Logo BeritaSatu

Presiden Timor Leste Ramos Horta Janji Kurangi Kemiskinan

Jumat, 20 Mei 2022 | 07:58 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Dili, Beritasatu.com- Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta yang baru dilantik pada Jumat (20/5/2022), berjanji untuk mengurangi kemiskinan. Seperti dilaporkan Al Jazeera, selain memulihkan stabilitas politik, Ramos Horta juga akan meningkatkan layanan kesehatan bagi ibu dan anak.

Peraih Nobel Perdamaian Jose Ramos Horta dilantik sebagai presiden Timor Leste menjelang perayaan 20 tahun kemerdekaan negara termuda di Asia itu.

Advertisement

Kerumunan orang bersorak pada Kamis (19/5) malam saat Ramos Horta melakukan perjalanan dengan iring-iringan mobil ke parlemen. Di sana, satu upacara dimulai dengan perayaan nasional untuk memperingati kemerdekaan Timor Timur tahun 2002 dari Indonesia.

Ramos-Horta, 72 tahun, menyerukan rekonsiliasi dan persatuan nasional saat ia mengambil sumpah jabatan sesaat sebelum tengah malam waktu setempat saat negara itu mendeklarasikan kemerdekaan 20 tahun yang lalu.

“Hari ini lebih dari sebelumnya, kita harus menyadari sepenuhnya bahwa hanya dalam persatuan akan dapat mencapai tujuan pembangunan yang kita usulkan,” kata Ramos Horta.

Presiden baru berjanji untuk mengurangi kemiskinan, meningkatkan layanan kesehatan untuk ibu dan anak, dan mempromosikan dialog untuk memulihkan stabilitas politik. Dia mengharapkan Timor Timur menjadi anggota ke-11 dari blok regional Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dalam dua tahun ke depan.

“Saya akan memenuhi dengan loyalitas fungsi yang telah diinvestasikan dalam diri saya dan akan mendedikasikan semua energi dan pengetahuan saya untuk pertahanan dan konsolidasi kemerdekaan dan persatuan nasional,” katanya.

Dalam pidato luas yang disampaikan dalam empat bahasa, Ramos Horta menyerukan persatuan nasional antara pihak-pihak yang bersaing yang memiliki hubungan yang kacau dalam beberapa tahun terakhir.

“Perdamaian hanya akan nyata dan abadi jika dicapai melalui dialog dan saling menghormati di mana tidak ada pihak yang merasa dipaksa dan dihina,” tambahnya, berbicara di depan kerumunan personel militer dan diplomatik.

Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa dan Menkopolkam Mahfud MD termasuk di antara mereka yang menghadiri peresmian.

Ramos Horta mengalahkan petahana Francisco “Lu Olo” Guterres, sesama pejuang kemerdekaan, dalam pemilihan putaran kedua 19 April. Ramos Horta, yang menjadi perdana menteri 2006-2007 dan presiden 2007-2012, dan Guterres telah saling menyalahkan selama bertahun-tahun kelumpuhan politik di Timor Timur.

Pada satu titik dalam upacara pada Kamis malam, Ramos-Horta menerima pelukan dari pendahulunya, Guterres.

Tinggal di pengasingan selama hampir tiga dekade dan kembali ke Timor Timur pada akhir tahun 1999, Ramos-Horta dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1996, bersama dengan Uskup Carlos Felipe Ximenes Belo, sebagai pengakuan atas pekerjaan mereka “menuju solusi konflik yang adil dan damai” di negara ini.

“Dia adalah pahlawan besar di era perjuangan kemerdekaan kami. Sekarang saatnya dia bekerja pada isu-isu kritis kemiskinan dan pengangguran yang masih dihadapi negara kita seperti yang dia janjikan dalam kampanyenya,” puji Aderito Herin Martins, seorang penduduk ibu kota, Dili, tentang Ramos Horta.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

5 Tewas Akibat Ledakan di Ekuador, Diduga Aksi Geng Narkoba

Lima orang tewas dan 16 luka-luka di kota pelabuhan Guayaquil, Ekuador, dalam serangan yang dituduh pemerintah dilakukan geng narkoba.

NEWS | 15 Agustus 2022

Putin: Rusia Bakal Perluas Hubungan Bilateral dengan Korea Utara

Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bahwa kedua negara akan memperluas hubungan bilateral yang komprehensif.

NEWS | 15 Agustus 2022

Warga Subang hingga Karawang Deklarasi Dukung Erick Thohir

Sobat Erick di Kabupaten Subang dan Kabupaten Karawan menggandeng sejumlah masyarakat dan komunitas untuk mendukung Erick Thohir

NEWS | 15 Agustus 2022

Menko PMK Serahkan Bendera IOI 2023 kepada Hungaria

Menko PMK, Muhadjir Effendy menyerahkan bendera secara estafet penyelenggaraan IOI ke-35 kepada Hungaria.

NEWS | 15 Agustus 2022

Keren, Indonesia Raih 8 Medali di Olimpiade Informatika 2022

Indonesia berhasil meraih delapan medali dalam ajang International Olympiad on Informatics (IOI) atau Olimpiade Informatika ke-34.

NEWS | 15 Agustus 2022

Komnas HAM Undur Waktu Tinjau TKP Tewasnya Brigadir J

Komnas HAM mengubah jadwal kedatangan ke tempat kejadian perkara (TKP) tewasnya Brigadir J dari pagi ini menjadi sore hari.

NEWS | 15 Agustus 2022

Prakiraan Cuaca, Sebagian Jakarta Bakal Diguyur Hujan

Menurut prakiraan cuaca BMKG, sebagian wilayah Jakarta bakal diguyur hujan ringan hingga sedang pada Senin (15/8/2022).

NEWS | 15 Agustus 2022

Pendaftaran Ditutup, KPU Tegaskan Parpol Tak Bisa Lengkapi Dokumen Lagi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menutup rangkaian pendaftaran partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024, Minggu (14/8/2022) pukul 23.59 WIB.

NEWS | 15 Agustus 2022

Wow! Tim IOI Indonesia Berhasil Rebut Delapan Medali

Tim Indonesia berhasil meraih delapan medali di ajang International Olympiad on Informatics (IOI) ke-34.

NEWS | 15 Agustus 2022

Hari Ini, KPU Tentukan Nasib 16 Parpol yang Dokumennya Belum Lengkap

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan pihaknya akan menentukan nasib 16 partai politik yang dokumen pendaftarannya belum lengkap pada hari ini.

NEWS | 15 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pagi Ini, Kurs Rupiah Terdepresiasi Tipis ke Rp 14.715

Pagi Ini, Kurs Rupiah Terdepresiasi Tipis ke Rp 14.715

EKONOMI | 5 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings