Logo BeritaSatu

200 Pembalap Sepeda Ramaikan Velocity Criterium

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:28 WIB
Oleh : Aditya Laksmana Yudha / ALD

Jakarta, Beritasatu.com – Sebanyak 200 peserta akan meramaikan ajang balap sepeda Velocity Criterium, yang akan digelar di Central Park Meikarta, Minggu (26/6/2022). Mereka yang berpartisipasi berasal dari 10 provinsi, dan tercatat lebih dari 10 peserta merupakan warga negara asing.

Data yang dihimpun dari penyelenggara hingga Jumat (24/6/2022) malam, para peserta tidak hanya pembalap individu tetapi juga berasal dari komunitas sepeda. Sedikitnya 20 komunitas mengirimkan wakilnya pada Velocity Criterium.

Para pembalap akan mengikuti enam nomor balap yang diselenggarakan yakni
1. Men Elite (atlet) 23 km, sebanyak 30 pembalap
2. Women Open (non atlet) 14 km, sebanyak 10 pembalap
3. Men Open (non atlet) 23 km, sebanyak 65 pembalap
4. Men Master A (non atlet, 30-39 tahun) 23 km, sebanyak 55 pembalap
5. Men Master B (non atlet, 40-49 tahun) 18 km, sebanyak 30 pembalap
6. Men Master C (non atlet, di atas 50 tahun) 14 km, sebanyak 10 pembalap

Velocity Criterium digelar di sirkuit sepanjang 2,3 km yang mengelilingi Central Park Meikarta, Cikarang, Bekasi, mulai pukul 06.00 WIB. Event ini diselenggarakan oleh Velocity, sebuah media online yang menghimpun komunitas pencinta sepeda dengan konten-konten seputar dunia sepeda.

Sebagai informasi, Criterium merupakan cabang balap sepeda jalan raya (road race) yang memiliki lintasan berputar (loop). Lintasan yang digunakan untuk sirkuit biasanya adalah jalan raya di tengah kota yang ditutup untuk lalu-lintas umum.

Selain di Jakarta, menurut rencana Velocity Criterium akan digelar di sejumlah kota, yaitu Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali, sepanjang tahun 2022. Puncaknya, Velocity akan menggelar Tour de Flores di Pulau Flores, NTT, pada 2023.

“Velocity Criterium kami agendakan sebagai event sport tourism, yang diharapkan ke depan bisa digelar di 10 kota dalam setahun. Ini merupakan lomba balap sepeda dengan tujuan mendorong budaya bersepeda, salah satu jenis olahraga ramah lingkungan yang diharapkan jadi ajang promosi potensi pariwisata Indonesia,” ujar Vice Chairman Velocity, Anthony Wonsono di Senayan Park (Spark) Jakarta, Kamis (16/6/2022).

200 Pembalap Sepeda Ramaikan Velocity Criterium
Ketua Dewan Pembina Velocity Primus Dorimulu (kanan), bersama Ketua Pelaksana Harian Velocity Jeremy Siregar (kiri), Race Velocity Critorium dan Wakil Sekjen PB ISSI Sondi Sanpurno (kedua kiri), Sekjen PB ISSI Parama Nugroho (ketiga kiri),Arga Budirahman perwakilan Technobike Indonesia (keempat kiri),Steven Wijaya perwakilan Polygon Bikes (kelima kiri), Event Director Velocity Critorium David Baturbara (kempat kanan), Ria Prawiro perwakilan Bali Agung Village, Kinasih Resort & Conference, Kariza Productions (ketiga kanan), dan Assistant Director Marcom Mercure Jakarta Sabang dan Mercure Tangerang BSD City Tiara Zulfaras (kedua kanan) pada acara konferensi pers perlombaan balap sepeda bertajuk Velocity Criterium, di Jakarta, Kamis, 16 Juni 2022.

Anthony menambahkan, rangkaian perlombaan sepeda ini diarahkan menjadi event sport tourism. Itu sebabnya, saat ini sedang ada upaya komunikasi dengan Kementerian Ekonomi Kreatif dan Pariwisata (Kemenparekraf). Dengan demikian, agenda balap sepeda yang sudah direncanakan di berbagai kota, termasuk Tour de Flores, bisa memberi kontribusi pada kemajuan industri pariwisata nasional dan daerah.

Pada kesempatan itu Event Director Velocity Criterium David Batubara menjelaskan, peserta diberi kesempatan untuk mengikuti nomor gabungan, baik atlet maupun non atlet. “Peserta diberi kesempatan untuk mengikuti lomba gabungan antara kategori atlet maupun non-atlet. Medali pemenang akan diberikan kepada tiga pembalap tercepat dari setiap kategori yang dilombakan,” ujarnya.

Dukungan Pemerintah
Rangkaian balap sepeda yang digagas Velocity telah didaftarkan secara resmi ke Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI). Dengan demikian, rangkaian perlombaan Velocity menjadi bagian dari agenda kegiatan resmi PB ISSI.

“Kami di federasi secara administrasi telah menerima surat resmi dari Velocity terkait agenda perlombaan Velocity Criterium yang direncanakan mencapai puncaknya pada event road race Tour de Flores, pada pertengahan 2023. Kami mendukung penuh inisiatif ini untuk kemajuan olahraga sepeda di Indonesia,” ujar Wakil Sekjen PB ISSI, Sondi Sampurno, yang juga Race Director Velocity Criterium.

Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti menyambut baik Velocity Criteriumyang ini digelar Velocity ini, karena memberikan dampak positif semakin majunya komunitas sepeda termasuk para atlet sepeda di Indonesia. “Sepeda adalah olahraga yang banyak digemari masyarakat luas dan juga menjadi olahraga prestasi, seperti di SEA Games 2021 kemarin atlet sepeda kita turut menyumbang tiga medali emas,” katanya pada kesempatan yang sama.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Velocity, Primus Dorimulu menambahkan, sepeda juga merupakan alat transportasi sekaligus menjadi alat olahraga yang ramah lingkungan. Hal inilah yang tengah dikembangkan lewat sport tourism.
“Penggemar sepeda ini sudah menyadari bahwa alat transportasi yang ramah lingkungan sekaligus menjadi alat berolahraga untuk mendapatkan kebugaran tubuh bagi masyarakat khususnya komunitas sepeda,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Satu dari Lima Pemuda Perkotaan Tiongkok Menganggur

Satu dari lima pemuda di Perkotaan Tiongkok dalam status menganggur. Tingkat pengangguran telah berulang kali mencapai level tertinggi baru tahun 2022.

NEWS | 25 September 2022

Biden Anugerahi Medali Kemanusiaan pada Elton John

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Jumat (23/9/2022) memberi Sir Elton John Medali Kemanusiaan Nasional.

NEWS | 25 September 2022

Temukan "Harta Karun Batavia", Ini yang Akan Dilakukan MRT

MRT Jakarta berusaha menyelamatkan dan memastikan agar cagar budaya tersebut tidak rusak dan bisa selamat.

NEWS | 25 September 2022

BBM Naik Bukan Hambatan Wisatawan, Jalur Puncak Tetap Macet

Pascakenaikan harga BBM naik, arus kendaraan di kawasan Jalur Puncak terpantau macet di beberapa titik.

NEWS | 25 September 2022

Bangkitkan Wisata, Perusahaan Ini Donasikan Cat untuk Pecinan Kembang Jepun

Wisata Pecinan Kembang Jepun merupakan representasi kembalinya budaya Arek yang lekat dengan nilai-nilai toleransi dan gotong royong yang kuat.

NEWS | 25 September 2022

Momen "Kalibata Fashion Week" ala Puan Maharani dan Cak Imin

Puan Maharani bersama Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sempat berjalan di zebra cross ala catwalk fashion week.

NEWS | 25 September 2022

Zelensky Klaim Ukraina Kehilangan 50 Tentara Per Hari

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pasukan Ukraina kehilangan 50 tentara per hari.

NEWS | 25 September 2022

Tawa Puan Ketika Johan Budi Sebut Dewan Kolonel Saat Ziarah

Puan Maharani tertawa terhadap celetukan Johan Budi soal Dewan Kolonel ketika ziarah bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

NEWS | 25 September 2022

Swedia Catat Tahun Kekerasan Senjata Paling Mematikan

Swedia mencatat tahun kekerasan senjata paling mematikan. Sejumlah 48 orang sejauh ini telah ditembak mati di Swedia pada tahun 2022.

NEWS | 25 September 2022

Iran Ancam Respons Balasan untuk Ukraina setelah Dubes Diusir

Iran menjanjikan respons balasan yang tepat untuk Ukraina atas tindakan pengusiran duta besarnya.

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Harga Tiket Pesawat Diprediksi Akan Naik Lebih Tinggi

Harga Tiket Pesawat Diprediksi Akan Naik Lebih Tinggi

EKONOMI | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings