Logo BeritaSatu

Peringati 2 Dekade APU PPT, Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

Senin, 27 Juni 2022 | 10:10 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Labuan Bajo, Beritasatu.com - PT Pegadaian terus berkomitmen untuk mendukung pencegahan dan pemberantasan pencucian uang serta pendanaan terorisme di Indonesia.

Untuk itu Pegadaian turut melaksanakan beberapa program di antaranya kampanye melalui saluran komunikasi perusahaan, placement flyer sosialisasi di mesin antrian, dan digital banner di outlet-outlet, hingga kegiatan puncak yaitu kegiatan Transplantasi Terumbu Karang bersama PPATK yang dilaksanakan di Labuan Bajo.

Advertisement

Kegiatan Transplantasi Terumbu Karang yang dilaksanakan di Desa Penyangga Kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat pada Jumat (24/6/2022) lalu, dihadiri Senior Executive Vice President Manajemen Risiko PT Pegadaian Eko Susetyono.

Eko menyampaikan bahwa Pegadaian terus mendukung upaya pencegahan pencucian uang dan pendanaan terorisme di Indonesia.

Dijelaskan, sebagaimana arahan Presiden Jokowi di acara Peringatan Dua Dekade Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU PPT) Indonesia yang bertema "Fight Against Green Financial Crime" di Istana Negara, 18 April 2022 lalu.

Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada PPATK dan para pemangku kepentingan yang telah bekerja keras untuk melakukan pencegahan dan pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme (TPPT).

Peringatan 20 Tahun Gerakan APU PPT merupakan momentum untuk menguatkan kesadaran masyarakat terhadap praktik pencucian uang dan pendanaan terorisme di Indonesia.

“Praktik pencucian uang dan pendanaan terorisme berdampak pada rapuhnya sistem keuangan, tak terkecuali bagi lembaga jasa keuangan. Oleh karena itu, Pegadaian senantiasa menguatkan tata kelola dan sistem penerapan anti pencucian uang dan pendanaan terorisme dengan menekankan risk based approach”, jelas Eko dalam keterangan yang diterima Beritasatu.com, Senin (27/6/2022).

Eko menambahkan berdasarkan hasil Analisis Faktor Risiko TPPU menurut jenis Tindak Pidana Asal (TPA) Tahun 2021, Bidang Lingkungan Hidup menempati urutan ke-7 dari total 28 TPA dengan kategori risiko berada pada tingkat menengah. Tak heran apabila kemudian PPATK menetapkan Green Financial Crime sebagai salah satu program prioritasnya.

Direktur Strategi Kerja Sama Internasional PPATK sekaligus Ketua Panitia 2 Dekade APU PPT Tuti Wahyuningsih menyampaikan bahwa Green Financial Crime menimbulkan kerugian hingga mencapai miliaran dolar Amerika setiap tahunnya.

“Perlu diketahui pemberantasan dan pencegahan tindak pidana pencucian uang di bidang Green Financial Crime saat ini merupakan program prioritas PPATK, terkait dengan tugas pokok dan fungsi PPATK sebagai Financial Intelligence Unit di Indonesia”, jelas Tuti.

Selain itu, Tuti juga menyampaikan bahwa sebagai mitra kerja PPATK, Pegadaian diharapkan terus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait pencegahan dan pemberantasan TPPU dan TPPT.

“Kami harapkan kerja sama ini akan terus berlangsung dan saya haturkan terimakasih dan penghargaan kepada Pegadaian yang telah menginisiasi kegiatan penanaman terumbu karang di Labuan Bajo hari ini”, tandasnya.

Sebagai salah satu pengembangan Destinasi Super Prioritas (DSP), Labuan Bajo terdiri dari kepulauan dengan keanekaragaman hayati terumbu karang yang sangat kaya.

Ketua Perkumpulan Bakti Tunas Negeri, Charis IM Baitanu menyampaikan bahwa kegiatan transplantasi terumbu karang dimaksudkan untuk mempertahankan ekosistem hayati terumbu karang sebagai habitat utama bagi biota laut.

“Sebagai lembaga sosial, dukungan seperti ini sangat kami butuhkan dalam melakukan gerakan perbaikan ekosistem terumbu karang. Kami menyampaikan apresiasi kepada PT Pegadaian dan PPATK yang telah berkolaborasi bersama dalam mendukung upaya perbaikan ekosistem terumbu karang di Labuan Bajo”, terang Charis.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Usut Pemicu Penembakan Brigadir J, Timsus ke Magelang

Timsus berangkat ke agelang guna mengusut pemicu peristiwa penembakan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J

NEWS | 15 Agustus 2022

5 Tewas Akibat Ledakan di Ekuador, Diduga Aksi Geng Narkoba

Lima orang tewas dan 16 luka-luka di kota pelabuhan Guayaquil, Ekuador, dalam serangan yang dituduh pemerintah dilakukan geng narkoba.

NEWS | 15 Agustus 2022

Putin: Rusia Bakal Perluas Hubungan Bilateral dengan Korea Utara

Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bahwa kedua negara akan memperluas hubungan bilateral yang komprehensif.

NEWS | 15 Agustus 2022

Warga Subang hingga Karawang Deklarasi Dukung Erick Thohir

Sobat Erick di Kabupaten Subang dan Kabupaten Karawan menggandeng sejumlah masyarakat dan komunitas untuk mendukung Erick Thohir

NEWS | 15 Agustus 2022

Menko PMK Serahkan Bendera IOI 2023 kepada Hungaria

Menko PMK, Muhadjir Effendy menyerahkan bendera secara estafet penyelenggaraan IOI ke-35 kepada Hungaria.

NEWS | 15 Agustus 2022

Keren, Indonesia Raih 8 Medali di Olimpiade Informatika 2022

Indonesia berhasil meraih delapan medali dalam ajang International Olympiad on Informatics (IOI) atau Olimpiade Informatika ke-34.

NEWS | 15 Agustus 2022

Komnas HAM Undur Waktu Tinjau TKP Tewasnya Brigadir J

Komnas HAM mengubah jadwal kedatangan ke tempat kejadian perkara (TKP) tewasnya Brigadir J dari pagi ini menjadi sore hari.

NEWS | 15 Agustus 2022

Prakiraan Cuaca, Sebagian Jakarta Bakal Diguyur Hujan

Menurut prakiraan cuaca BMKG, sebagian wilayah Jakarta bakal diguyur hujan ringan hingga sedang pada Senin (15/8/2022).

NEWS | 15 Agustus 2022

Pendaftaran Ditutup, KPU Tegaskan Parpol Tak Bisa Lengkapi Dokumen Lagi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menutup rangkaian pendaftaran partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024, Minggu (14/8/2022) pukul 23.59 WIB.

NEWS | 15 Agustus 2022

Wow! Tim IOI Indonesia Berhasil Rebut Delapan Medali

Tim Indonesia berhasil meraih delapan medali di ajang International Olympiad on Informatics (IOI) ke-34.

NEWS | 15 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Usut Pemicu Penembakan Brigadir J, Timsus ke Magelang

Usut Pemicu Penembakan Brigadir J, Timsus ke Magelang

NEWS | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings