Logo BeritaSatu

Tanggul Lamicitra Jebol, Pelindo Semarang Gunakan Ribuan Karung Pasir

Kamis, 26 Mei 2022 | 10:31 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Semarang, Beritasatu.com- PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 3 Tanjung Emas, Semarang menyiapkan 3.600 karung pasir untuk membantu memperbaiki tanggul jebol milik PT Lamicitra Nusantara. Langkah inisiatif ini dilakukan agar banjir rob hingga Rabu (25/5/2022) di area pelabuhan tidak semakin meluas.

General Manager Pelabuhan Tanjung Emas, Hardianto menyampaikan, Pelindo telah menyiagakan sedikitnya 32 unit mesin pompa air dengan kapasitas hingga 800 liter/detik yang tersebar di sejumlah titik-titik rawan banjir rob. Jika tidak ada tanggul yang jebol, sistem pompa ini sebenarnya mampu menangani hingga ketinggian pasang 130 cm.

Kejadian banjir rob merupakan fenomena alam yang rutin terjadi setiap tahunnya. BMKG sebelumnya telah memprediksi fenomena rob akan terjadi di area pesisir pantai utara jawa mulai tanggal 20 Mei lalu hingga 25 Mei. Namun dengan jebolnya tanggul PT Lamicitra tersebut, air rob menjadi semakin tinggi dan berdampak pada aktivitas operasional pelabuhan.

Pihak Pelindo juga turut mendukung perbaikan tanggul milik PT Lamicitra yang jebol dengan menyiapkan karung pasir untuk menutup sementara tanggul jebol di sisi luar pelabuhan. Pelindo juga terus berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Setempat dan PT Lamicitra untuk teknis pemasangan tanggul karung pasir tersebut.

“Langkah cepat harus kita lakukan agar dampak dari banjir rob ini tidak meluas salah satunya adalah dengan memperbaiki tanggul yang jebol, kami berpacu dengan waktu untuk menanggulangi masalah ini,” ujar Hardianto.

Hardianto menambahkan, sejumlah upaya dalam penanganan dan pencegahan banjir rob di area Pelabuhan telah dilakukan pihaknya, mulai dari peninggian dan penguatan dermaga, Leveling Container Yard dan penambahan pompa air. Adapun upaya jangka panjang Pelindo dalam mengantisipasi banjir rob ke depannya antara lain dengan membuat saluran-saluran air baru, melakukan peninggian jalan, serta peninggian dan penguatan area dermaga.

Selain upaya penanganan banjir rob secara teknis, manajemen Pelindo juga berupaya untuk membantu warga sekitar yang terdampak banjir rob. Bertempat di Posko Kecamatan Semarang Utara, Pelindo Regional 3 Pelabuhan Tanjung Emas menyerahkan Bantuan Tangggung Jawab Sosial dan Lingkungan secara simbolis pada Rabu (25/04).

Posko Kecamatan Semarang Utara sudah menjadi posko penampungan bantuan sekaligus menjadi dapur umum untuk warga sekitar yang terdampak banjir rob. Sekretaris Camat Semarang Utara, Margo Hariyadi menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Pelindo atas aksi cepat tanggapnya dalam membantu warga.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Airlangga Ingatkan Pandemi Covid-19 Belum Berakhir

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan masyarakat bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir.

NEWS | 4 Juli 2022

Tiongkok Laporkan Penurunan Kasus Harian Covid-19

Tiongkok melaporkan 460 kasus harian Covid-19 pada 3 Juli, di mana72 di antaranya bergejala dan 388 tanpa gejala, yang menurun.

NEWS | 4 Juli 2022

Besok, PN Jakpus Gelar Sidang Kedua Penganiayaan Ade Armando

PN Jakarta Pusat akan menggelar sidang kedua kasus penganiayaan Ade Armando besok, Rabu (4/7/2022) dengan agenda pembacaan dakwaan

NEWS | 4 Juli 2022

Zelensky Bertekad Rebut Kembali Kendali di Ukraina Timur

Zelensky mengatakan, pasukannya sudah ditarik dari Lysychansk di Donbas, namun ia bertekad merebut kembali kendali di wilayah timur itu.

NEWS | 4 Juli 2022

Sore Ini Dishub DKI Uji Coba Rekayasa Lalin di Bundaran HI

Pemprov DKI Jakarta mulai melakukan uji coba rekayasa lalu lintas (lalin) di Bundaran HI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

NEWS | 4 Juli 2022

DPRD Kota Bogor Mediasi Persoalan Warga BMW dengan Developer

DPRD Kota Bogor menindaklanjuti aspirasi warga perumahan Bukit Mekar Wangi (BMW) Bogor dengan mengundang pihak terkait.

NEWS | 4 Juli 2022

KPK Tetapkan Wali Kota Ambon Tersangka Pencucian Uang

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Wali Kota nonaktif Ambon, Richard Louhenapessy tersangka kasus dugaan pencucian uang.

NEWS | 4 Juli 2022

Banjir di Australia, Perintah Evakuasi untuk Ribuan Penduduk

Perintah evakuasi dikeluarkan untuk ribuan penduduk setelah hujan tanpa henti menimbulkan banjir beberapa pinggiran kota di Australia.

NEWS | 4 Juli 2022

RSDC Wisma Atlet Kemayoran Rawat 202 Pasien Covid-19

Pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini Senin (4/7/2022) berjumlah 202.

NEWS | 4 Juli 2022

Penembakan di Mal Kopenhagen, Tersangka Pemuda Usia 22 Tahun

Seorang pemuda berusia 22 tahun menjadi tersangka pelaku penembakan di sebuah mal di Kopenhagen, Denmark.

NEWS | 4 Juli 2022


TAG POPULER

# Apriyani/Fadia Juara


# Elon Musk


# Yusuf Mansur


# Ahmad Dhani


# KM Setia Makmur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
IHSG Anjlok, Hans Kwee Peringatkan Bottom Bisa Tembus 5.900

IHSG Anjlok, Hans Kwee Peringatkan Bottom Bisa Tembus 5.900

EKONOMI | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings