Logo BeritaSatu

Tiongkok dan Rusia Ingin Bentuk G7 Tandingan

Jumat, 1 Juli 2022 | 09:33 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Moskwa, Beritasatu.com- Tiongkok dan Rusia ingin membentuk alternatif G7 atau G7 tandingan. Media Jerman, Frankfurter Allgemeine Zeitung melaporkan bahwa Beijing dan Moskwa ingin memperluas BRICS dengan memasukkan empat negara lagi.

Tiongkok dan Rusia ingin BRICS, satu klub dari lima negara berkembang utama, menjadi penyeimbang bagi Kelompok Tujuh (G7) yang didominasi Barat. Untuk tujuan ini, Beijing dan Moskwa tampaknya berusaha untuk memperluas kelompok, selain Brasil, India, dan Afrika Selatan.

Advertisement

Dalam satu laporan pada hari Rabu, Frankfurter Allgemeine Zeitung mengklaim bahwa sejak dimulainya serangan Rusia terhadap Ukraina, dan pengenaan sanksi Barat, Moskwa telah berusaha untuk memperkuat dan memperluas aliansinya dengan negara-negara di Asia, Afrika, dan Amerika Latin.

Kremlin dilaporkan telah menumbuhkan harapan untuk mengubah BRICS menjadi G7 tandingan selama bertahun-tahun, setelah dikeluarkan dari G8 sebelumnya. Menurut surat kabar Jerman, Kremlin kini telah menggandakan upaya ini.

Pada Senin, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengumumkan bahwa dua negara lagi, Argentina dan Iran, telah mendaftar untuk bergabung dengan kelompok tersebut. Di saluran Telegram, diplomat itu mencatat bahwa situasi ini terjadi, saat Gedung Putih sedang memikirkan apa yang harus diputuskan, dilarang, atau dirusak di dunia.

Sebelumnya, para pejabat di Teheran dan Buenos Aires mengkonfirmasi kesediaan negara mereka untuk menjadi anggota penuh.

Juga mengomentari Telegram, senator Rusia Aleksey Pushkov, yang sebelumnya menjabat sebagai kepala Komite Urusan Luar Negeri di Duma Negara, berpendapat pada hari Senin bahwa meskipun BRICS tidak menyatakan ini, mereka mampu menjadi alternatif dan bahkan penyeimbang ke G7 di masa depan karena menyatukan negara-negara terkemuka di dunia non-Barat.

Pushkov menggambarkan tawaran Iran dan Argentina sebagai terobosan, karena ini tidak hanya merusak upaya Barat untuk mengisolasi Rusia, tetapi juga secara signifikan memperluas organisasi ekonomi-politik dunia non-Barat.

Sementara itu, para ahli yang dikutip oleh kantor berita Rusia RIA Novosti mengklaim bahwa sepuluh negara lagi dapat bergabung dengan BRICS di masa depan, termasuk Meksiko, Turki, dan Arab Saudi.

Menurut Frankfurter Allgemeine Zeitung, anggota pendiri BRICS lainnya, Tiongkok, juga ingin melihat klub berkembang lebih jauh. Beijing dikabarkan ingin mengundang Indonesia dan Mesir ke organisasi tersebut. Sama seperti Rusia, Tiongkok menganggap BRICS yang lebih besar sebagai alternatif potensial untuk G7 yang didominasi Barat, klaim artikel tersebut.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Badai Pasir Landa Madinah, Jemaah Haji Indonesia Dipastikan Aman

Badai pasir mewarnai pemulangan jemaah haji Indonesia di Bandara Udara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdulaziz, Madinah.

NEWS | 8 Agustus 2022

Prabowo dan Cak Imin Pimpin Pendaftaran Gerindra-PKB ke KPU

Pendaftaran Partai Gerindra dan PKB sebagai parpol calon peserta Pemilu 2024 di KPU akan dipimpin langsung oleh Prabowo Subianto dan Cak Imin.

NEWS | 7 Agustus 2022

Dua Bocah Tenggelam Saat Berenang di Kali Bekasi

Dua bocah tenggelam saat berenang bersama teman-temannya di Kali Bekasi, Perumahan Kemang Pratama 5, Kota Bekasi, Minggu (7/8/2022) siang.

NEWS | 7 Agustus 2022

Ledakan Tangki Penyimpanan BBM di Kuba, 17 Orang Hilang

Ledakan tangki penyimpanan BBM di pelabuhan supertanker dekat pelabuhan Matanzas di Kuba pada Sabtu (6/8/2022), mengakibatkan 17 orang hilang

NEWS | 7 Agustus 2022

Ulama di Jawa Barat Doakan Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

Sahabat Ganjar bersama ulama, ustaz, dan ustazah di Jawa Barat mendoakan Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024. 

NEWS | 7 Agustus 2022

Berangkat dari Masjid Sunda Kelapa, Gerindra dan PKB Akan Daftar Bareng ke KPU

Masjid Sunda Kelapa menjadi titik keberangkatan kader Gerindra dan PKB untuk bersama melakukan pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2024 di KPU, besok.

NEWS | 7 Agustus 2022

Twitter Diretas, 5 Juta Data Pribadi Pengguna Mungkin Bocor

Twitter diretas dan data pribadi lima juta penggunanya mungkin bocor. Sistem bug memungkinkan peretas mencuri data pribadi

NEWS | 7 Agustus 2022

Boyamin MAKI Ungkap Sumber Kisruh Kasus LNG Pertamina

Koordinator MAKI, Boyamin Saiman membocorkan kasus dugaan korupsi pembelian liquefied natural gas (LNG) di PT Pertamina. 

NEWS | 7 Agustus 2022

Moeldoko: Rapatkan Barisan, Negara Sedang Hadapi Ujian Berat

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengungkapkan negara sedang menghadapi ujian berat, yakni ancaman krisis pangan, energi, dan ketidakpastian global.

NEWS | 7 Agustus 2022

Ukraina Peringatkan Bahaya Bom Atom di Pembangkit Nuklir

Ukraina memperingatkan bahaya bom atom di pembangkit listrik tenaga nuklir (NPP) Zaporizhzhia pada Jumat (5/8/2022).

NEWS | 7 Agustus 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Bharada E


# Polisi Tembak Polisi


# Liga Inggris


# Man City


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Badai Pasir Landa Madinah, Jemaah Haji Indonesia Dipastikan Aman

Badai Pasir Landa Madinah, Jemaah Haji Indonesia Dipastikan Aman

NEWS | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings