Logo BeritaSatu

Pra-KTT Y20 III di Balikpapan Bahas Planet Bekelanjutan

Selasa, 17 Mei 2022 | 11:43 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Balikpapan, Beritasatu.com- Provinsi Kalimantan Timur menjadi tuan rumah dalam Presidensi G-20 Indonesia yang salah satu engagement group resminya yaitu Youth-20 (Y20) akan membahas planet berkelanjutan.

Sebagai bagian dari Presidensi G-20, Y20 berfokus pada isu-isu yang penting bagi masa depan dari sudut pandang pemuda. Sebagai keluaran dari forum Y20, rekomendasi kebijakan yang dirumuskan para delegasi pemuda negara G-20 akan dibahas dalam forum resmi kepala negara G-20 nantinya.

Secara khusus, isu planet yang berkelanjutan dan layak huni menjadi tema besar pelaksanaan rangkaian acara Pra-Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Y20 di Kalimantan Timur yang akan berlangsung pada 21 dan 22 Mei 2022.

Pemerintah Kota Balikpapan menyambut baik pelaksanaan Pra-KTT Y20 Indonesia 2022. Membahas isu planet yang berkelanjutan dan layak huni dalam kegiatan ini di Balikpapan, Kalimantan Timur menjadi tanggungjawab moral kami sebagai salah satu provinsi pemilik hutan hujan tropis terbesar di Indonesia,” jelas Wali Kota Balikpapan.

Penunjukan kota Balikpapan sebagai tempat penyelenggara Pra-KTT Y20 juga bukan tanpa alasan. Pada tahun 2021, Kota Balikpapan menerima penghargaan sebagai kota berkelanjutan di bidang lingkungan di tingkat Asia Tenggara. Selain itu, seperti yang diketahui, dalam perencanaan pembangunan Ibukota Negara (IKN), kota Balikpapan akan menjadi kota penyangga IKN.

Sejalan dengan agenda G20, masalah lingkungan dan planet bumi akan selalu relevan dengan anak muda. Hal ini karena anak muda yang akan terus melanjutkan kehidupan di planet (bumi) untuk jangka waktu yang lebih
lama dan panjang.

“Pada isu prioritas Y20 Indonesia, kita melanjutkan legacy issue atau isu warisan ini untuk semakin memikirkan aksi nyata dalam penyelesaian masalah bumi, dengan mengangkat 2 sub prioritas yaitu penjagaan sumber daya alam serta konsumsi dan produksi Berkelanjutan melalui ekonomi sirkular,” ujar Mujab, Kepala Program, Logistik, dan Relasi Delegasi Y20 Indonesia 2022.

Pelaksanaan Pra-KTT Y20 di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, dihadiri langsung oleh delegasi dan pengamat dari Jepang, Korea Selatan, negara-negara Asia Tenggara, serta perwakilan dari beberapa kedutaan asing di Indonesia. Selain itu, sejumlah pembicara turut hadir untuk menambah perspektif dalam kegiatan gelar
wicara/talk show.

Ahli seperti Herlina Hartanto dari Yayasan Konservasi Alam Nusantara dan Kevin Lunzalu (Kenyan Youth Biodiversity Network) akan membantu para delegasi untuk dapat memahami bagaimana pemuda dapat berperan dalam menyelesaikan masalah-masalah lingkungan dan planet kita. Rifky Maulana, Deputy Chair Indonesian Youth Diplomacy East Kalimantan, menyampaikan bahwa Pra-KTT Y20 ini akan jadi ajang bagi anak muda Kalimantan untuk urun rembug tentang isu planet yang berkelanjutan dan layak huni.

“Melalui kegiatan Town Hall Meeting, seratus pemuda-pemudi dari Kalimantan akan turut berdiskusi dan menyampaikan ide serta aspirasi terkait dengan isu planet yang berkelanjutan dan layak huni. Aspirasi ini akan dibawa oleh delegasi resmi Indonesia dalam forum resmi Y20,” tambah Rifky.

Provinsi Kalimantan Timur terpilih sebagai tuan rumah untuk Pra-KTT 3 Y20 Indonesia 2022. Harapannya, Provinsi Kalimantan Timur dapat menjadi perwakilan pemuda pulau Kalimantan. Y20 Indonesia berupaya untuk menjangkau pemuda secara merata di seluruh bagian Indonesia agar seluruh pemuda di Indonesia dapat
merasakan momentum G-20.

Y20 Indonesia 2022 melaksanakan event Pra-KTT pada 4 (empat) kota di Indonesia yaitu Palembang pada bulan Maret, Lombok pada bulan April, Balikpapan pada bulan Mei, dan Manokwari pada bulan Juni. Puncak acara kegiatan ini adalah pelaksanaan KTT Y20 2022 yang akan dilaksanakan pada bulan Juli di kota Jakarta dan Bandung.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tukang Bubur Jadi Korban Pembacokan Orang Tak Dikenal

Erwin (27), pedagang bubur keliling menjadi korban pembacokan yang dan mengalami luka di bagian muka dan leher oleh orang tak dikenal.

NEWS | 4 Juli 2022

Kasus Korupsi Stadion Mandala Krida, KPK Panggil 4 Saksi

KPK menjadwalkan pemanggilan terhadap empat orang sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Stadion Mandala Krida.

NEWS | 4 Juli 2022

Sri Lanka Hanya Miliki Sisa Bahan Bakar Kurang dari Sehari

Sri Lanka pada hari Minggu (3/7/2022) mengatakan, hanya memiliki sisa bahan bakar kurang dari konsumsi sehari.

NEWS | 4 Juli 2022

Airlangga: PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang hingga 1 Agustus

Pemerintah memutuskan memperpanjang kebijakan PPKM di luar Jawa dan Bali mulai dari 5 Juli hingga 1 Agustus 2022

NEWS | 4 Juli 2022

Jelang Iduladha, Kementan Siapkan Kebutuhan Pangan Jakarta

Kementan mendukung kesiapan Iduladha di wilayah DKI Jakarta dengan menyiapkan ribuan hewan ternak dan kebutuhan pangan lainnya.

NEWS | 4 Juli 2022

Airlangga Ingatkan Pandemi Covid-19 Belum Berakhir

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan masyarakat bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir.

NEWS | 4 Juli 2022

Tiongkok Laporkan Penurunan Kasus Harian Covid-19

Tiongkok melaporkan 460 kasus harian Covid-19 pada 3 Juli, di mana72 di antaranya bergejala dan 388 tanpa gejala, yang menurun.

NEWS | 4 Juli 2022

Besok, PN Jakpus Gelar Sidang Kedua Penganiayaan Ade Armando

PN Jakarta Pusat akan menggelar sidang kedua kasus penganiayaan Ade Armando besok, Rabu (4/7/2022) dengan agenda pembacaan dakwaan

NEWS | 4 Juli 2022

Zelensky Bertekad Rebut Kembali Kendali di Ukraina Timur

Zelensky mengatakan, pasukannya sudah ditarik dari Lysychansk di Donbas, namun ia bertekad merebut kembali kendali di wilayah timur itu.

NEWS | 4 Juli 2022

Sore Ini Dishub DKI Uji Coba Rekayasa Lalin di Bundaran HI

Pemprov DKI Jakarta mulai melakukan uji coba rekayasa lalu lintas (lalin) di Bundaran HI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

NEWS | 4 Juli 2022


TAG POPULER

# Apriyani/Fadia Juara


# Elon Musk


# Yusuf Mansur


# Ahmad Dhani


# KM Setia Makmur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tukang Bubur Jadi Korban Pembacokan Orang Tak Dikenal

Tukang Bubur Jadi Korban Pembacokan Orang Tak Dikenal

NEWS | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings