Logo BeritaSatu

Peringatan Puan soal Pencabutan PPKM Dinilai Penting

Rabu, 25 Mei 2022 | 23:48 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPR Puan Maharani mengingatkan agar pemerintah menyiapkan strategi matang sebelum menerapkan pencabutan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Peringatan Puan dinilai penting agar pemerintah tak lengah meski kondisi pandemi Covid-19 sudah membaik.

“Usulan Puan agar pemerintah lebih mempersiapkan strategi yang matang sebelum mencabut kebijakan PPKM saya maknai sebagai solusi yang ditawarkan DPR agar pemerintah tidak kecolongan dan menyebabkan Covid-19 kembali merebak,” ujar pengamat komunikasi Universitas Indonesia, Ari Junaedi kepada wartawan, Rabu (25/5/2022).

Menurut Ari, imbauan yang diserukan Puan kepada pemerintah dalam mempersiapkan Indonesia menuju endemi Covid-19 sudah tepat. Ari menilai, Puan bermaksud agar pemerintah dan masyarakat lebih waspada untuk menghindari potensi peningkatan kasus Covid-19. “Apa yang disampaikan Puan sudah tepat supaya tidak terjadi lagi lonjakan kasus, sehingga kehidupan di masyarakat berjalan normal kembali,” tuturnya.

“Sebagai ketua DPR dan anggota dewan, Puan telah menjalankan fungsinya yang paham dengan kondisi di lapangan. Karena harus diakui yang terjadi di masyarakat kita saat ini adalah euforia yang berlebihan usai mengalami dua tahun masa pandemi,” imbuh Ari.

Menurut penasihat komunikasi di Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) ini, pernyataan Puan tersebut pastinya telah didasari fakta dan data yang ada. Termasuk, kata Ari, kelengahan negara-negara jiran di mana relaksasi protokol kesehatan berdampak kembali kepada peningkatan angka positif kasus Covid-19.

“Saya menganggap permintaan Puan kepada pemerintah sungguh cukup cerdas mengingat hingga sekarang pemerintah baru sebatas mengeluarkan imbauan untuk tetap memakai masker di tempat-tempat tertutup dan hanya memperbolehkan lepas masker di tempat terbuka,” ujarnya.

Ari menyebut seharusnya imbauan Puan dijadikan sebagai bahan pertimbangan yang mendalam oleh pemerintah dalam menentukan kebijakan terkait pelonggaran aturan Covid-19.

“Peringatan dari Puan bisa jadi rujukan agar pemerintah membuat petunjuk teknis turunan agar masyarakat punya pegangan yang pasti saat PPKM dicabut,” ungkap Ari.

Sebelumnya, Puan meminta Pemerintah menyiapkan strategi yang matang dan komprehensif mengenai rencana pencabutan PPKM. Hal tersebut bertujuan agar pencabutan PPKM tidak menimbulkan euforia berlebihan di tengah masyarakat.

“Kita semua harus bisa memahami bahwa Covid-19 masih ada di tengah-tengah kita. Harus ada antisipasi yang dilakukan supaya masyarakat tetap aware terhadap virus ini manakala kebijakan PPKM dicabut,” kata Puan kepada wartawan, Rabu (25/5/2022).

“Temukan formula yang tepat sehingga saat PPKM nantinya dicabut, masyarakat sudah siap dan memahami bagaimana agar tetap hati-hati dan waspada menjalankan aktivitas mereka sehari-hari,” tambahnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rudal Rusia Hantam Mal, Korban Tewas Jadi 18, Puluhan Hilang

Sedikitnya 18 orang tewas dan 36 lainnya hilang setelah rudal Rusia menghantam pusat perbelanjaan di kota Kremenchuk, Ukraina tengah.

NEWS | 29 Juni 2022

BMKG: Hari Ini, Cuaca Wilayah DKI Jakarta Cerah Berawan

BMKG tidak mengeluarkan peringatan dini. Pasalnya, cuaca wilayah DKI Jakarta dominan cerah berawan.

NEWS | 29 Juni 2022

Sopir Angkot Tewaskan Empat Penumpang Divonis 13 Tahun

Sopir angkot bernama Karto Manalu yang menerobos palang pelintasan kereta api dan menewaskan empat penumpang divonis 13 tahun.

NEWS | 29 Juni 2022

DJ Joice dan 3 Rekannya Jadi Tersangka Kasus Narkoba

DJ Joice bersama tiga rekannya yang terlibat dalam kasus penyalahgunaan narkotika sudah ditetapkan sebagai tersangka.

NEWS | 29 Juni 2022

BPET MUI: Khilafah Tak Perlu Lagi Diwacanakan di Indonesia

BPET MUI Muhammad Syauqillah mengatakan, persoalan khilafah telah selesai sejak lama dan tidak perlu lagi diperdebatkan implementasinya.

NEWS | 28 Juni 2022

Menkumham Harap Sinode GKPS Gotong Royong Majukan Bangsa

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly berharap Sinode Bolon ke-45 Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) melahirkan program gerejawi.

NEWS | 28 Juni 2022

Pelabelan BPA, BPOM Diharapkan Libatkan Kalangan Industri

BPOM diharapkan dapat melibatkan kalangan industri. Hal ini terkait rencana penerbitan aturan mengenai pelabelan potensi bahaya BPA.

NEWS | 28 Juni 2022

Konsumsi Narkoba Sejak 2018, DJ Joice: Agar Dapat Kepuasan

DJ Joice atau yang juga dikenal dengan nama Joice Challista mengonsumsi narkoba sejak 2018 untuk mendapatkan kepuasan.

NEWS | 28 Juni 2022

Santri Dukung Ganjar Jabar Bantu UMKM di Kabupaten Bandung

Santri Dukung Ganjar Pranowo Jawa Barat melaksanakan kegiatan bantuan UMKM di Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Selasa ( 28/06/2022)

NEWS | 28 Juni 2022

Kemendagri: RUU Pemekaran Papua Berikan Ruang Afirmasi OAP

Rancangan undang-undang (RUU) terkait pemekaran Papua memberikan ruang afirmasi bagi orang asli Papua (OAP).

NEWS | 28 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Wimbledon: Tekuk Serena, Harmony Tan Mengaku Sempat Takut

Wimbledon: Tekuk Serena, Harmony Tan Mengaku Sempat Takut

SPORT | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings