Logo BeritaSatu

Di KTT Y-20, Airlangga: Anak Muda Berpotensi Ciptakan Lapangan Kerja

Jumat, 22 Juli 2022 | 23:41 WIB
Oleh : Herman / AB

Jakarta, Beritasatu.com - Saat memberikan keynote speech secara virtual dalam kegiatan KTT Y-20, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan bahwa generasi muda memiliki potensi tinggi untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang berkelanjutan dan inklusif. Selain itu, generasi muda juga diharapkan mampu mengoptimalkan peran pentingnya dalam menentukan masa depan bangsa melalui partisipasi aktif dalam proses politik dan pengambilan kebijakan di masa mendatang.

"Saya ingin menggarisbawahi, generasi muda memiliki peran penting dalam menciptakan pekerjaan sendiri dan menentukan masa depan bangsa melalui partisipasi aktif dalam proses politik,” kata Menko Airlangga, Jumat (22/7/2022).

Airlangga menyampaikan dalam presidensi G-20, Indonesia berupaya memfasilitasi peluang generasi muda guna menjadi aktor penting dalam Sustainable Development Goals (SDGs) pada 2030. Upaya tersebut diakomodasi pemerintah dalam Forum Youth 20 (Y-20) yang mengangkat empat isu utama, yakni ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet yang berkelanjutan dan layak huni, serta keberagaman dan inklusi.

“Saya menyambut baik komunike Y-20 dengan empat bidang yang menjadi fokus Komite Y-20 Indonesia sebagai isu yang secara signifikan berdampak pada kaum muda di seluruh dunia,” ujar Airlangga.

Selain mengangkat empat isu penting tersebut, Y-20 turut menjadi tonggak dalam memfasilitasi keterwakilan berbagai komunitas yang kurang terwakili, penyandang disabilitas, serta komunitas lokal, sebagai pengamat resmi dalam Y-20 Indonesia. Keberagaman perwakilan tersebut bertujuan mengakomodasi berbagai suara dan kepentingan kelompok-kelompok minoritas, marginal, maupun yang secara historis memiliki hambatan tersendiri.

Dukungan lainnya, lanjut Airlangga, turut disediakan pemerintah guna mempersiapkan generasi muda untuk terjun dalam industri 4.0 dengan mengalokasikan Rp 373 triliun untuk bantuan pembiayaan usaha melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan mempermudah persyaratan dalam mengakses bantuan pembiayaan tersebut.

Selain itu, pemerintah juga telah menyiapkan program Kartu Prakerja yang menyediakan akses dan pembiayaan bagi generasi muda dalam melakukan upskilling dan reskilling, sehingga diharapkan mampu meningkatkan daya saing yang kompetitif dalam dunia kerja. Hingga saat ini, program Kartu Prakerja telah menjangkau 12,8 juta penerima yang didominasi generasi muda.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

KPU meminta partai politik (parpol) untuk membuka diri kepada masyarakat, khususnya calon pemilih menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 3 Desember 2022

Hasyim Asy'ari: Personel KPU Sehat dan Siap Gelar Pemilu 2024

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari menyatakan seluruh personel KPU sehat dan siap menggelar Pemilu 2024. Hal ini ditandai acara gerak jalan sehat yang digelar pihaknya.

NEWS | 3 Desember 2022

Konsolidasi Nasional Jelang Pemilu 2024, KPU Gelar Jalan Sehat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar acara jalan sehat sebagai upaya konsolidasi nasional jelang Pemilu 2024. 

NEWS | 3 Desember 2022

Warga dan Petugas Damkar Lebak Tangkap Ular Piton Panjang 3 Meter

Warga dan petugas pemadam kebakaran (damkar) Lebak, menangkap ular piton sepanjang 3 meter, Sabtu (3/12/2022) dini hari.

NEWS | 3 Desember 2022

Jokowi Hadiri Acara Puncak HUT Ke-77 PGRI dan HGN 2022

Acara puncak peringatan HUT ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 dihadiri Presiden Jokowi.

NEWS | 3 Desember 2022

Pernyataan Benny Rhamdani soal Siap Perang Dinilai Harus Dilihat Utuh

Efriza menilai pihak-pihak mempersoalkan diksi siap perang dan menyerang Benny Rhamdani saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlalu berlebihan.

NEWS | 3 Desember 2022

8 Pemprov Desak RUU Daerah Kepulauan Disahkan pada 2023

Delapan pemerintah provinsi (pemprov) mendesak agar Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Kepulauan yang sudah masuk Prolegnas agar disahkan pada 2023.

NEWS | 3 Desember 2022

DPR Optimistis Yudo Margono Mampu Pimpin TNI secara Profesional

Anggota Komisi I DPR Christina Aryani menyampaikan selamat kepada Laksamana TNI Yudo Margono yang sudah mendapat persetujuan sebagai Panglima TNI.

NEWS | 3 Desember 2022

Soal Calon Kasal, Laksamana Yudo Margono: Rahasia

Calon Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono belum dapat mengungkapkan calon Kepala Staf Angkata Laut (Kasal) yang akan menggantikannya. 

NEWS | 3 Desember 2022

Paripurna DPR Pengesahan Yudo Margono sebagai Panglima TNI Digelar Selasa

DPR bakal menggelar rapat paripurna untuk mengesahkan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI pada Selasa (6/12/2022).

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

NEWS | 25 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE