Logo BeritaSatu

Tanaman Pemangsa Mahluk Bawah Tanah Ditemukan di Kalimantan

Jumat, 1 Juli 2022 | 23:03 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Praha, Beritasatu.com - Para ilmuwan telah menemukan tanaman karnivora di Kalimantan Utara (Kaltara) yang menumbuhkan alat penangkap mangsa di bawah tanah, untuk memakan makhluk bawah tanah seperti cacing, larva, dan kumbang.

Spesies tanaman kantong semar itu ditemukan di Provinsi Kaltara. Seperti tanaman kantong semar lainnya, Nepenthes pudica telah memodifikasi daunnya, yang dikenal sebagai perangkap jebakan atau kantong, tempat mangsanya jatuh sebelum dikonsumsi. Satu spesies sangat besar sehingga dapat menjebak tikus.

Advertisement

Tidak ada spesies lain dari tanaman kantong semar yang diketahui ilmuwan menangkap mangsanya di bawah tanah.

Tanaman itu membentuk tunas bawah tanah khusus dengan daun kecil, putih, bebas klorofil, kata para peneliti. Kantongnya jauh lebih besar dari daunnya dan memiliki warna kemerahan.

"Spesies ini menempatkan kantong sepanjang 11 cm (4,3 inci) di bawah tanah, di mana mereka terbentuk di rongga atau langsung di tanah dan menjebak hewan yang hidup di bawah tanah, biasanya semut, tungau, dan kumbang," kata penulis studi utama Martin Dančák dari Palacký University Olomouc, Republik Ceko, dalam rilis berita.

Hanya tiga kelompok tanaman karnivora lain yang diketahui dapat menjebak mangsa di bawah tanah, tetapi mereka semua menggunakan mekanisme perangkap yang sangat berbeda dan, tidak seperti Nepenthes pudica, hanya dapat menangkap organisme yang sangat kecil, kata para peneliti.

"Menariknya, kami menemukan banyak organisme yang hidup di dalam kantong, termasuk larva nyamuk, nematoda, dan spesies cacing, yang juga digambarkan sebagai spesies baru," kata Václav ermák dari Mendel University di Brno, Republik Ceko, yang juga bagian dari tim peneliti.

Keberuntungan memainkan peran dalam penemuannya. Para ilmuwan memperhatikan tanaman di gunung yang mereka jelajahi yang sangat mirip dengan Nepenthes tetapi tidak menghasilkan kantong. Pencarian awal menunjukkan kantong cacat yang menonjol dari tanah.

"Awalnya, kami mengira itu adalah kantong yang terkubur secara tidak sengaja dan kondisi lingkungan setempat telah menyebabkannya," kata uboš Majeský dari Universitas Palacký Olomouc, yang merupakan bagian dari tim peneliti.

"Namun, saat kami terus menemukan tanaman tanpa kantung di sepanjang pendakian ke puncak, kami bertanya-tanya apakah spesies tanaman kantung semar mungkin telah berevolusi menuju hilangnya karnivora, seperti yang terlihat pada beberapa tanaman karnivora lainnya."


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: CNN

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kibarkan Bendera Merah Putih di Ujung Perbatasan

Jelang HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77, Satgas Yonif 126 menggelar pengibaran bendera Merah Putih di Kampung Somografi, Kabupaten Keerom, Papua.

NEWS | 15 Agustus 2022

Usut Pemicu Penembakan Brigadir J, Timsus ke Magelang

Timsus berangkat ke agelang guna mengusut pemicu peristiwa penembakan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J

NEWS | 15 Agustus 2022

5 Tewas Akibat Ledakan di Ekuador, Diduga Aksi Geng Narkoba

Lima orang tewas dan 16 luka-luka di kota pelabuhan Guayaquil, Ekuador, dalam serangan yang dituduh pemerintah dilakukan geng narkoba.

NEWS | 15 Agustus 2022

Putin: Rusia Bakal Perluas Hubungan Bilateral dengan Korea Utara

Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bahwa kedua negara akan memperluas hubungan bilateral yang komprehensif.

NEWS | 15 Agustus 2022

Warga Subang hingga Karawang Deklarasi Dukung Erick Thohir

Sobat Erick di Kabupaten Subang dan Kabupaten Karawan menggandeng sejumlah masyarakat dan komunitas untuk mendukung Erick Thohir

NEWS | 15 Agustus 2022

Menko PMK Serahkan Bendera IOI 2023 kepada Hungaria

Menko PMK, Muhadjir Effendy menyerahkan bendera secara estafet penyelenggaraan IOI ke-35 kepada Hungaria.

NEWS | 15 Agustus 2022

Keren, Indonesia Raih 8 Medali di Olimpiade Informatika 2022

Indonesia berhasil meraih delapan medali dalam ajang International Olympiad on Informatics (IOI) atau Olimpiade Informatika ke-34.

NEWS | 15 Agustus 2022

Komnas HAM Undur Waktu Tinjau TKP Tewasnya Brigadir J

Komnas HAM mengubah jadwal kedatangan ke tempat kejadian perkara (TKP) tewasnya Brigadir J dari pagi ini menjadi sore hari.

NEWS | 15 Agustus 2022

Prakiraan Cuaca, Sebagian Jakarta Bakal Diguyur Hujan

Menurut prakiraan cuaca BMKG, sebagian wilayah Jakarta bakal diguyur hujan ringan hingga sedang pada Senin (15/8/2022).

NEWS | 15 Agustus 2022

Pendaftaran Ditutup, KPU Tegaskan Parpol Tak Bisa Lengkapi Dokumen Lagi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menutup rangkaian pendaftaran partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024, Minggu (14/8/2022) pukul 23.59 WIB.

NEWS | 15 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kibarkan Bendera Merah Putih di Ujung Perbatasan

Kibarkan Bendera Merah Putih di Ujung Perbatasan

NEWS | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings