Logo BeritaSatu
Breaking News
LIVESTREAM
Breaking News R

Presiden Jokowi Kagum Impor Jagung Menurun Tajam

Uni Emirat Arab, Negara yang Dihuni 85% WNA

Sabtu, 2 Juli 2022 | 23:40 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / AB

Strategis
Kota Dubai sangat strategis sebagai hub untuk pengembangan jaringan mitra usaha dan perluasan pasar produk Indonesia ke Timur Tengah, Afrika, maupun Eropa. Dengan potensi sasaran pasar yang cukup luas, hampir semua jenis produk Indonesia, baik produk yang termasuk 10 komoditas utama ekspor Indonesia maupun komoditas non-utama memiliki potensi pasar di Dubai.

Indonesia memandang peran penting UEA, khususnya Dubai, sebagai salah satu hub perdagangan dunia dan Dubai sebagai pusat impor dan reeskspor produk Indonesia di pelbagai negara. Oleh sebab itu, Indonesia memanfaatkan peran Dubai untuk meningkatkan ekspor produk pertanian, seperti buah-buahan, selain ekspor langsung yang dilakukan Lulu Hypermarket ke UEA.

Uni Emirat Arab, Negara yang Dihuni 85% WNA
Peresmian Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 20 Oktober 2020.

Ekspor komoditas Indonesia ke UEA, antara lain mesin, kendaraan bermotor, peralatan listrik, suku cadang pesawat, produk dari kayu, batu berharga, makanan jadi, produk sayuran, dan hewan. Adapun impor Indonesia dari UEA terdiri dari mesin, minyak bumi, pelumas, aluminium, bahan kimia, dan bijih plastik.

Terletak di bagian tenggara Semenanjung Arab, UEA merupakan daratan berbentuk segitiga dengan garis pantai berhubungan dengan pantai Teluk Arab di bagian selatan dan tenggara, serta bagian dari pantai barat Teluk Oman. UEA berbatasan darat dengan Oman dan Arab Saudi.

UEA memiliki luas wilayah 83.600 kilometer persegi dan berbatasan negara dengan Arab Saudi (barat, selatan, dan tenggara), Oman (tenggara dan timur laut), Qatar (barat laut), serta Iran (utara). UEA memiliki panjang garis batas dengan Arab Saudi (530 km), Oman (450 km), Qatar (19 km), serta Iran (berbatasan laut).

UEA beriklim tropis dengan musim panas (April sampai Agustus), musim dingin (September sampai Maret), disertai curah hujan yang rendah. Secara topografi, UEA memiliki dataran pantai yang rendah menyatu ke bukit pasir bergulir dari gurun Rub Al-Khali, sementara pegunungan terjal berada di pinggiran perbatasan timur dengan Oman.

Dari segi sumber daya alam, UEA memiliki cadangan minyak, sekitar 3,3% produksi minyak dunia. UEA menempati peringkat delapan negara penghasil minyak terbesar di dunia. Sebanyak 90% sumber minyak ditemukan di wilayah Abu Dhabi, gas (1,6% produksi gas dunia dan memiliki 3,2% cadangan gas dunia), aluminium (3,4% produksi smelter aluminium dunia), dan sulfur (pengekspor sulfur terbesar di dunia).

Dengan bentuk negara federasi konstitusional, UEA adalah negara Islam berdasarkan Al-Qur'an dan sunah sesuai konstitusi The UAE Constitution 1971. UEA menggunakan civil law system dengan beberapa elemen diambil dari hukum Islam (syariah).

Tanpa partai politik, kepala negara UEA adalah presiden dan wakil presiden dipilih oleh Federal Supreme Council (FSC) untuk masa jabatan lima tahun. Apabila presiden dalam keadaan berhalangan, wakil presiden berkewajiban mengambil alih tanggung jawabnya. Presiden memiliki kekuasaan eksekutif dan legislatif yang luas.

Presiden memiliki kewenangan menyelenggarakan dan memimpin sidang-sidang FSC dan kabinet. Presiden merupakan panglima tertinggi angkatan bersenjata dan melakukan tugas mewakili negaranya dalam hubungan luar negeri. Presiden juga menandatangani setiap produk hukum dan perundang-undangan, ketetapan, serta keputusan, termasuk ratifikasi perjanjian internasional.

Presiden UEA menetapkan (penugasan dan pemberhentian, Red) perdana menteri serta ketua Federal Supreme Court beserta hakim agung, dan mengangkat duta besar. Kekuasaan tradisional presiden yang tetap berlangsung adalah memberikan amnesti dan pengampunan bagi terpidana.




hal 2 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Andika Akan Sanksi Pidana Oknum Prajurit TNI yang Diduga Tendang Suporter

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menegaskan oknum prajurit TNI yang diduga menendang suporter dalam tragedi Kanjuruhan, bakal disanksi pidana.

NEWS | 3 Oktober 2022

Eksepsi Ditolak, Sidang Korupsi Rp 86,5 Triliun Surya Darmadi Dilanjutkan

Eksepsi atau keberatan bos PT Duta Palma Group Surya Darmadi alias Apeng ditolak oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat.

NEWS | 3 Oktober 2022

Evaluasi Total Tragedi Kanjuruhan, Mahfud Minta Menpora Panggil PSSI

Menko Polhukam Mahfud MD meminta Menpora Zainudin Amali untuk segera memanggil Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

NEWS | 3 Oktober 2022

Elektabilitas Puan Meningkat, Serangan Buzzer Tak Berpengaruh

Elektabilitas Puan Maharani berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia, terus meningkat.

NEWS | 3 Oktober 2022

Surya Paloh Beri Otoritas Penuh kepada Anies Tentukan Cawapres

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh memberikan otoritas penuh kepada Anies Baswedan untuk memilih sendiri calon wakil presiden (cawapres).

NEWS | 3 Oktober 2022

Rasa Syukur Disabilitas Terima SK Non-ASN dari Gubernur Sulsel

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman menyerahkan surat keputusan non-ASN Pemprov Sulsel kepada 12 orang penyandang disabilitas.

NEWS | 3 Oktober 2022

Rawat Korban Tragedi Kanjuruhan, Menkes Diminta Tak Persoalkan Biaya

Menkes Budi Gunadi Sadikin diminta tidak mempersoalkan biaya dalam merawat korban tragedi Kanjuruhan

NEWS | 3 Oktober 2022

Surya Paloh Jelaskan Alasan Nasdem Usung Anies Baswedan

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh menjelaskan alasan pihaknya memilih mengusung Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Jenderal Andika Diminta Cek Video Tindakan Berlebih TNI di Tragedi Kanjuruhan

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa diminta  melakukan tindakan cepat sesuai aturan terkait tragedi Kanjuruhan

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Mahfud Minta Polri Segera Ungkap Pelaku

Mahfud MD meminta Polri agar segera mengungkap pelaku yang harus bertanggung jawab dalam tragedi Kanjuruhan

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Andika Akan Sanksi Pidana Oknum Prajurit TNI yang Diduga Tendang Suporter

Andika Akan Sanksi Pidana Oknum Prajurit TNI yang Diduga Tendang Suporter

NEWS | 18 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings