Logo BeritaSatu

Ridwan Kamil Gelorakan Semangat KAA 1955 di KTT Y-20

Jumat, 22 Juli 2022 | 06:45 WIB
Oleh : Aep Sopandi / JAS

Bandung, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menggelorakan semangat Konferensi Asia Afrika (KAA) 1955 di KTT Youth 20 atau (Y-20) tahun 2022, saat menggelar Special Dinner di Kantor Pemprov Jabar di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (21/07/2022) malam.

Dalam menyukseskan Presidensi G-20 di Indonesia, delegasi anak muda calon pemimpin dunia berkumpul di Bandung untuk mengambil keputusan penting bagi negaranya.

"Dua hari ini debat sangat luar biasa, tetapi bersepakat terhadap poin-poin untuk dikomunikasikan yang akan saya perjuangkan dan akan saya sampaikan kepada Presiden Joko Widodo pada kesempatan tercepat. Poin-poin ini harus dipresentasikan dan dibahas secara serius pada KTT G-20 di Bali, " tutur Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil memaparkan, KTT G-20 bukan urusan senior saja. Justru masa depan itu yang menjadi kekhawatiran anak muda ini yang direspons secara serius .

"Mudah-mudahan peran Bandung, Jawa Barat memberikan semangat agar tidak tegang. Debatnya sudah terlihat seperti di PBB," kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menambahkan, suasana Bandung yang dingin dan lebih historis mereka menjadi rileks sehingga kesepakatannya dipahami, kemudian tantangan kedua yakni mengomunikasikannya .

"Saya Gubernur Jawa Barat selalu menggunakan semua kemampuan saya mulai dari anggaran, kebijakan, juga media sosial pribadi untuk mempromosikan nilai-nilai seperti ini," ungkap Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil juga menyinggung soal akses keuangan digital, sesuatu yang tidak bisa dihindari. "Revolusi keuangan digital kripto dan lain-lain tidak bisa dihindari. Kita jangan lari dari masalah, kita harus menghadapi masalah," ungkapnya.

"Maka isu-isu akses keuangan, isu digital, isu pinjol dan sisi negatifnya, ada judi online harus dilawan, tetapi di sisi lain kemerdekaan demokratisasi keuangan bisa sekarang bisa digunakan di mana saja tanpa harus melakukan secara fisik," ujar Emil.

"Secara umum saya menyemangati mereka dengan semangat KAA tahun 1955. Dulu di Bandung negara-negara Asia-Afrika melawan ketidakadilan. Sekarang juga lawanlah ketidakadilan di berbagai segi. Perjuangkan keadilan ekonomi, sosial, pendidikan dengan cara khas anak muda yang selalu bersemangat," papar Emil.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Dua pekan setelah gempa Cianjur pada 21 November lalu jumlah pengungsi yang tinggal di tenda-tenda pengungsian terus berkurang.

NEWS | 3 Desember 2022

IDI: Kasus Polio di Aceh Jadi Pelajaran Pentingnya Vaksinasi

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi mengatakan kasus polio di Aceh menjadi pelajaran penting bagi pemerintah dan masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

NEWS | 3 Desember 2022

Bantu Korban Gempa Cianjur, Pemprov NTB Kirim 2 Truk Makanan

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah melepas pengiriman dua truk bantuan berupa makan siap saji untuk para korban gempa Cianjur. 

NEWS | 3 Desember 2022

KPU Pastikan Anggaran Pemilu Akan Dilaporkan Tiap Triwulan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan anggaran Pemilu 2022 akan dipertanggungjawabkan secara transparan dalam laporan keuangan triwulan.

NEWS | 3 Desember 2022

Subang Akan Menjadi Kawasan Industri

Pulo Gadung dinilai sudah tidak layak untuk lahan industri dan Subang dengan Bandara Kertajati serta dilalui Kereta Cepat Bandung bisa menjadi alternatif. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

IDI: Dunia Akui Pemulihan Kesehatan Pasca-Covid-19 di Indonesia

Ketua Umum PB IDI, Adib Khumaidi menyebut dunia mengakui langkah-langkah pemulihan kesehatan yang dilakukan Indonesia pascapandemi Covid-19.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, Ini Cara Cek Nama di DPT secara Online

KPU meminta masyarakat melindungi hak pilihnya di Pemilu 2024 dengan memastikan namanya tertera di daftar pemilih tetap (DPT). Ini cara cek DPT secara online.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

KPU meminta partai politik (parpol) untuk membuka diri kepada masyarakat, khususnya calon pemilih menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 3 Desember 2022

Hasyim Asy'ari: Personel KPU Sehat dan Siap Gelar Pemilu 2024

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari menyatakan seluruh personel KPU sehat dan siap menggelar Pemilu 2024. Hal ini ditandai acara gerak jalan sehat yang digelar pihaknya.

NEWS | 3 Desember 2022

Konsolidasi Nasional Jelang Pemilu 2024, KPU Gelar Jalan Sehat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar acara jalan sehat sebagai upaya konsolidasi nasional jelang Pemilu 2024. 

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

NEWS | 18 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE