Logo BeritaSatu

Ganjar Hadiri Pembukaan Borobudur Student Festival 2022

Senin, 27 Juni 2022 | 17:09 WIB
Oleh : JNS

Magelang, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri pembukaan Borobudur Student Festival 2022 di Canisio Art Center, SD Kanisius, Wonorejo, Kabupaten Magelang, Senin (27/6/2022).

Menariknya, Ganjar mendadak menjadi sutradara pertunjukan tari Maumere atau Gemu Fa Mire pada kesempatan tersebut. Ia mengumpulkan para pelajar dari berbagai daerah di atas panggung untuk menari bersama.

Advertisement

Awalnya, Ganjar menyapa para perwakilan pelajar dari seluruh Indonesia yang ikut memeriahkan Borobudur Student Festival. Di antaranya pelajar asal Bali, Ternate, Ambon, Papua, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, Jawa, hingga Aceh.

"Wow, ada dari Sikka (Nusa Tenggara Timur). Bisa menyanyi Maumere? Oke, sini nyanyi bareng. Ada yang mau ikut menyanyi Maumere?" ajak Ganjar kepada para pelajar sembari menunggu pemusik menyiapkan diri.

Setelah itu, Ganjar dengan spontan mengajak satu per satu perwakilan dari Aceh, Bali, Jawa Tengah, Papua, Ambon, dan Ternate untuk naik ke punggung.

"Oke, sudah siap. Silakan mulai. Terus tariannya gimana? Nah ayo semuanya ikut menari," kata Ganjar yang ikut menggerakkan tubuhnya mengikuti perwakilan Sikka diikuti oleh pelajar lainnya.

Suasana semakin meriah ketika semua yang hadir ikut mendendangkan lagu Maumere atau Gemu Fa Mire. Setelah itu, Ganjar kemudian meminta masing-masing perwakilan yang naik ke panggung untuk mempertunjukkan salah satu kesenian daerah. Pada saat itulah lagu Bungong Jeumpa, tari Ratoh Jaroe, tari Cakalele, hingga tari Kecak ikut mewarnai acara.

"Terima kasih untuk semua yang datang ke Student Festival ini. Baru datang saja tadi saya sudah lihat bagaimana bajunya saja beragam. Nenek moyang kita itu peradabannya tinggi," kata Ganjar.

Usai membuka acara, Ganjar kemudian berkeliling melihat hasil karya dari para pelajar. Ia mengaku terkejut karena acara tersebut dapat dihadiri dari perwakilan seluruh Indonesia. Di antara karya yang menarik perhatian Ganjar adalah masker arang untuk perawatan muka, kriya berupa keramik, dan pengolahan sampah.

"Ternyata anak-anak bisa berkumpul dari seluruh Indonesia. Saya cukup surprise ya, anak Papua hadir, NTT hadir, Ambon, Aceh, Bali, menurut saya luar biasa. Mereka sudah membawa seni-budaya masing-masing termasuk karya yang inovatif sesuai dengan kapasitasnya sebagai pelajar," ujar Ganjar usai acara.

Ganjar mengatakan hasil karya yang bermacam jenisnya itu merupakan bentuk bagaiman pelajar memiliki kemerdekaan dalam belajar. Student Festival juga menjadi sebuah improvisasi yang bagus dan harus dikembangkan lagi.

Ia berharap student festival itu bisa digelar secara bergilir di berbagai tempat di Indonesia. Tujuannya adalah membuka ruang belajar tentang keberagaman dan berbagi kebudayaan di antara para pelajar.

"Saya membayangkan kalau Student Festival ini bisa bergilir ke banyak tempat di Indonesia dan mereka akan piknik. Pikniknya jauh dan literasinya akan banyak sekali. Bisa kenal antarsuku berbeda, agama berbeda, dan kemudian seni-budaya serta kuliner yang berbeda. Itu pasti akan mengasyikkan. Anak-anak kita akan merasa Indonesia sangat kaya," katanya.

Selain itu, Ganjar juga sempat memborong kaus yang didesain oleh pelajar yang dijual sekaligus fundraising. Menurut Ganjar, membeli produk yang dihasilkan anak-anak merupakan bagian dari motivasi bagi mereka untuk terus belajar dan berkarya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Badai Pasir Landa Madinah, Jemaah Haji Indonesia Dipastikan Aman

Badai pasir mewarnai pemulangan jemaah haji Indonesia di Bandara Udara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdulaziz, Madinah.

NEWS | 8 Agustus 2022

Prabowo dan Cak Imin Pimpin Pendaftaran Gerindra-PKB ke KPU

Pendaftaran Partai Gerindra dan PKB sebagai parpol calon peserta Pemilu 2024 di KPU akan dipimpin langsung oleh Prabowo Subianto dan Cak Imin.

NEWS | 7 Agustus 2022

Dua Bocah Tenggelam Saat Berenang di Kali Bekasi

Dua bocah tenggelam saat berenang bersama teman-temannya di Kali Bekasi, Perumahan Kemang Pratama 5, Kota Bekasi, Minggu (7/8/2022) siang.

NEWS | 7 Agustus 2022

Ledakan Tangki Penyimpanan BBM di Kuba, 17 Orang Hilang

Ledakan tangki penyimpanan BBM di pelabuhan supertanker dekat pelabuhan Matanzas di Kuba pada Sabtu (6/8/2022), mengakibatkan 17 orang hilang

NEWS | 7 Agustus 2022

Ulama di Jawa Barat Doakan Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

Sahabat Ganjar bersama ulama, ustaz, dan ustazah di Jawa Barat mendoakan Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024. 

NEWS | 7 Agustus 2022

Berangkat dari Masjid Sunda Kelapa, Gerindra dan PKB Akan Daftar Bareng ke KPU

Masjid Sunda Kelapa menjadi titik keberangkatan kader Gerindra dan PKB untuk bersama melakukan pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2024 di KPU, besok.

NEWS | 7 Agustus 2022

Twitter Diretas, 5 Juta Data Pribadi Pengguna Mungkin Bocor

Twitter diretas dan data pribadi lima juta penggunanya mungkin bocor. Sistem bug memungkinkan peretas mencuri data pribadi

NEWS | 7 Agustus 2022

Boyamin MAKI Ungkap Sumber Kisruh Kasus LNG Pertamina

Koordinator MAKI, Boyamin Saiman membocorkan kasus dugaan korupsi pembelian liquefied natural gas (LNG) di PT Pertamina. 

NEWS | 7 Agustus 2022

Moeldoko: Rapatkan Barisan, Negara Sedang Hadapi Ujian Berat

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengungkapkan negara sedang menghadapi ujian berat, yakni ancaman krisis pangan, energi, dan ketidakpastian global.

NEWS | 7 Agustus 2022

Ukraina Peringatkan Bahaya Bom Atom di Pembangkit Nuklir

Ukraina memperingatkan bahaya bom atom di pembangkit listrik tenaga nuklir (NPP) Zaporizhzhia pada Jumat (5/8/2022).

NEWS | 7 Agustus 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Bharada E


# Polisi Tembak Polisi


# Liga Inggris


# Man City


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Badai Pasir Landa Madinah, Jemaah Haji Indonesia Dipastikan Aman

Badai Pasir Landa Madinah, Jemaah Haji Indonesia Dipastikan Aman

NEWS | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings