Logo BeritaSatu

Kejagung Jerat Surya Darmadi sebagai Tersangka Korupsi dan Pencucian Uang

Senin, 1 Agustus 2022 | 14:50 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan pemilik PT Duta Palma Group, Surya Darmadi alias Apeng sebagai tersangka kasus dugaan korupsi terkait penyerobotan lahan di Riau oleh PT Duta Palma Group. Tak hanya itu, Kejagung juga menetapkan Surya Darmadi alias Apeng sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

"Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus telah menetapkan dua orang tersangka terkait dengan perkara dugaan tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang dalam kegiatan pelaksanaan yang dilakukan oleh PT Duta Palma Group di Kabupaten Indragiri Hulu," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Ketut Sumedana dalam keterangannya, Senin (1/8/2022).

Selain Surya Darmadi, dalam kasus dugaan korupsi penyerobotan lahan, Kejagung juga menjerat Raja Thamsir Rachman selaku Bupati Indragiri Hulu periode 1999-2008. Sementara, untuk dugaan tindak pidana pencucian uang, Kejagung hanya menjerat Surya Darmadi.

Ketut membeberkan, pada 2003, Surya Darmadi alias Apeng selaku Pemilik PT Duta Palma Group yang memiliki sejumlah anak perusahaan, seperti PT Banyu Bening Utama, PT Panca Agro Lestari, PT Seberida Subur, PT Palma Satu dan PT Kencana Amal Tani melakukan kesepakatan dengan Raja Thamsir Rachman selaku Bupati Indragiri Hulu saat itu.

Beberapa kesepakatan itu di antaranya, untuk mempermudah dan memuluskan perizinan kegiatan usaha budidaya perkebunan kelapa sawit dan kegiatan usaha pengolahan kelapa sawit maupun persyaratan penerbitan HGU kepada perusahaan-perusahaan Surya Darmadi di Kabupaten Indragiri Hulu di lahan yang berada dalam kawasan hutan baik HPK (hutan produksi yang dapat dikonversi), HPT (hutan produksi terbatas) dan HPL (hutan penggunaan lainnya) di Kabupaten Indragiri Hulu.

"Dengan cara membuat kelengkapan perizinan terkait izin lokasi dan izin usaha perkebunan secara melawan hukum dan tanpa didahului dengan adanya izin prinsip, Amdal dengan tujuan untuk memperoleh izin pelepasan kawasan hutan dan HGU," katanya.

Baca selanjutnya
• Selain itu, PT Duta Palma Group sampai dengan saat ini ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kemenkominfo Apresiasi Kerja Humas Pemerintah Selama G-20

Kemenkominfo memberi apresiasi atas hasil kerja keras kerja humas pemerintah, utamanya terkait komunikasi publik perhelatan Presidensi G-20 Indonesia.

NEWS | 28 November 2022

Longsor Tutup Jalan Lembang Maribaya

Material tanah longsor yang menutup badan jalan, membuat arus lalu lintas yang menghubungkan antardua desa dan sejumlah tempat wisata ditutup sementara.

NEWS | 27 November 2022

Ini Kronologi Helikopter Polri Hilang Kontak di Belitung Timur

Helikopter Polri hilang kontak di dekat perairan Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung pada hari ini, Minggu (27/11/2022).

NEWS | 27 November 2022

Putri Kim Jong-un Kembali Muncul, Panaskan Perdebatan Soal Suksesi

Putri Kim Jong-un pemimpin Korea Utara, kembali tampil di depan umum, kali ini dengan ilmuwan rudal dan berpose dengan tentara bersama sang ayah.

NEWS | 27 November 2022

Helikopter Hilang Kontak Milik Baharkam Membawa 4 Orang

Helikopter hilang kontak di dekat perairan Kabupaten Belitung Timur adalah milik Baharkam Polri yang dioperasikan Polda Kalimantan Tengah.

NEWS | 27 November 2022

Aksi Protes Kebijakan Nol-Covid Tiongkok Menyebar ke Seluruh Negeri

Aksi protes kebijakan nol Covid Tiongkok meluas setelah warga marah akibat kebijakan yang mengurung jutaan orang di dalam rumah.

NEWS | 27 November 2022

Tim SAR Gabungan Menuju Titik Jatuh Helikopter Polri di Belitung Timur

Tim SAR gabungan sekitar 40 personel telah berada di Pelabuhan Manggar dan bersiap menuju lokasi perairan yang diduga menjadi titik jatuhnya helikopter Polri.

NEWS | 27 November 2022

Dokter THT Sebut Profesi CS Rentan Alami Gangguan Pendengaran

Budi beberapa kali mendapat pasien dengan profesi customer service (CS) yang mengeluhkan masalah gangguan pendengaran.

NEWS | 27 November 2022

Helikopter Polri Hilang Kontak, Upaya Pencarian Dilakukan Besok

Sebuah helikopter Polri hilang kontak di sekitar Kepulauan Bangka Belitung sidang tadi, dan pencarian akan dilakukan besok.

NEWS | 27 November 2022

Helikopter Polri Hilang Kontak di Perairan Belitung Timur

Helikopter Polri tipe Bell 105 dengan nomor registrasi P-1103 dikabarkan hilang kontak di wilayah Perairan Kabupaten Belitung Timur.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022; Ini Susunan Pemain Kroasia vs Kanada

Piala Dunia 2022; Ini Susunan Pemain Kroasia vs Kanada

SEMESTA BOLA 2022 | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE