Logo BeritaSatu

Kerja Sama KSP dengan Pihak Lain Dilakukan Sesuai Ketentuan Hukum

Rabu, 18 Mei 2022 | 21:59 WIB
Oleh : DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Deputi V Kantor Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodawardhani menegaskan, kerja sama Kantor Staf Presiden (KSP) dengan pihak lain dilaksanakan sesuai ketentuan hukum.

Jaleswari menegaskan hal tersebut sehubungan dengan bergulirnya penggiringan opini terkait legitimasi Pasal 38 (2) Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2019 yang mengatur pelaksanaan kerja sama KSP dengan pihak lain dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi KSP.

Kedeputian V KSP di mana Jaleswari berada bertugas membantu pengendalian, percepatan, monitor dan evaluasi penyelesaian masalah program prioritas nasional dan isu strategis bidang politik, hukum, pertahanan, keamanan dan HAM, antikorupsi dan reformasi birokrasi, dan Papua.

Jaleswari menjelaskan, Pasal 38 (2) Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2019 pada prinsipnya merupakan kodifikasi praktik kerja sama dengan mitra-mitra untuk mempercepat pelaksanaan tugas dan fungsi suatu lembaga yang dalam hal ini ialah KSP.

Pelaksanaan pasal tersebut juga harus melalui berbagai mekanisme kontrol, di antaranya tidak boleh merugikan kepentingan negara dan harus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Ini artinya pelaksanaan pasal tersebut mengedepankan asas legalitas dari perspektif hukum administrasi negara dan kepentingan nasional dari perspektif politik kelembagaan," kata Jaleswari melalui keterangan tertulis yang diterima Rabu (18/5/2022).

Jaleswari menambahkan, kerja sama dengan pihak lain tidak lepas dari pengawasan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). "Serupa lembaga non struktural lainnya, KSP pun tidak lepas dari pengawasan lembaga negara seperti Badan Pemeriksa Keuangan," katanya.

Jaleswari juga menjelaskan, praktik sebagaimana tercantum dalam pasal tersebut bukan praktik yang asing dalam kelembagaan sebelumnya.

Dia mencontohkan, dalam konteks unit kepresidenan, Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2009 tentang Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP) yang ditetapkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga menggunakan rumusan pasal serupa.

Pasal terkait dalam perpres tersebut menyebutkan pendanaan yang diperlukan bagi pelaksanaan tugas dan fungsi UKP-PPP bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan sumber lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pasal tersebut juga menyebutkan, Kepala UKP-PPP dapat bekerja sama dengan pihak lain dalam rangka pengawasan dan pengendalian pembangunan yang tidak dibiayai dari APBN sepanjang tidak merugikan keuangan negara, dan dipertanggungjawabkan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Epidemiolog Tekankan Pentingnya Vaksin Booster untuk Anak

Epidemiolog Dicky Budiman menegaskan pentingnya vaksin booster Covid-19 untuk anak-anak. Salah satunya karena sudah waktunya vaksinasi Covid-19 booster anak.

NEWS | 3 Juli 2022

NASA Bakal Rilis Gambar Terdalam dari Alam Semesta

Badan Antariksa AS (NASA) akan merilis "gambar terdalam" yang pernah diambil dari alam semesta.

NEWS | 2 Juli 2022

Jalan Rasuna Said Gelap Saat Sambut Earth Hour 2022

Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, terlihat gelap saat menyambut earth hour 2022 pada Sabtu (2/7/2022), pukul 20.30-21.30 WIB.

NEWS | 2 Juli 2022

Asap Penuhi Kabin, Pesawat Maskapai India Medarat Darurat

Pesawat penerbangan domestik India melakukan pendaratan darurat di New Delhi pada Sabtu (2/7/2022) setelah bagian kabinnya dipenuhi asap.

NEWS | 2 Juli 2022

Polri Gelar Pertunjukan Wayang Kulit Semar Mbangun Kayangan

Polri dalam rangka memperingati HUT ke-76 Bhayangkara menggelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk dengan cerita Semar Mbangun Kayangan.

NEWS | 2 Juli 2022

Uni Emirat Arab, Negara yang Dihuni 85% WNA

Kunjungan Presiden Joko Widodo pada Jumat (1/7/2022) ke Uni Emirat Arab membuat kemitraan kedua negara semakin kuat.

NEWS | 2 Juli 2022

Pertemuan Jokowi, Zelensky, dan Putin Curi Perhatian Warganet ASEAN

Pertemuan Jokowi dengan Zelensky dan Putin telah mencuri perhatian warganet di negara-negara Asia Tenggara (ASEAN).

NEWS | 2 Juli 2022

Media Malaysia Ramai Beritakan Pertemuan Jokowi, Zelensky dan Putin

Media Malaysia pada Rabu tertuju pula pada pertemuan Jokowi dengan Zelensky serta pertemuannya dengan Putin.

NEWS | 2 Juli 2022

Piala AFF U-19: Aparat Geledah Penonton yang Hendak Masuk Stadion Patriot

Stadion patriot Chandrabhaga dipadati penonton yang ingin menyaksikan langsung laga perdana Timnas Indonesia U-19 melawan Vietnam di Piala AFF U-19.

NEWS | 2 Juli 2022

Indochat Ajak Generasi Z Cintai Keberagaman Indonesia

Indochat mengajak anak bangsa Generasi Z untuk berbagi cerita, foto, dan video menarik tentang keunikan dan keberagaman di Indonesia.

NEWS | 2 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Epidemiolog Tekankan Pentingnya Vaksin Booster untuk Anak

Epidemiolog Tekankan Pentingnya Vaksin Booster untuk Anak

NEWS | 31 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings