Logo BeritaSatu

Kursi Sekutu Hizbullah Tergerus di Pemilu Lebanon

Selasa, 17 Mei 2022 | 23:30 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beirut, Beritasatu.com- Sekutu Hizbullah diproyeksikan kehilangan kursi dalam pemilihan umum Lebanon. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Senin (16/5/2022), beberapa kandidat anti-kemapanan merebut kursi dalam pemilihan pertama sejak krisis ekonomi dan ledakan mematikan di Beirut 2020.

Hasil parsial menunjukkan perubahan keseimbangan kekuasaan di Parlemen, tempat Hizbullah dan sekutunya pernah menjadi mayoritas.

Di antara 76 pemenang yang diumumkan pada Senin (16/5) oleh Menteri Dalam Negeri Bassam Mawlawi setidaknya ada sembilan kandidat oposisi anti-kemapanan, termasuk Yassin Yassin, yang mengalahkan wakil ketua Elie Ferzli di distrik Bekaa II dan dan Mark Daou yang mengalahkan pemimpin Druze Talal Arslan di Chouf- Aley.

Tiga kandidat oposisi menerobos di distrik pegunungan Chouf-Aley, dengan ilmuwan lingkungan Najat Sailba dan profesor hukum Halime Kaakour bergabung dengan Daou di parlemen baru.

Sementara di distrik Metn, jurnalis Jad Ghosn nyaris meraih satu kursi, namun kalah 88 kursi.

Masih terlalu dini untuk menentukan apakah ada mayoritas yang jelas untuk kelompok mana pun di parlemen Lebanon yang beranggotakan 128 orang.

Meskipun jumlah pemilih nasional lebih rendah hanya 41 persen, proyeksi tidak resmi menunjukkan perubahan signifikan dalam keseimbangan kekuasaan di Parlemen, di mana Hizbullah dan sekutu yang didukung Iran pernah memegang mayoritas.

Sekutu utama Hizbullah non-Syiah diperkirakan akan menderita kekalahan, terutama Gerakan Patriotik Bebas, yang pernah memegang kursi Kristen terbesar di parlemen.

Pasukan Kristen Lebanon, satu partai yang memiliki hubungan dekat dengan Amerika Serikat dan Arab Saudi, diproyeksikan akan muncul sebagai partai Kristen terbesar di Parlemen.

Sementara itu, pihak berwenang terus berjuang untuk menghitung surat suara dari pemilihan hari Minggu karena keterlambatan logistik dan tuduhan kecurangan suara.

“Para hakim masih bekerja di distrik yang tersisa, dan akan bekerja semalaman untuk menyelesaikan hasilnya,” kata Mawlawi setelah mengumumkan hasil dari 47 kursi di tujuh dari 15 distrik.

Sementara itu, Gerakan Masa Depan Sunni yang didukung Saudi tidak mencalonkan diri sebagai anggota parlemen, setelah pemimpinnya, mantan Perdana Menteri Saad al-Hariri, mengundurkan diri dari politik awal tahun ini. Namun, partisipasi pemilih di daerah pemilihan kunci Sunni di seluruh negeri tetap aktif.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tjahjo Kumolo Dirawat, Jusuf Kalla Doakan Segera Sembuh

Wakil Presiden ke-10 Jusuf Kalla (JK) mendoakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo segera sembuh.

NEWS | 27 Juni 2022

Pengusaha di Lampung Diduga Jadi Korban Pembunuhan Berencana

Tarmizi Maherat, seorang pengusaha di Lampung diduga menjadi korban pembunuhan berencana. Korban ditemukan tak bernyawa di Bukit Danau Bekri, Lampung Tengah.

NEWS | 27 Juni 2022

Kasus Korupsi Garuda, Kejagung Ungkap Peran Emirsyah Satar

Kejagung menetapkan Emirsyah Satar sebagai tersangka kasus dugaan korupsi terkait pengadaan pesawat pada PT Garuda Indonesia.

NEWS | 27 Juni 2022

Vaksinasi Dosis Lengkap di Indonesia Capai 81 Persen

Capaian vaksinasi Covid-19 dosis lengkap di Indonesia hingga hari ini telah mencapai 168.860.843 dosis suntikan atau 81,07%.

NEWS | 27 Juni 2022

Ganjar Hadiri Pembukaan Borobudur Student Festival 2022

Pada pembukaan Borobudur Student Festival 2022, Gubernur Jawa Tengah mendadak ikut menyutradarai pertunjukan tari Maumere atau Gemu Fa Mire.

NEWS | 27 Juni 2022

Jaksa Agung Ungkap Alasan Dukung Gerakan Bersih-bersih BUMN

Jaksa Agung ST Burhanuddin mengungkapkan alasan Kejagung mendukung gerakan bersih-bersih di lingkungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

NEWS | 27 Juni 2022

Bela Delegasi Taiwan, Menlu Tuvalu Mundur dari Konferensi Laut PBB

Menlu Tuvalu mengundurkan diri dari acara pembukaan Konferensi Laut PBB, setelah Tiongkok menghentikan partisipasi tiga orang Taiwan.

NEWS | 27 Juni 2022

Kejar 1,2 Juta Suntikan Per Hari, Vaksinasi Dosis Lengkap Diragukan Tuntas Juli

Kemenkes menargetkan vaksinasi dosis lengkap akan tuntas pada akhir Juli 2022, namun target itu diragukan akan tercapai.

NEWS | 27 Juni 2022

Kasus Suap Dana PEN Kolaka Timur, KPK Tahan Adik Bupati Muna

KPK menahan LM Rusdianto Emba, adik Bupati Muna, La Ode Muhammad Rusman yang menjadi tersangka kasus dugaan suap dana PEN untuk Kabupaten Kolaka Timur.

NEWS | 27 Juni 2022

Rusia Target Lysychansk, Kota Besar Terakhir Ukraina di Luhansk Timur

Pasukan Rusia berusaha merebut Lysychansk, kota besar terakhir yang masih dikuasai pasukan Ukraina di provinsi Luhansk timur.

NEWS | 27 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Startup Fresh Factory Dapat Pendanaan Awal US$ 4,5 Juta

Startup Fresh Factory Dapat Pendanaan Awal US$ 4,5 Juta

EKONOMI | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings