasi biaya yang melonjak.

Advertisement

Di Sudan, kendaraan roda tiga yakni becak tuk-tuk untuk penumpang, dan sepeda motor becak dengan trailer yang terpasang untuk membawa barang. Becak listrik telah lama menjadi transportasi yang populer dan terjangkau. Puluhan ribu orang melintasi jalan-jalan ibu kota Khartoum sendirian.

Tetapi dengan Sudan dicengkeram oleh krisis ekonomi yang mengerikan yang diperparah oleh kerusuhan politik menyusul kudeta militer Oktober lalu, biaya pengoperasian mesin berbahan bakar minyak telah melonjak.

“Orang-orang yang menggunakan becak yang menggunakan bahan bakar sedang menderita, dan mereka tahu nilai dari apa yang kami tawarkan. Kami ingin menawarkan solusi,” kata insinyur berusia 44 tahun Samir di pabrik di Khartoum Utara.

Dalam satu laporan dari tahun 2020, Program Lingkungan PBB memperingatkan Ada dampak lingkungan yang kritis juga. Kendaraan bertenaga bensin yang berasap, selain memicu perubahan iklim, menyebabkan “kebisingan dan polusi udara yang signifikan”.

“Emisi dari kendaraan roda tiga mengurangi jarak pandang, menyebabkan kerusakan pada vegetasi dan menyebabkan penyakit pernapasan pada manusia,” tambahnya.

Samir mengatakan kendaraan listrik baru itu menandai tiga kotak tujuan pembangunan berkelanjutan PBB: Perang melawan kemiskinan, perlindungan kesehatan, dan perlindungan lingkungan.

“Itu juga membuat lebih sedikit kebisingan,” tambahnya.

Samir menghadapi tantangan berat selama bertahun-tahun untuk membangun dan menjalankan pabriknya, tetapi begitu dia membuka, bisnisnya menjadi cepat, menjual lebih dari 100 barang becak dan 12 becak penumpang sejak tahun lalu.

Biaya bahan bakar meningkat lebih dari dua kali lipat sejak kudeta. Selain itu, kelangkaan bahan bakar yang berulang telah membuat pengemudi mengantre berjam-jam di luar SPBU untuk mengisi tangki mereka.

Pengemudi mengeluh karena penghasilannya kurang dari yang mereka belanjakan. Itulah alasan utama penjual buah Bakry Mohamed menjual tuk-tuk bertenaga bensin lamanya dan membeli sepeda roda tiga listrik tahun lalu.

“Dulu harganya lebih mahal daripada yang dibawa. Ditambah lagi, saya harus khawatir di mana mencari bahan bakar, dan di mana harus mengganti oli mesin,” kata Mohamed, yang menggunakan kendaraannya untuk membawa kios buah-buahan di jalanan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Usut Pemicu Penembakan Brigadir J, Timsus ke Magelang

Timsus berangkat ke agelang guna mengusut pemicu peristiwa penembakan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J

NEWS | 15 Agustus 2022

5 Tewas Akibat Ledakan di Ekuador, Diduga Aksi Geng Narkoba

Lima orang tewas dan 16 luka-luka di kota pelabuhan Guayaquil, Ekuador, dalam serangan yang dituduh pemerintah dilakukan geng narkoba.

NEWS | 15 Agustus 2022

Putin: Rusia Bakal Perluas Hubungan Bilateral dengan Korea Utara

Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bahwa kedua negara akan memperluas hubungan bilateral yang komprehensif.

NEWS | 15 Agustus 2022

Warga Subang hingga Karawang Deklarasi Dukung Erick Thohir

Sobat Erick di Kabupaten Subang dan Kabupaten Karawan menggandeng sejumlah masyarakat dan komunitas untuk mendukung Erick Thohir

NEWS | 15 Agustus 2022

Menko PMK Serahkan Bendera IOI 2023 kepada Hungaria

Menko PMK, Muhadjir Effendy menyerahkan bendera secara estafet penyelenggaraan IOI ke-35 kepada Hungaria.

NEWS | 15 Agustus 2022

Keren, Indonesia Raih 8 Medali di Olimpiade Informatika 2022

Indonesia berhasil meraih delapan medali dalam ajang International Olympiad on Informatics (IOI) atau Olimpiade Informatika ke-34.

NEWS | 15 Agustus 2022

Komnas HAM Undur Waktu Tinjau TKP Tewasnya Brigadir J

Komnas HAM mengubah jadwal kedatangan ke tempat kejadian perkara (TKP) tewasnya Brigadir J dari pagi ini menjadi sore hari.

NEWS | 15 Agustus 2022

Prakiraan Cuaca, Sebagian Jakarta Bakal Diguyur Hujan

Menurut prakiraan cuaca BMKG, sebagian wilayah Jakarta bakal diguyur hujan ringan hingga sedang pada Senin (15/8/2022).

NEWS | 15 Agustus 2022

Pendaftaran Ditutup, KPU Tegaskan Parpol Tak Bisa Lengkapi Dokumen Lagi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menutup rangkaian pendaftaran partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024, Minggu (14/8/2022) pukul 23.59 WIB.

NEWS | 15 Agustus 2022

Wow! Tim IOI Indonesia Berhasil Rebut Delapan Medali

Tim Indonesia berhasil meraih delapan medali di ajang International Olympiad on Informatics (IOI) ke-34.

NEWS | 15 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
OneMed Tingkatkan Produksi Alat Kesehatan Anak Bangsa

OneMed Tingkatkan Produksi Alat Kesehatan Anak Bangsa

EKONOMI | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings