Logo BeritaSatu

Suhu Panas Ekstrem Perburuk Kemiskinan di Pakistan

Jumat, 20 Mei 2022 | 07:07 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Islamabad, Beritasatu.com- Suhu panas ekstrem memperburuk kemiskinan di kota terpanas Pakistan. Seperti dilaporkan AFP, Rabu (18/5/2022), kota Jacobabad di provinsi Sindh yang gersang di Pakistan berada dalam cengkeraman gelombang panas terbaru yang melanda Asia Selatan. Suhu memuncak hingga 51 derajat Celsius pada akhir pekan.

“Kota ini berada di garis depan perubahan iklim. Kualitas hidup secara keseluruhan di sini adalah penderitaan,” kata wakil komisaris Abdul Hafeez Siyal.

Advertisement

Sebagian besar dari satu juta orang di Jacobabad dan desa-desa sekitarnya hidup dalam kemiskinan akut. Penduduk kekurangan air dan pemadaman listrik mengganggu kemampuan mereka untuk mengatasi panas. Kondisi itu membuat warga menghadapi dilema putus asa.

“Ini seperti api yang membakar di mana-mana. Yang paling kami butuhkan adalah listrik dan air,” kata pandai besi Shafi Mohammad.

Seorang anak sekolah Pakistan Saeed Ali tiba di rumah sakit di salah satu kota terpanas di dunia, tubuhnya lumpuh karena sengatan panas. Anak berusia 12 tahun itu pingsan setelah berjalan pulang dari sekolah di bawah terik matahari, hari-harinya dihabiskan dengan terik di ruang kelas tanpa kipas angin.

“Supir becak harus membawa anak saya ke sini. Dia bahkan tidak bisa berjalan,” kata ibu anak laki-laki itu, Shaheela Jamali dari samping tempat tidurnya.

Dokter mengatakan Saeed dalam kondisi kritis, tetapi ibunya mengatakan dia akan kembali ke sekolah minggu depan. Rencana itu didorong oleh keinginan untuk keluar dari kemiskinan.

“Kami tidak ingin mereka tumbuh menjadi buruh,” kata Jamali, putranya lesu dan menangis di sisinya.

Para ahli mengatakan cuaca yang membakar sejalan dengan proyeksi pemanasan global. Gelombang panas membuat tubuh manusia menjadi sangat panas sehingga tidak bisa lagi mendinginkan dirinya sendiri. Gelombang dapat menyebabkan gejala mulai dari pusing dan mual hingga pembengkakan organ, tidak sadarkan diri, dan bahkan kematian.

Perawat Bashir Ahmed mengatakan jumlah pasien yang datang dalam kondisi serius meningkat. Dia merawat Saeed di klinik serangan panas baru yang dijalankan oleh LSM lokal Community Development Foundation.

“Sebelumnya, panas akan mencapai puncaknya pada bulan Juni dan Juli, tetapi sekarang akan tiba pada bulan Mei,” kata Ahmed.

Buruh yang dipaksa bekerja keras di bawah terik matahari termasuk yang paling rentan. Pekerja batu bata melakukan perdagangan mereka di samping tungku yang dapat mencapai hingga 1.000 derajat Celsius.

“Panas yang parah terkadang membuat kami ingin muntah, tetapi jika saya tidak dapat bekerja, saya tidak dapat menghasilkan uang,” kata Rasheed Rind, yang memulai situs tersebut sejak kecil.

Kehidupan di Jacobabad didominasi oleh upaya untuk mengatasi panas. Kekurangan listrik berarti hanya enam jam listrik sehari di daerah pedesaan dan 12 jam di kota.
Akses ke air minum tidak dapat diandalkan dan tidak terjangkau karena kelangkaan di seluruh Pakistan dan masalah infrastruktur utama.

Kekurangan listrik berarti hanya enam jam listrik sehari di daerah pedesaan dan 12 jam di kota. Akses ke air minum tidak dapat diandalkan dan tidak terjangkau karena kelangkaan di seluruh Pakistan dan masalah infrastruktur utama.

Khairun Nissa melahirkan selama gelombang panas, hari-hari terakhir kehamilannya dihabiskan dengan layu di bawah satu kipas langit-langit yang dibagikan di antara keluarganya yang terdiri dari 13 orang. Putranya yang berusia dua hari sekarang menempati tempatnya di bawah angin sepoi-sepoi yang lemah.

“Tentu saja saya khawatir tentang dia dalam panas ini, tapi saya tahu Tuhan akan menyediakan untuk kita,” kata Nissa.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Risiko Timbulnya Bencana di PLTN Ukraina Meningkat Setiap Hari

Risiko terjadi bencana di PLTN terbesar di Eropa di Zaporizhzhia meningkat setiap hari, setelah Ukraina dan Rusia saling menyalahkan atas insiden penembakan.

NEWS | 15 Agustus 2022

Masyarakat Diimbau Hentikan Aktivitas Saat Pelaksanaan HUT RI

Pada tanggal 17 Agustus 2022, masyarakat diimbau menghentikan aktivitas sejenak selama pelaksanaan HUT RI ke-77.

NEWS | 15 Agustus 2022

KAI Purwokerto Terapkan Aturan Baru Penumpang KA Jarak Jauh

PT KAI Daop Purwokerto mulai 15 Agustus mewajibkan penumpang KA Jarak jauh yang belum vaksinasi Covid-19 dosis ketiga menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR.

NEWS | 15 Agustus 2022

East Ventures Jadi Donatur Inisiatif Bioteknologi Kemenkes

East Ventures turut mendukung peluncuran Biomedical & Genome Science Initiative (BGSi) yang merupakan inisiatif dari Kemenkes.

NEWS | 15 Agustus 2022

Hari Ini Polisi Limpahkan Berkas Roy Suryo ke Kejaksaan

Polda Metro Jaya melimpahkan berkas perkara Roy Suryo selaku tersangka kasus meme stupa Candi Borobudur ke Kejaksaan hari ini, Senin (15/8/2022).

NEWS | 15 Agustus 2022

Kali Ciliwung Meluap, Permukiman di Kebon Pala Terendam

Banjir luapan Kali Ciliwung merendam permukiman warga di RW 04 & 05 Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (15/8/2022)

NEWS | 15 Agustus 2022

24 Parpol Lolos Pendaftaran Calon Peserta Pemilu 2024, Ada 9 Parpol Baru

KPU telah menutup pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2024. Ada 40 parpol yang mendaftar dengan perincian 24 parpol yang dokumennya dinyatakan lengkap.

NEWS | 15 Agustus 2022

Rabu, DKI Gelar Upacara Peringatan HUT RI di Monas

Pemprov DKI Jakarta akan mengadakan upacara HUT RI ke-77 di lapangan Monas, Rabu (17/8/2022).

NEWS | 15 Agustus 2022

PKB Komitmen Jadi Rumah Besar Kebangsaan Rakyat Indonesia

PKB menegaskan berkomitmen merawat semangat kebangsaan serta menjadi pelopor dan garda terdepan untuk menjaga kemajemukan bangsa Indonesia.

NEWS | 15 Agustus 2022

Kibarkan Bendera Merah Putih di Ujung Perbatasan

Jelang HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77, Satgas Yonif 126 menggelar pengibaran bendera Merah Putih di Kampung Somografi, Kabupaten Keerom, Papua.

NEWS | 15 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Risiko Timbulnya Bencana di PLTN Ukraina Meningkat Setiap Hari

Risiko Timbulnya Bencana di PLTN Ukraina Meningkat Setiap Hari

NEWS | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings