Logo BeritaSatu

Jateng Rawan Bencana, Taj Yasin Minta PMI dan BPBD Tingkatkan Sinergisitas

Senin, 27 Juni 2022 | 23:04 WIB
Oleh : Rachman Pratama / CAR

Blora, Beritasatu.com - Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Taj Yasin Maimoen meminta Palang Merah Indonesia meningkatkan sinergisitas dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten/kota. Langkah itu sebagai upaya agar penanganan bencana di berbagai daerah di Jateng dapat lebih optimal.

“Saya tegaskan, setelah ini PMI dan BPBD dalam kegiatan-kegiatannya, terutama dalam penanggulangan kebencanaan bisa bersinergi. Terlebih kedua organisasi ini benar-benar mengedepankan sisi kemanusiaan,” ujarnya usai menyaksikan pelantikan Dewan Kehormatan dan pengurus PMI Kabupaten Blora masa bakti 2022-2027 di Pendopo Kabupaten Blora, Senin (27/6/2022).

Advertisement

Selain meningkatkan sinergisitas dengan BPBD, Taj Yasin berharap PMI lebih bersinergi dengan rumah sakit (RS) pusat, provinsi, maupun kabupaten dan kota. Diharapkan tidak ada persaingan di dalam kemanusiaan, semua berjuang bersama-sama untuk membantu masyarakat.

Dia mengatakan kiprah PMI tidak hanya menyangkut penyediaan kebutuhan darah. Banyak hal yang telah dilakukan PMI, termasuk penyediaan klinik kesehatan di beberapa kabupaten/kota. Langkah ini merupakan salah satu upaya PMI dalam meningkatkan pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat.

Tidak kalah penting, masyarakat juga perlu penjelasan, bahwa penyediaan darah di PMI bukan bisnis melainkan kegiatan kemanusiaan. Sebab, biaya yang ditetapkan bagi masyarakat yang membutuhkan darah adalah biaya untuk proses pengolahan dan pemilahan darah.

“Ini memang kerja sama PMI yang didukung oleh pemda tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota. Artinya kita bisa berjalan dengan benar dan bersinergi menanggulangi berbagai bencana,” katanya.

Taj Yasin meminta kepada semua pengurus yang baru dilantik untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai bencana alam yang mengintai wilayah Blora. Misalnya, banjir di Blora bagian timur atau di daerah lintasan Sungai Bengawan Solo, bencana kekeringan, tanah longsor yang diakibatkan hutan gundul, dan sebagainya.

“Kalau kita lihat wilayah Blora dari atas, itu kita melihat banyak hutan yang gundul, pohon-pohon mulai menipis, maka kita harus siap siaga untuk kebencanaan,” tandasnya.

Bupati Blora Arief Rohman dalam sambutannya mengatakan tantangan kebencanaan di daerahnya ke depan makin beragam. Pengurus PMI yang baru diharapkan dapat bekerja dan mengabdi kepada masyarakat dengan lebih baik. Terlebih dalam menghadapi situasi yang tidak menentu dan butuh kesiapsiagaan strategi yang adaptif dengan segala kondisi yang ada di Blora.

“Semua masyarakat diharapkan untuk bergandengan tangan, termasuk PMI dan badan-badan kemanusiaan yang memiliki relawan di seluruh penjuru Blora dalam rangka untuk penanggulangan bencana, pandemi, dan sebagainya,” harap Arief.

Para pengurus PMI diharapkan segera menyusun program-program yang sejalan dengan visi dan misi Pemkab Blora, meningkatkan sinergitas antara organisasi, pemerintah, dan masyarakat untuk kemajuan Blora.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Badai Pasir Landa Madinah, Jemaah Haji Indonesia Dipastikan Aman

Badai pasir mewarnai pemulangan jemaah haji Indonesia di Bandara Udara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdulaziz, Madinah.

NEWS | 8 Agustus 2022

Prabowo dan Cak Imin Pimpin Pendaftaran Gerindra-PKB ke KPU

Pendaftaran Partai Gerindra dan PKB sebagai parpol calon peserta Pemilu 2024 di KPU akan dipimpin langsung oleh Prabowo Subianto dan Cak Imin.

NEWS | 7 Agustus 2022

Dua Bocah Tenggelam Saat Berenang di Kali Bekasi

Dua bocah tenggelam saat berenang bersama teman-temannya di Kali Bekasi, Perumahan Kemang Pratama 5, Kota Bekasi, Minggu (7/8/2022) siang.

NEWS | 7 Agustus 2022

Ledakan Tangki Penyimpanan BBM di Kuba, 17 Orang Hilang

Ledakan tangki penyimpanan BBM di pelabuhan supertanker dekat pelabuhan Matanzas di Kuba pada Sabtu (6/8/2022), mengakibatkan 17 orang hilang

NEWS | 7 Agustus 2022

Ulama di Jawa Barat Doakan Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

Sahabat Ganjar bersama ulama, ustaz, dan ustazah di Jawa Barat mendoakan Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024. 

NEWS | 7 Agustus 2022

Berangkat dari Masjid Sunda Kelapa, Gerindra dan PKB Akan Daftar Bareng ke KPU

Masjid Sunda Kelapa menjadi titik keberangkatan kader Gerindra dan PKB untuk bersama melakukan pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2024 di KPU, besok.

NEWS | 7 Agustus 2022

Twitter Diretas, 5 Juta Data Pribadi Pengguna Mungkin Bocor

Twitter diretas dan data pribadi lima juta penggunanya mungkin bocor. Sistem bug memungkinkan peretas mencuri data pribadi

NEWS | 7 Agustus 2022

Boyamin MAKI Ungkap Sumber Kisruh Kasus LNG Pertamina

Koordinator MAKI, Boyamin Saiman membocorkan kasus dugaan korupsi pembelian liquefied natural gas (LNG) di PT Pertamina. 

NEWS | 7 Agustus 2022

Moeldoko: Rapatkan Barisan, Negara Sedang Hadapi Ujian Berat

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengungkapkan negara sedang menghadapi ujian berat, yakni ancaman krisis pangan, energi, dan ketidakpastian global.

NEWS | 7 Agustus 2022

Ukraina Peringatkan Bahaya Bom Atom di Pembangkit Nuklir

Ukraina memperingatkan bahaya bom atom di pembangkit listrik tenaga nuklir (NPP) Zaporizhzhia pada Jumat (5/8/2022).

NEWS | 7 Agustus 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Bharada E


# Polisi Tembak Polisi


# Liga Inggris


# Man City


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Badai Pasir Landa Madinah, Jemaah Haji Indonesia Dipastikan Aman

Badai Pasir Landa Madinah, Jemaah Haji Indonesia Dipastikan Aman

NEWS | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings