Logo BeritaSatu

Di Y-20 Summit, Puteri Komarudin Soroti Minimnya Keterwakilan Pemuda di Parlemen

Senin, 18 Juli 2022 | 22:10 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Salah seorang anggota DPR termuda Puteri Anetta Komarudin menyoroti minimnya keterwakilan pemuda di parlemen. Bukan hanya terjadi di Indonesia, kata Puteri, hal itu juga menjadi fenomena dunia sebagaimana dikatakan Ketua DPR Puan Maharani.

"Saya ingat Ibu Puan Maharani mengingatkan bahwa keterwakilan pemuda di dunia (dalam parlemen) baru 2,6 persen (dari total jumlah pemuda di dunia)," ujar Puteri saat memberikan sambutan di acara opening ceremony Y-20 Summit di Gedung Nusantara V DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/7/2022).

Di Indonesia, kata Puteri, justru keterwakilan pemuda di parlemen mengalami penurunan jika dibandingkan dengan periode sebelumnya. Pada periode 2019-2024, hanya terdapat 72 anggota DPR atau 12,5 persen dari total anggota DPR (575 orang) yang masuk anggota DPR muda. Sementara periode 2014-2019, terdapat 92 anggota DPR muda atau 16 persen.

"Mempertimbangkan 25 persen populasi Indonesia adalah pemuda, maka tidak diragukan lagi kalau keterwakilan pemuda di parlemen harus kita tingkatkan," tegas Putri.

Apalagi, kata Puteri, pemuda Indonesia termasuk salah satu pemuda yang paling aktif terkait gerakan untuk mempengaruhi berbagai isu, pengambilan kebijakan, dan peraturan perundang-undangan. Selain itu, tutur dia, pemuda Indonesia juga sering melakukan demonstrasi secara damai dan bertemu MPR dan DPR untuk menyampaikan aspirasi mereka yang seringkali sulit untuk dilakukan.

"Karena itulah Kaukus Pemuda DPR mencoba mengatasi kesenjangan tersebut untuk menyediakan kanal komunikasi antara pemuda dan perwakilan DPR muda mereka," tegas Putri.

Baca selanjutnya
Selain gerakan Kaukus Pemuda DPR, lanjut Putri, pihaknya juga telah meluncurkan ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Dua pekan setelah gempa Cianjur pada 21 November lalu jumlah pengungsi yang tinggal di tenda-tenda pengungsian terus berkurang.

NEWS | 3 Desember 2022

IDI: Kasus Polio di Aceh Jadi Pelajaran Pentingnya Vaksinasi

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi mengatakan kasus polio di Aceh menjadi pelajaran penting bagi pemerintah dan masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

NEWS | 3 Desember 2022

Bantu Korban Gempa Cianjur, Pemprov NTB Kirim 2 Truk Makanan

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah melepas pengiriman dua truk bantuan berupa makan siap saji untuk para korban gempa Cianjur. 

NEWS | 3 Desember 2022

KPU Pastikan Anggaran Pemilu Akan Dilaporkan Tiap Triwulan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan anggaran Pemilu 2022 akan dipertanggungjawabkan secara transparan dalam laporan keuangan triwulan.

NEWS | 3 Desember 2022

Subang Akan Menjadi Kawasan Industri

Pulo Gadung dinilai sudah tidak layak untuk lahan industri dan Subang dengan Bandara Kertajati serta dilalui Kereta Cepat Bandung bisa menjadi alternatif. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

IDI: Dunia Akui Pemulihan Kesehatan Pasca-Covid-19 di Indonesia

Ketua Umum PB IDI, Adib Khumaidi menyebut dunia mengakui langkah-langkah pemulihan kesehatan yang dilakukan Indonesia pascapandemi Covid-19.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, Ini Cara Cek Nama di DPT secara Online

KPU meminta masyarakat melindungi hak pilihnya di Pemilu 2024 dengan memastikan namanya tertera di daftar pemilih tetap (DPT). Ini cara cek DPT secara online.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

KPU meminta partai politik (parpol) untuk membuka diri kepada masyarakat, khususnya calon pemilih menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 3 Desember 2022

Hasyim Asy'ari: Personel KPU Sehat dan Siap Gelar Pemilu 2024

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari menyatakan seluruh personel KPU sehat dan siap menggelar Pemilu 2024. Hal ini ditandai acara gerak jalan sehat yang digelar pihaknya.

NEWS | 3 Desember 2022

Konsolidasi Nasional Jelang Pemilu 2024, KPU Gelar Jalan Sehat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar acara jalan sehat sebagai upaya konsolidasi nasional jelang Pemilu 2024. 

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE