Logo BeritaSatu

Publik Makin Percaya Kejagung Tuntaskan Kasus Minyak Goreng

Rabu, 8 Juni 2022 | 17:30 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Keyakinan publik terhadap Kejaksaan Agung (Kejagung) dapat menuntaskan kasus dugaan korupsi terkait izin ekspor crude palm oil (CPO) dan turunannya, termasuk minyak goreng, makin meningkat. Hal ini imbas dari penetapan Lin Che Wei sebagai tersangka

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei nasional bertajuk “Kepercayaan Publik terhadap Lembaga-lembaga Penegak Hukum dan Agenda Pemberantasan Korupsi”, Rabu (8/6/2022).

Advertisement

Mengawali paparannya, Burhanuddin mengatakan dalam survei Mei 2022 terungkap ada 19,4 persen responden yang sangat yakin dan 49,5 persen responden cukup yakin Kejagung dapat menuntaskan kasus minyak goreng. Total, ada 68,9 persen responden yang optimistis dengan penuntasan kasus minyak goreng oleh Kejagung.

Angka tersebut lebih tinggi dibanding survei April 2022. Disebutkan dalam paparannya, ada 9,4 persen responden yang sangat yakin dan 52,1 persen responden cukup yakin Kejagung dapat menuntaskan kasus minyak goreng. Dengan demikian, total ada 61,5 persen responden yang optimistis Kejagung dapat menuntaskan kasus tersebut.

Dikatakan Burhanuddin, terjadi peningkatan keyakinan publik terhadap Kejagung setelah Lin Che Wei ditetapkan sebagai tersangka. Diketahui, Lin Che Wei ditetapkan sebagai tersangka pada 17 Mei 2022.

“Jadi, ada peningkatan tingkat keyakinan publik terhadap kejaksaan. Nah, ini mungkin lagi-lagi, surveinya dilakukan setelah Lin Che Wei ditangkap. Jadi, penetapan Lin Che Wei sebagai tersangka oleh kejaksaan meningkatkan public confidence terhadap kejaksaan dalam menyelesaikan kasus ini,” tutur Burhanuddin.

Diketahui, Kejagung telah menetapkan lima tersangka dalam kasus tersebut, yakni Lin Che Wei, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Indrasari Wisnu Wardhana, Senior Manager Corporate Permata Hijau Group Stanley MA, Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia Master Parulian Tumanggor, dan General Manager bagian General Affair PT Musim Mas, Pierre Togar Sitanggang.

Survei nasional tersebut berlangsung pada 18-24 Mei 2022. Target populasi survei yakni warga negara Indonesia (WNI) berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD), kemudian terpilih 1.213 responden. Angka margin of error diperkirakan plus minus 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling. Adapun wawancara dengan responden dilaksanakan melalui telepon oleh pewawancara terlatih.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Masyarakat Diimbau Hentikan Aktivitas Saat Pelaksanaan HUT RI

Pada tanggal 17 Agustus 2022, masyarakat diimbau menghentikan aktivitas sejenak selama pelaksanaan HUT RI ke-77.

NEWS | 15 Agustus 2022

KAI Purwokerto Terapkan Aturan Baru Penumpang KA Jarak Jauh

PT KAI Daop Purwokerto mulai 15 Agustus mewajibkan penumpang KA Jarak jauh yang belum vaksinasi Covid-19 dosis ketiga menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR.

NEWS | 15 Agustus 2022

East Ventures Jadi Donatur Inisiatif Bioteknologi Kemenkes

East Ventures turut mendukung peluncuran Biomedical & Genome Science Initiative (BGSi) yang merupakan inisiatif dari Kemenkes.

NEWS | 15 Agustus 2022

Hari Ini Polisi Limpahkan Berkas Roy Suryo ke Kejaksaan

Polda Metro Jaya melimpahkan berkas perkara Roy Suryo selaku tersangka kasus meme stupa Candi Borobudur ke Kejaksaan hari ini, Senin (15/8/2022).

NEWS | 15 Agustus 2022

Kali Ciliwung Meluap, Permukiman di Kebon Pala Terendam

Banjir luapan Kali Ciliwung merendam permukiman warga di RW 04 & 05 Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (15/8/2022)

NEWS | 15 Agustus 2022

24 Parpol Lolos Pendaftaran Calon Peserta Pemilu 2024, Ada 9 Parpol Baru

KPU telah menutup pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2024. Ada 40 parpol yang mendaftar dengan perincian 24 parpol yang dokumennya dinyatakan lengkap.

NEWS | 15 Agustus 2022

Rabu, DKI Gelar Upacara Peringatan HUT RI di Monas

Pemprov DKI Jakarta akan mengadakan upacara HUT RI ke-77 di lapangan Monas, Rabu (17/8/2022).

NEWS | 15 Agustus 2022

PKB Komitmen Jadi Rumah Besar Kebangsaan Rakyat Indonesia

PKB menegaskan berkomitmen merawat semangat kebangsaan serta menjadi pelopor dan garda terdepan untuk menjaga kemajemukan bangsa Indonesia.

NEWS | 15 Agustus 2022

Kibarkan Bendera Merah Putih di Ujung Perbatasan

Jelang HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77, Satgas Yonif 126 menggelar pengibaran bendera Merah Putih di Kampung Somografi, Kabupaten Keerom, Papua.

NEWS | 15 Agustus 2022

Usut Pemicu Penembakan Brigadir J, Timsus ke Magelang

Timsus berangkat ke agelang guna mengusut pemicu peristiwa penembakan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J

NEWS | 15 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Masyarakat Diimbau Hentikan Aktivitas Saat Pelaksanaan HUT RI

Masyarakat Diimbau Hentikan Aktivitas Saat Pelaksanaan HUT RI

NEWS | 5 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings